Studi PBB: Rumah Adalah Tempat yang Rawan Kekerasan Terhadap Wanita

Sebuah studi PBB terbaru menyebut, rumah adalah tempat paling rawan terjadi kekerasan pada wanita.

oleh Happy Ferdian Syah Utomo diperbarui 27 Nov 2018, 07:01 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2018, 07:01 WIB
Pemerkosaan dan Kejahatan Seksual
Ilustrasi Foto Pemerkosaan dan Kejahatan Seksual (iStockphoto)

Liputan6.com, Wina - Lebih dari setengah wanita yang dibunuh di seluruh dunia pada tahun lalu, merupakan korban kekerasan dari pasangan atau anggota keluarga mereka.

Hal tersebut menjadikan rumah sebagai tempat paling berbahaya bagi seorang wanita, kata sebuah studi PBB terbaru yang dirilis pada Minggu 25 November.

Dalam statistik yang dirilis pada Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Wanita, Kantor PBB untuk Obat-Obatan dan Kejahatan (UNODC) menghitung bahwa dari total 87.000 kasus pembunuhan wanita di seluruh dunia pada 2017, sekitar 50.000 (58%) dilakukan oleh para korban mitra intim atau anggota keluarga.

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (26/11/2018), sekitar 30.000 kasus pembunuhan wanita (34%) dilakukan oleh pasangan intim.

"Jumlah ini menandakan, sekitar enam wanita dibunuh setiap jam oleh orang yang mereka kenal," kata badan yang bermarkas di Wina itu.

"Secara keseluruhan, ditilik dari data terkait, sebagian besar (sekitar 80 persen) korban pembunuhan di seluruh dunia adalah pria, tetapi wanita terus membayar harga tertinggi sebagai akibat dari ketidaksetaraan gender, diskriminasi dan stereotip negatif," kata kepala UNODC Yury Fedotov.

"Mereka juga yang paling mungkin dibunuh oleh pasangan intim dan keluarga ... menjadikan rumah sebagai tempat paling berbahaya bagi seorang wanita," lanjutnya.

UNODC menghitung bahwa tingkat korban pembunuhan wanita secara global mencapai sekitar 1,3 orang per 100.000 penduduk wanita.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Afrika dan Amerika adalah Lokasi Paling Rawan

Pemerkosaan dan Kejahatan Seksual
Ilustrasi Foto Pemerkosaan dan Kejahatan Seksual (iStockphoto)

Studi ini juga menemukan bahwa Afrika dan Amerika adalah wilayah di mana wanita paling berisiko dibunuh oleh pasangan intim atau anggota keluarga.

Di Afrika, angka ini sekitar 3,1 korban per 100.000 penduduk wanita, sementara tingkat di Amerika adalah 1,6 korban, di Oseania 1,3 dan di Asia 0,9.

Tingkat terendah ditemukan di Eropa, dengan 0,7 korban per 100.000 penduduk wanita.

Menurut UNODC, "tidak ada kemajuan nyata" dalam memerangi momok tersebut dalam beberapa tahun terakhir, "meskipun undang-undang dan program terus dikembangkan untuk memberantas kekerasan terhadap wanita".

"Kesimpulan laporan itu menyoroti kebutuhan untuk pencegahan kejahatan yang efektif dan respon peradilan pidana tentang kekerasan terhadap wanita," kata UNODC, menekankan perlunya langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan dan memberdayakan para korban, sambil menindak pelaku pelecehan secara tegas.

Penelitian ini juga menyerukan koordinasi yang lebih besar antara polisi dan sistem peradilan serta layanan kesehatan dan sosial.

UNODC juga mengatakan bahwa penting untuk melibatkan pria dalam perumusan solusi terkait, termasuk melalui pendidikan awal di tingkat publik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya