Pakar Kesehatan AS Kuak Strategi Terbaik Cegah Penularan Corona COVID-19

Upaya untuk membendung laju penyebaran Virus Corona COVID-19 tengah digalakkan oleh banyak pihak. Salah satunya, Amerika Serikat.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 23 Apr 2020, 10:56 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2020, 10:55 WIB
Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)

Liputan6.com, Jakarta- Berbagai pihak kini tengah menggembar-gemborkan upaya untuk membendung laju penyebaran Virus Corona COVID-19. Salah satunya, Amerika Serikat.

Dalam sebuah konferensi US-ASEAN Health Future, Dr. Joe Woodring selaku Chief Medical Care & Countermeasures Infection Prevention and Control Task Force Lead, COVID-19 Southeast Asia Regional Response Team, Centers for Disease Control menjelaskan upaya pencegahan dari penularan Virus Corona COVID-19. 

"Sampai vaksin Corona COVID-19 dan pengobatan yang efektif tersedia, pencegahan dan pengendalian infeksi, yang melibatkan intervensi non-farmakologis pribadi, komunitas dan lingkungan, adalah strategi yang baik untuk mencegah penularan," papar Dr. Joe Woodring dalam presentasinya pada online video conference 22 April 2020 yang diadakan oleh pusat kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, @america.

Menurut Dr Joe, pencegahan selanjutnya adalah pada orang-orang yang berisiko dengan penyakit parah. Kelompok tersebut harus memahami rencana perawatan diri dan tindakan pencegahan yang mendasarinya. Selain itu, pelacakan kontak akan tetap penting untuk memutus siklus penularan penyakit COVID-19. 

Dr. Joe Woodring juga mengatakan dalam video conference itu bahwa pemberlakuan social/physical distancing dan sekolah yag diliburkan telah terbukti, sebagai langkah awal untuk menurunkan jumlah penularan Corona COVID-19.

Saat sesi tanya jawab, Dr. Joe Woodring juga menjelaskan mengenai penggunaan masker medis pada pekerja kesehatan, "Seperti metode penghalang apa pun, Anda harus memakainya dengan tepat, dan Anda harus terlatih bagaimana cara menggunakannya, untuk memastikan bahwa Anda melindungi diri sebagai pekerja kesehatan untuk COVID-19."

Saksikan Video Berikut Ini:


Sekilas Mengenai Acara

Ilustrasi Covid-19, virus corona
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Rangkaian acara US-ASEAN Health Future ini diadakan oleh @america melalui online video conference di laman Facebook mereka, yang menyertakan para dokter/ahli dari Centers for Disease Control (CDC) untuk membagikan ilmu dan pengetahuan mereka terkait pandemi Virus Corona COVID-19. 

Para dokter yang dilibatkan tersebut adalah Dr. John R. MacArthur , Southeast Asia Regional Director, Centers for Disease Control, Dr. Beth Skaggs, Laboratory Task Force Lead, COVID-19 Southeast Asia Regional Response Team, Centers for Disease Control,  dan  Dr. Joe Woodring, Chief Medical Care & Countermeasures Infection Prevention and Control Task Force Lead, COVID-19 Southeast Asia Regional Response Team, Centers for Disease Control. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya