Rangkuman Kabar Terkini Invasi Rusia Hari ke-37, Serangan Besar Bakal Gempur Ukraina Lagi?

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-37 perang Rusia Ukraina pada Jumat 1 April 2022.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 02 Apr 2022, 16:22 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2022, 15:51 WIB
Sisa-sisa pertempuran tertinggal di Hari ke 37 Perang Rusia vs Ukraina
Seorang tentara Ukraina memeriksa tank Rusia yang hancur, di Irpin, dekat Kiev, Jumat, 1 April 2022. Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, kini perang yang berkecamuk memasuki hari ke-37. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Liputan6.com, Kiev - Sabtu (2/4/2022) merupakan hari ke-38 invasi Rusia ke Ukraina. Sejumlah perkembangan telah terjadi dalam operasi militer Negeri Beruang Merah itu, kendati demikian belum ada pertanda bahwa perang akan berakhir.

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-37 perang Rusia Ukraina pada Jumat 1 April, dikutip dari Aljazeera:

Pertempuran

  • Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan bahwa Rusia sedang mengkonsolidasikan dan mempersiapkan "serangan kuat" di selatan negara itu, termasuk kota pelabuhan Mariupol yang terkepung.
  • NATO juga mengatakan tidak melihat mundurnya pasukan Rusia di Ukraina dan memperkirakan "tindakan ofensif tambahan", kepala aliansi Jens Stoltenberg memperingatkan.
  • Pemusatan kembali upaya militer Rusia di wilayah Donbas timur dapat memicu "konflik yang lebih lama dan berkepanjangan", ketika pasukan Ukraina melakukan perlawanan sengit di sana, kata seorang pejabat senior pertahanan AS.
  • Pasukan Rusia telah menarik diri dari lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang sudah tidak berfungsi dan bergerak menuju Belarus, tetapi mereka membawa serta sejumlah prajurit Ukraina yang ditahan, kata pejabat di ibu kota Ukraina, Kiev. Pasukan menguasai situs Chernobyl - tempat limbah radioaktif masih disimpan - pada 24 Februari, hari pertama invasi.
  • Presiden AS Joe Biden mengatakan rekannya dari Rusia, Vladimir Putin, mungkin "terisolasi" dan dapat menempatkan beberapa penasihatnya di bawah "tahanan rumah". Biden juga mengatakan dia "skeptis" tentang klaim Moskow untuk mengurangi serangan gencarnya di beberapa bagian negara itu.

Diplomasi

  • Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak virtual dengan China dengan latar belakang meningkatnya kekhawatiran atas kedekatan Beijing yang semakin dekat dengan Moskow dan keengganannya untuk mengutuk invasi ke Ukraina.
  • Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola mengatakan dia sedang dalam perjalanan ke Ukraina, menjadikannya pemimpin Uni Eropa pertama yang mengunjungi negara yang dilanda perang itu. MEP (Model European Parliament) Malta, yang terpilih pada Januari, men-tweet "Dalam perjalanan ke Kiev" di samping bendera Ukraina, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.
  • Turki mengatakan para menteri luar negeri Rusia dan Ukraina dapat bertemu "dalam waktu sekitar satu atau dua minggu" untuk meningkatkan negosiasi guna mengakhiri konflik.
  • Rusia mengatakan akan memperluas daftar tokoh Uni Eropa yang dilarang memasuki negara itu menyusul sanksi Barat.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ancaman Rubel hingga Evakuasi ke Mariupol

Sisa-sisa pertempuran tertinggal di Hari ke 37 Perang Rusia vs Ukraina
Petugas penyelamat Ukraina membawa seorang wanita tua di bawah jembatan yang hancur di Irpin, dekat Kyiv, Ukraina, Jumat, 1 April 2022. Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, kini perang yang berkecamuk memasuki hari ke-37. (AP Photo /Efrem Lukatsky)

Ekonomi

  • Putin mengatakan negara-negara "tidak ramah", termasuk semua anggota UE, harus membuat rekening rubel untuk membayar pengiriman gas mulai April, atau "kontrak yang ada akan dihentikan".
  • Kanselir Jerman Olaf Scholz menegaskan pembayaran berlanjut dalam euro atau dolar AS, sementara Prancis mengatakan Paris dan Berlin sedang mempersiapkan pemotongan pengiriman gas Rusia.
  • Amerika Serikat memukul serangkaian perusahaan teknologi Rusia dengan sanksi, termasuk pembuat chip terbesar negara itu, Mikron.
  • Biden mengumumkan pelepasan minyak mentah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari cadangan minyak strategis AS, dengan mengatakan itu akan "mengurangi rasa sakit" dari kenaikan harga bahan bakar.

Bantuan Kemanusiaan

  • Pemerintah Ukraina mengirim 45 bus untuk mengevakuasi warga sipil dari kota Mariupol yang terkepung, di mana Rusia telah mengumumkan gencatan senjata lokal menyusul protes global atas penderitaan warga sipil yang terperangkap oleh penembakan tanpa henti selama sebulan.
  • Konvoi pertama tiba di pelabuhan Berdyansk yang diduduki Rusia, pusat operasi untuk mengevakuasi warga sipil ke Kota Zaporizhzhia yang dikuasai Ukraina.

Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina

Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina
Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya