KBRI Manila Gelar Indonesia Expo Demi Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Bilateral

Pameran dagang fisik pertama di Manila yang diinisiasi oleh KBRI Manila untuk meningkatkan kerja sama ekonomi Filipina-Indonesia sukses digelar.

oleh Anissa Rizky Alfiyyah diperbarui 01 Sep 2022, 14:23 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 12:53 WIB
Pembukaan Indonesia Expo.
Pembukaan Indonesia Expo. (Foto: KBRI Manila)

Liputan6.com, Manila - Puluhan perusahaan dengan beragam merk dagang Indonesia menjadi exhibitor di kegiatan bertajuk Indonesia Expo di SM Mega Mall, Mandaluyong, Metro Manila, Filipina selama tiga hari berturut-turut pada akhir Agustus 2022 lalu. 

Kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk Indonesia di Filipina itu diselenggarakan pada 26-28 Agustus 2022 oleh KBRI Manila. 

Tercatat 25 perusahaan dengan beragam merk dagang yang berbeda hadir di sana, di antaranya adalah produk makanan dan minuman, kemasan plastik, kerajinan tangan, batik dan perhiasan, obat herbal, furnitur dan dekorasi serta jasa pemeliharaan listrik.

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi jembatan untuk mempererat kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Filipina.

Kegiatan Indonesia Expo 2022 dihadiri langsung oleh Duta Besar RI di Manila, Letjen TNI Agus Widjojo.

Dalam pembukaannya, Dubes Agus menyampaikan bahwa dengan adanya kerja sama ekonomi Indonesia dan Filipina ini merupakan sebuah potensi yang besar, mengingat kedekatan geografis antar-negara serta karakterisitik antar-negara yang serupa—sama sama negara kepulauan.

"Harapannya, Indonesia Expo kali ini tidak hanya sebagai ajang promosi produk Indonesia, tetapi juga sebagai gerbang budaya untuk memperkuat komitmen bisnis, dan lebih banyak menggali potensi kerja sama," ungkap Dubes Agus pada Jumat, 26 Agustus 2022 seperti tertuang dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar KBRI Manila.

Pameran selama tiga hari ini juga diharapkan menjadi pintu bagi terbukanya kesempatan-kesempatan kerja sama baru antara Filipina dan Indonesia.


Pameran Dagang Fisik Pertama Selama Pandemi COVID-19

Kegiatan Indonesia Expo di Manila.
Kegiatan Indonesia Expo di Manila. (Foto: KBRI Manila)

Pameran dagang kali ini merupakan kegiatan pameran dagang fisik pertama selama pandemi COVID-19. Karena situasi pandemi saat ini di Filipina yang sudah mulai terkendali.

Kegiatan pameran Indonesia Expo kali ini bukanlah kegiatan yang pertama diadakan, di tahun-tahun sebelumnya kegiatan pameran seperti ini juga rutin diadakan KBRI Manila. Tetapi, karena pandemi, kegiatan pameran dagang dilaksanakan secara virtual atau hybrid.

Seperti tahun 2021 lalu, KBRI manila yang mempromosikan produk indonesia dengan kegiatan bertajuk "Hybrid Exhibition and Business Matching on Health & Beauty" yang diikuti oleh belasan perusahaan di sektor produk kesehatan dan kecantikan yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online dan dihadiri oleh lebih dari 150 orang secara hybrid

Lalu, mengingat bahwa bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan Indonesia, adanya pameran dagang Indonesia Expo 2022 di Manila ini juga diadakan masih dalam rangka merayakan hari ulang tahun Indonesia yang ke-77 di Manila, Filipina. 

 


Diwarnai Kegiatan Menarik Lainnya

Demo Masak Indonesia Expo di Manila.
Demo Masak Indonesia Expo di Manila. (Foto: KBRI Manila)

Kegiatan pameran dagang yang mempromosikan produk-produk Indonesia ini juga tidak hanya menampilkan produk-produk lokal dari berbagai perusahaan saja. Tetapi, disemarakan dengan kegiatan-kegiatan seru lainnya seperti Demo Masak dan Penampilan Tari dari Citra Srikandi Indonesia. 

Selain sebagai acara tahunan dan acara merayakan hari jadi Indonesia pada bulan Agustus di Manila, kegiatan yang didukung oleh Kementerian Perdagangan melalui Kantor Atase Perdagagan di Manila ini juga merupakan kick-start event 37th Trade Expo Indonesia. Diketahui bahwa kick-start event 37th Trade Expo Indonesia akan berlangsung di Indonesia pada bulan Oktober 2022. 

Sejalan dengan apa yang dibicarakan oleh Dubes Agus pada pembukaan Indonesia Expo di Manila, semoga penyelenggaraan program ini bisa banyak menggali potensi kerjasama khususnya dari perusahaan-perusahaan dan merk Indonesia baik itu kerjasama dalam negeri maupun luar negeri. Mengingat, situasi pandemi kini kembali normal dan semua orang sudah menjalankan rutinitasnya juga dengan normal seperti sedia kala. 

 


Selain Pameran, KBRI Manila Mengadakan Acara Peringatan HUT Indonesia ke-77 Secara Virtual

KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual. (Dok KBRI Manila)
KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual. (Dok KBRI Manila)

Sebelumnya, KBRI Manila menggagas sebuah acara dengan menggandeng IDN Philippines. Sebuah upaya untuk melestarikan budaya Indonesia ini berlangsung pada Sabtu, 23 Juli 2022 pukul 09.00-11.00 waktu Filipina.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 RI (Republik Indonesia), KBRI Manila bersama IDN Philippines mengadakan lomba pantun virtual.

"Sebagai warisan takbenda yang ditetapkan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada akhir tahun 2020, patutlah kita menjaga dan melestarikan warisan takbenda ini. Inilah jiwa patriotik yang dibutuhkan saat ini", ungkap Lusie Susantono selaku Presiden IDN Philippines.

"Selain sebagai alat komunikasi sosial dan panduan moral bagi warga Indonesia, berpantun dapat menuntun kita untuk berpikir kreatif melalui permainan bahasa”, imbuh Lusie.

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia di Manila, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menegaskan pentingnya memupuk semangat kemerdekaan. "Tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, memberikan semangat kepada kita agar Indonesia cepat pulih dan siap menghadapi tantangan global.

Selengkapnya di sini...

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya