Arab Saudi Gagal Raih Kursi di Badan HAM PBB 2 Kali Berturut-turut

Arab Saudi memperoleh 117 suara, jumlah suara terendah di antara enam negara Asia-Pasifik yang bersaing untuk memperebutkan lima kursi di daftar regional pada pemungutan suara untuk United Nations Human Rights Council (HRC) atau Dewan HAM PBB.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 10 Okt 2024, 10:10 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 10:10 WIB
Ilustrasi bendera Arab Saudi. (Usnplash)
Ilustrasi bendera Arab Saudi. (Usnplash)

Liputan6.com, New York - Arab Saudi pada hari Rabu (9/10) gagal memenangkan kursi di United Nations Human Rights Council (HRC) atau Dewan HAM PBB setelah pemungutan suara untuk keanggotaan pada periode 2025-27.

Laporan middleeasteye.net yang dikutip Kamis (10/20/2024) melaporkan ini adalah kedua kalinya berturut-turut kerajaan Teluk itu kalah dalam pemilihan tersebut. Sebelumnya pada tahun 2020, negara itu juga berada di posisi terbawah dalam pemungutan suara rahasia, yang diadakan di markas besar PBB di New York.

Adapun dalam pemilihan hari Rabu (9/10), Arab Saudi memperoleh 117 suara, jumlah suara terendah di antara enam negara Asia-Pasifik yang bersaing untuk memperebutkan lima kursi di daftar regional.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menyambut baik berita tersebut, dengan mengatakan bahwa hal itu membuktikan bahwa upaya Riyadh untuk membuktikan bahwa mereka mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki catatan hak asasi manusianya telah gagal.

"Seiring dengan meningkatnya krisis eksekusi di kerajaan itu, dengan pembunuhan yang terjadi setiap hari, termasuk terhadap para pelanggar narkoba dan orang-orang yang kejahatannya semata-mata adalah membela hak asasi manusia (HAM), pemungutan suara ini menunjukkan bahwa dunia sedang mengamati dan memperhatikan," kata Maya Foa, direktur kelompok hak asasi Reprieve yang sebelumnya pada hari Rabu (9/10) mengungkapkan bahwa Arab Saudi telah mengeksekusi 213 orang sepanjang tahun ini.

"Rezim Saudi telah menghabiskan banyak uang untuk mempromosikan visi palsu tentang kerajaan itu, menjual cerita-cerita tentang kemajuan hak asasi manusia sambil menindak tegas para pembangkang. Kegagalannya untuk mendapatkan kursi di Dewan menunjukkan bahwa, untuk pertama kalinya, ia dinilai berdasarkan tindakannya, bukan kampanye hubungan masyarakatnya," kata Foa kepada Middle East Eye.

HRC adalah badan antarpemerintah utama di dalam PBB dengan mandat untuk memperkuat perlindungan dan pemajuan hak asasi manusia di seluruh dunia.

 

Tuai Kecaman Aktivis HAM

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Aktivis hak asasi manusia (HAM) telah mengecam pencalonan Riyadh karena bertentangan dengan alasan keberadaan dewan itu.

Kriteria pemilihan negara anggotanya mencakup persyaratan bagi para anggota untuk “menjunjung tinggi standar tertinggi dalam pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia” dan untuk “bekerja sama sepenuhnya dengan Dewan.”

HRC memberikan suara pada hari Rabu (9/10) untuk memilih 18 anggota baru dari 19 kandidat yang mencalonkan diri pada lima daftar regional yang terpisah. Daftar Asia-Pasifik memiliki enam kandidat yang bersaing untuk lima kursi. Arab Saudi berada di urutan keenam dengan 117 suara, di belakang Kepulauan Marshall (124), Republik Korea (161), Siprus (167), Qatar (167) dan Thailand (177).

International Service for Human Rights (ISHR), sebuah kelompok hak asasi manusia internasional, mengatakan telah melobi negara-negara sebelum pemungutan suara untuk memastikan anggota baru memiliki catatan menegakkan mandat dewan untuk memajukan dan melindungi hak asasi manusia.

"Kami lega bahwa cukup banyak negara yang mempertimbangkan catatan mereka tentang hak asasi manusia saat memberikan suara," kata Madeleine Sinclair, direktur kantor ISHR di New York.

"Catatan Arab Saudi adalah daftar panjang berbagai jenis pelanggaran yang harus ditangani oleh Dewan: mulai dari kejahatan kekejaman, penindasan masyarakat sipil, dan kriminalisasi pembela hak asasi manusia perempuan, baik di dalam maupun di luar perbatasannya,” tambahnya.

Infografis Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu
Infografis Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya