Deddy Corbuzier dan Luna Maya Nggak Peka Soal Eating Disorder, Warganet Geram

Deddy Corbuzier dan Luna Maya bikin geram warganet gara-gara berkomentar soal penyakit mental eating disorder

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 23 Mar 2021, 08:12 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2021, 08:01 WIB
[Bintang] Luna Maya dan Deddy Corbuzier
Luna Maya dan Deddy Corbuzier. (Adrian Putra/Bintang.com Nurwahyunan/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Artis Luna Maya dan Deddy Corbuzier menjadi buah bibir lantaran memberikan komentar kurang mengenakkan kepada seorang model, Ilene, yang diketahui memiliki riwayat penyakit mental berupa eating disorder.

Peristiwa ini terjadi di tahap penjurian dari ajang pencarian model yang diadaptasi dari America's Next Top Model, yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Luna Maya dan Deddy Corbuzier merupakan salah dua juri utamanya.

Potongan video berdurasi 2 menit 1 detik dari acara tersebut diunggah pemilik akun @Alkupra pada Senin, 22 Maret 2021. Pemilik akun menyayangkan sikap kedua artis yang seolah-olah menggap penyakit mental bukan hal serius.

Bagaimana tidak? Saat awal-awal Ilene mengatakan bahwa dia pernah depresi, Deddy Corbuzier malah menganggap omongan tersebut telah menghina tukang martabak.

"Kamu tuh cantik, kamu tuh model, tinggi, badan bagus, seksi. Kalau kamu depresi, kamu menghina tukang martabak yang jualan di depan rumah saya," kata Deddy.

Ilene lalu menjawab,"Bukan masalah itunya, sih. Awalnya aku enggak paham kalau itu ternyata penyakit mental. Aku tuh enggak sadar, namanya eating disorder.".

Ilene sempat menjelaskan perihal eating disorder yang pernah dialaminya sewaktu terjun ke dunia model untuk pertama kali pada 2015.

Gara-gara eating disorder, Ilene merasa takut kalau berat badannya naik. Namun, tidak berarti dia memuntahkan apa yang sudah dia makan.

"Pernah dua kali kayak, yang pertama jadi pengin makan terus, kedua kayak enggak mau makan apa-apa," kata Ilene.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Luna Maya Bercanda Soal Eating Disorder

Luna Maya. (Foto: Instagram @lunamaya)
Luna Maya. (Foto: Instagram @lunamaya)

Nah, saat akan menceritakan lebih jauh mengenai masalah kesehatannya, Luna Maya yang duduk di samping Deddy Corbuzier tahu-tahu memotong omongan Ilene seraya berkata,"Aku suka banget makan, aku eating disorder kali, ya.".

Deddy kemudian menimpali perkatan Luna dengan,"Anda memang mental health, bu.".

Seolah-olah terkejut dengan perkataan Ilene, Luna lalu mengatakan,"Ah, serius?".

Penyakit mental berupa eating disorder menimpa Ilene saat masuk dunia model 2015.

Menurut Ilene, dia dituntut untuk menurunkan berat badan, sedangkan pada saat itu terjadi, Ilene baru lulus dari bangku SMA. Kondisi tersebut menjadi tekanan buat dirinya.

"Aku sudah mencoba segala macam diet, aku enggak bisa, terus jadinya stres. Aku enggak sadar kalau aku stres. Aku coba segala diet, gagal, alhasil karena stres timbangan aku makin naik, dan aku makan dapat banyak bully, sama body shamming di dunia modelling," katanya.

Mendengar penjelasan Ilene, Deddy, mengatakan,"My opinion, memang ketika menentukan sebuah profesi, tuntutannya menjadi seperti itu. Jadi, saya tidak merasa itu sebagai body shamming.".

Reaksi Ilene setelah mendengar omongan dua juri malah jadi menyalahkan dirinya sendiri.

"Mungkin aku aja yang kurang kuat pada waktu itu," katanya.

 


Penyakit Mental Kok Dibercandain

Menurut akun @Alkupra, membicarakan kesehatan mental dan eating disorder merupakan sebuah tantangan. Terlebih ketika membicarakan kondisi tersebut di sebuah acara yang tayang di televisi nasional.

Saat ini eranya membicarakan body positivity di industri model. Sayangnya, Deddy Corbuzier dan Luna Maya malah bercanda dan masih berpatokan kalau model harus kurus sama dengan cantik.

Kicauan tersebut mengundang banyak respons. Senada dengan @Alkupra, warganet amat menyayangkan peristiwa tersebut.

"Lu bayangin aja, lu ceritain masalah lu kepada seorang sarjana psikologi, tapi ternyata dia malah membandingkan lu sama orang lain. Gilak banget dia. Udah hilang respek lama sama dekos ini.." tulis akun @edwin_boimau.

 


Psikolog Angkat Bicara

Tak hanya warganet biasa, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr Jiemi Ardian SpKJ, angkat suara melalui akun Twitternya, @jiemiardian.

Lewat unggahannya sekitar 10 jam yang lalu, Jiemi menjelaskan bahwa gangguan kejiwaan bisa menyerang siapa saja. Mau kaya atau miskin, wajah rupawan atau biasa saja, semua mungkin mengalami kondisi tersebut.

"Sayangnya seringkali orang yang mengalami gangguan jiwa disalahkan atas kondisinya. Tipikal kayak gini lah," tulis @jiemiardian sebagai keterangan untuk unggahan video yang sama.

 

Jiemi melanjutkan bahwa gangguan makan bukan cuma urusan naik atau turun berat badan. Ada yang namanya coping terhadap stressor, trauma, depresi, anxiety disorder, social isolation, child maltreatment, dan peer pressure.

Orang-orang yang bernasib sama seperti Ilene di Indonesia, kata Jiemi, jarang yang sadar kalau eating disorder merupakan gangguan jiwa.

"Di poli saya jarang banget nemuin orang dateng karena sadar dia ngalamin eating disorder," tulis Jiemi.

"Merendahkan pengalaman penyintas gini menyulitkan buat tenaga kesehatan edukasi soal eating disorder," tulisnya lagi.

Di bagian akhir dari kicauannya, Jiemi, mengatakan, jika tektokan yang terjadi antara Deddy Corbuzier dan Luna Maya terhadap Ilene berupa skrip belaka, pihak stasiun televisi yang menayangkan acara tersebut harus bisa memerbaiki ini ke depannya.

Jika yang terjadi sebaliknya, sebaiknya sama-sama belajar sensitif terhadap tema gangguan jiwa.

"Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa," Jiemi menekankan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya