Politikus Hingga Selebritas, Ini Kata-Kata Terakhir dari 8 Tokoh Terkenal Sebelum Meninggal

Kata-kata terakhir dari tokoh terkenal seperti Putri Diana dan Bob Marley, serta 6 tokoh terkenal lainnya dalam sejarah.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Nov 2021, 19:40 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2021, 19:40 WIB
[Bintang] Bob Marley
Bob Marley (via rollingstone.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kata-kata terakhir yang diucapkan di ranjang kematian orang tampaknya memiliki bobot dan minat yang begitu besar bagi orang-orang. Akan lebih menarik jika kata-kata tersebut datang dari tokoh-tokoh terkenal dan berpengaruh di dunia.

Famous Last Words memang merupakan topik yang menarik. Pasalnya, kata-kata ini diucapkan secara tidak sengaja atau dengan harapan penuh akan kematian.

Kata-kata terakhir, beberapa merepresentasikan inti dari siapa yang menuturkannya. Dalam kasus ini, mungkin Anda sedang merencanakan kata-kata apa yang Anda tuturkan jika saatnya telah tiba.

Datang dari politikus, bintang pop, serta tokoh lainnya, inilah daftar kata-kata terakhir yang diucapkan para tokoh terkenal, mengutip dari Tickld, Selasa (16/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. John Adams

John Quincy Adams (Wikipedia Commons)
John Quincy Adams (Wikipedia Commons)

John Adams adalah salah satu bapak pendiri Amerika Serikat. Menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-2 dan membantu merancang Deklarasi Kemerdekaan.

Saat dia berada di ranjang kematiannya, dia mengucapkan satu kalimat terakhir yang dicatat putranya dalam jurnalnya. Kata-kata terakhir mantan presiden AS John Adams berbunyi, "Thomas Jefferson selamat."

Berdasarkan yang tertulis di jurnal anaknya, sebenarnya ada kata-kata yang diucapkannya setelah itu, tetapi tidak jelas dan tidak sempurna hingga dia tidak berbicara lagi.

Dengan napas terakhirnya, John Adams merasa terhibur dengan kenyataan bahwa Thomas Jefferson adalah satu-satunya bapak pendiri AS yang masih hidup. Sayangnya, Adams tidak tahu bahwa dirinyalah yang terakhir. Thomas Jefferson meninggal lima jam sebelum kematian Adams.

Kedua bapak pendiri AS tersebut meninggal pada 4 Juli 1826, peringatan 50 tahun kemerdekaan Amerika Serikat.


2. Bob Marley

Bob Marley (AP)
Bob Marley (AP)

Bob Marley meninggal karena melanoma yang awalnya ditemukan di bawah salah satu kuku kakinya. Dia menyerah pada kanker pada Mei 1981, di usia yang terbilang muda yaitu 36 tahun.

Dia menjadi ikon global setelah mempopulerkan musik reggae dan budaya Jamaika. Ketika penyakitnya memburuk, dia naik penerbangan pulang ke Jamaika. Namun, karena kondisinya sudah sangat buruk, dia harus mendarat di Miami.

Melanoma telah menyebar ke paru-paru dan otaknya, dia meninggal di rumah sakit di Miami. Kata-kata terakhir yang dia ucapkan kepada putranya, Ziggy adalah, "Uang tidak bisa membeli kehidupan."


3. Muhammad Ali

Muhammad Ali, sang petinju legendaris
Muhammad Ali, sang petinju legendaris (AP Photo)

Petinju kelas berat terbaik sepanjang masa, Muhammad Ali yang mendapat julukan "The Greatest" ini awalnya bernama Cassius Clay Jr. Dia menderita Parkinson selama bertahun-tahun sebelum kematiannya.

Keluarga Ali merenungkan kata-kata terakhirnya, menghiburnya dengan mengatakan bahwa dia tidak merasakan sakit. Dia berkata kepada adiknya Rahaman Ali, "Saya tidak kesakitan. Tidak ada rasa sakit. Jangan menangis untukku, Rahaman. Aku akan bersama Allah. Saya berdamai dengan Tuhan. Saya baik-baik saja." Kemudian dia menoleh ke Rahaman dan bertanya, “Bagaimana penampilan saya?”


4. John Wayne

John Wayne
John Wayne pada tahun 1965. (Sumber: Wikimedia Commons)

John Wayne adalah koboi Hollywood yang paling kejam, telah mengalami banyak kritik selama bertahun-tahun karena pandangan politiknya. Dia selalu dikenal sebagai seorang republikan konservatif yang kukuh.

Dalam wawancara pada 1971 dengan majalah Playboy, dia menyuarakan dukungan yang tidak populer untuk Perang Vietnam dan diakhiri dengan komentar yang mendukung supremasi kulit putih, dan komentar menghina lainnya yang ditujukan pada minoritas.

Saat Wayne memudar dengan cepat dari kanker, keluarganya datang untuk memastikan mereka bisa bersamanya di hari-hari terakhirnya. Putrinya, Aissa, duduk bersamanya dan memegang tangannya bertanya apakah dia tahu siapa dia. Kata-kata terakhir Wayne adalah “Tentu saja aku tahu siapa kamu. Kamu adalah gadisku. Aku mencintaimu."


5. Elvis Presley

Gitar Musisi Rock 'n' Roll Ternama Elvis Presley Terjual Rp 4.5 M
Sebelum wafat pada 16 Agustus 1977, Elvis sempat memberikan gitar kesayangan pemberian ayahnya kepada seorang penggemar beratnya. (Wikipedia)

Sang Raja, Elvis Presley meninggal karena meningkatnya masalah jantung yang dikombinasikan dengan penggunaan zat yang signifikan. Dia meninggal karena serangan jantung dan ditemukan tergeletak di lantai kamar mandinya oleh sang pacar, Ginger Alden.

Saat cerita Ginger disampaikan, Elvis mengalami kesulitan tidur sehingga dia turun dari tempat tidur sambil berkata, "Aku akan ke kamar mandi untuk membaca" dan itu adalah kata-kata terakhir yang diucapkan Raja.


6. John F. Kennedy

John F Kennedy
John F Kennedy, Photo by Hostory Hd on Unsplash

Semua orang tahu kisah tragis presiden AS ini yang dibunuh saat mengemudikan sebuah mobil terbuka di jalanan Dallas. Duduk di depannya adalah Nellie Connaly, Ibu Negara Texas.

Saat mereka melewati kerumunan di jalan-jalan, dia menoleh ke arahnya dan berkata, "Pak Presiden, Anda tidak bisa mengatakan Dallas tidak mencintaimu" – yang dijawab oleh Kennedy, "Tidak, Anda tentu saja tidak bisa." Ini adalah kata-kata terakhirnya.


7. Putri Diana

Putri Diana
Putri Diana (AP Files)

Putri Diana terlibat dalam kecelakaan mobil mematikan di Paris pada 1997 yang dipublikasikan di saluran TV di seluruh dunia secara real time. Tragedi itu mengguncang dunia dan menyebabkan laporan berputar-putar tentang kecelakaan itu, bagaimana penyebabnya, dan apa yang telah terjadi.

Butuh 20 tahun bagi Petugas Pemadam Kebakaran Prancis di tempat kejadian untuk mengungkapkan kata-kata terakhirnya, yaitu, "Ya Tuhan, apa yang terjadi?" Mungkin saja dia berbicara lebih lanjut dengan anak-anaknya melalui telepon, tetapi percakapan ini tidak pernah terungkap.


8. Robin Williams

Robin Williams
Robin Williams (AP Photo)

Dunia tercengang mengetahui bahwa aktor lucu dan tercinta Robin Williams melakukan bunuh diri pada tahun 2014. Penggemar tidak menyangka seseorang yang begitu gembira ternyata menderita depresi berat.

Istri Williams, Susan, bersamanya di balik pintu tertutup dan mengungkapkan kesulitannya dengan demensia tubuh Lewy dan betapa sulitnya hal itu baginya.

Dalam sebuah artikel 2016, Susan mengungkapkan pengalamannya dengan suaminya malam itu yang menyatakan bahwa kata-kata terakhirnya kepadanya adalah "Selamat malam, cintaku."

Setidaknya Williams pergi dengan kata-kata damai sebagai kenangan untuk istrinya.

 

Penulis: Anastasia Merlinda


Infografis 5 Tips Cegah Kelelahan Pandemi COVID-19

Infografis 5 Tips Cegah Kelelahan Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 5 Tips Cegah Kelelahan Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya