Sejumlah Musisi Rusia Kena Sanksi Usai Menentang Invasi ke Ukraina

Musisi Rusia terkena sanksi karena menentukan sikapnya terhadap Ukraina.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 21 Mar 2022, 12:01 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2022, 12:01 WIB
Korban Perang Ukraina Terlihat dalam Gambar dan Air Mata
Kendaraan yang rusak duduk di antara puing-puing dan di pusat kota Kharkiv di Ukraina, Rabu, 16 Maret 2022. Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-21. Berbagai upaya negosiasi menuju kompromi telah dilakukan demi menuju perdamaian di antara kedua belah pihak. (AP Photo/Pavel Dorogoy)

Liputan6.com, Moskow - Beberapa hari setelah invasi Rusia ke Ukraina, salah satu perusahaan media terbesar Rusia, Russian Media Group (RMG), merilis pernyataan yang menjelaskan mengapa mereka tidak lagi memutar artis tertentu di stasiun radio atau saluran TV musik populernya.

"Alasan keputusan ini adalah pernyataan keras yang dibuat para musisi ini terhadap Rusia dalam konteks situasi sulit antara Rusia dan Ukraina," bunyi pernyataan itu, demikian seperti dikutip dari laman BBC, Senin (21/3/2022).

Ini menjelaskan bahwa rasa hormat terhadap pendengarnya adalah prioritas utama perusahaan, dan "sikap arogan dan menghina para musisi terhadap pendengar Rusia" tidak memberikan pilihan selain memutuskan kontraknya dengan para artis.

Daftar tersebut termasuk beberapa musisi Ukraina dan tiga artis Rusia, termasuk grup rock legendaris Aquarium, yang penyanyi utamanya, Boris Grebenshchikov, menyebut perang itu "kegilaan" dalam sebuah postingan di Instagram. 

Dia tidak asing dengan tekanan politik.

"Saya telah menghabiskan separuh hidup saya di bawah semacam larangan", kata Grebenshchikov kepada BBC. 

"Ada larangan di tahun 70-an, larangan di tahun 80-an - tidak ada yang aneh tentang itu. Kemudian orang yang sama yang melarang Anda memberi Anda hadiah."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kontras dengan Musisi Pro-Pemerintah

Potret Perjuangan Pemadam Kebakaran Ukraina
Petugas pemadam kebakaran dan tentara Ukraina mencari warga untuk dievakuasi di sebuah gedung apartemen setelah terkena tembakan artileri di Kyiv, Ukraina (14/3/2022). (AP Photo/Vadim Ghirda)

Tekanan pada suara-suara yang berbeda dalam industri musik sangat kontras dengan artis-artis yang setia kepada Kremlin, beberapa di antaranya tampil minggu lalu di konser stadion mewah yang dibuat untuk TV yang menampilkan Vladimir Putin sebagai penampil utama.

Puluhan ribu orang mengibarkan bendera Rusia dan meneriakkan slogan-slogan pro-Rusia di acara perayaan delapan tahun pencaplokan Krimea dari Ukraina oleh Rusia. Banyak dari mereka mengatakan kepada BBC bahwa mereka telah ditekan untuk berada di sana. 


Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer:

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya