Tiba di Mekkah, Jemaah Haji Kloter Pertama Langsung Umrah

Sebanyak 1.897 jemaah haji dari lima kelompok terbang (kloter) pertama telah diberangkatkan secara bertahap dari Madinah ke Makkah pada Kamis, 1 Juni 2023 siang kemarin.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 02 Jun 2023, 15:23 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2023, 15:23 WIB
Sebanyak 1.897 jemaah haji dari lima kelompok terbang (kloter) pertama tiba dari Madinah ke Makkah
Sebanyak 1.897 jemaah haji dari lima kelompok terbang (kloter) pertama tiba dari Madinah ke Makkah. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 1.897 jemaah haji dari lima kelompok terbang (kloter) pertama telah diberangkatkan secara bertahap dari Madinah ke Makkah pada Kamis, 1 Juni 2023 siang kemarin. Setelah menempuh perjalanan sekitar enam jam, jemaah haji itu akhirnya tiba di Makkah.

Para jemaah haji dari Kloter JKG-01, SOC-01, UPG-01, BTJ-01, dan KNO-01 ini langsung diantar ke hotelnya masing-masing di Makkah. Setelah beristirahat beberapa saat, para jemaah yang telah berihram sejak di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali ini langsung melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram.

"Alhamdulillah kloter JKG-01 telah tiba di Kota Makkah jemaah riil yang hadir sebanyak 390 jemaah, ketika datang di Madinah ada 393. Namun dua sedang perawatan di Madinah yang satu mendampingi jemaah yang sakit," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekkah Kholilurahman Jumat (2/6/2023) malam.

Setelah jemaah istirahat sejenak di Hotel Burj Al Wahdah Al Mumtayiz, kata Kholilurahman, ketua kloter dan perangkat kloter segera melaksanakan umrah perdana di Masjidil Haram.

"Menurut informasi ketua kloter jemaahnya sehat semua, kuat. Katanya sudah minum madu," ucapnya.

Kholilurahman menyebut, sebanyak 108 hotel telah siap menerima kedatangan jemaah haji Indonesia di Mekkah. Termasuk transportasi bus sholawat untuk mengantarkan jemaah umrah perdana.

"Alhamdulillah setelah kami cek layanan konsumsinya untuk cita rasanya sudah sesuai dengan citra rasa masakan Indonesia dan juga terkait dengan gizi juga sudah terjamin," ujarnya.

Kedatangan jemaah ini bertepatan dengan hari Jumat. Biasanya jemaah akan datang berbondong-bondong ke Masjidil Haram untuk Sholat Jumat.

"Konsultan ibadah dan ibadah daker telah melakukan rapat koordinasi bagaimana persiapan-persiapan mereka dalam rangka untuk mengantisipasi jangan sampai jemaah kelelahan, sehingga tidak bisa merasakan ibadah haji," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Imbauan untuk Jemaah Haji 2023

Imbauan-imbauan agar jemaah tidak terlalu memaksakan diri mengejar ibadah sunnah terus disampaikan pembimbing ibadah sektor.

"Kita menyarankan untuk gelombang pertama ini seandainya mereka tidak mampu melaksanakan ibadah salat di Masjidil Haram, mereka bisa melaksanakan salat di masjid terdekat dengan hotel-hotel," ujarnya.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid mengatakan, ada lima kloter yang tiba di Makkah pada hari pertama kedatangan.

Sedianya total ada 1.899 jemaah yang tersebar di lima kloter, yaitu masing-masing kloter pertama pada Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), Makassar (UPG 01), Aceh (BTJ 01), dan Medan (KNO 01) yang didorong dari Madinah ke Makkah. Namun dua di antaranya belum bisa berangkat karena sakit.

Jemaah JKG 01 akan menempati Hotel Al-Wihdah Al-Mutamayyizah yang berada di wilayah Jarwal (sektor 9). Jemaah kloter SOC 01 menempati Hotel Jawharat Al Tawhied di Raudhah/Misfalah (Sektor 10).

Sedang jemaah UPG 01 menempati Hotel Yaqup Al-Quqandi di wilayah Syisyah (sektor 3). Kedatangan disusul dua kloter berikutnya, BTJ 01 dan KNO 01, dan sama-sama akan menempati hotel di wilayah Jarwal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya