Doa Agar Dimudahkan Jodoh dan Rezeki, Dianjurkan Dibaca Setiap Hari

Bacaan doa agar dimudahkan rezeki dan jodoh. Doa-doa ini dapat diamalkan pada waktu yang tepat, misalnya setelah sholat fardhu atau sholat tahajud. 

oleh Putry Damayanty diperbarui 27 Jul 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa. (Photo created by 8photo on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Hanya Allah SWT yang tahu bangaimana rezeki dan jodoh setiap umat-Nya. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa dengan penuh kepasrahan diri kepada Sang Pencipta.

Namun demikian, satu hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa Allah SWT Maha Adil dan Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk setiap hamba-Nya.

Sebab jaminan itu lah seharusnya seorang hamba tidak lagi menaruh keraguan sedikit pun kepada Allah SWT. Perlu kembali ditekannkan bahwa tugas manusia hanyalah berusaha dan berdoa.

Bahkan, di dalam Al-Qur'an ada banyak doa yang bisa diamalkan setiap hari. Salah satunya perihal memohon kemudahan jodoh dan rezeki.

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut adalah bacaan doa agar dilapangkan jodoh dan rezeki dari Al-Qur'an yang dapat diamalkan setiap hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Jodoh dan Rezeki di Tangan Allah SWT

Ilustrasi memanjatkan doa
Ilustrasi memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Jodoh dan rezeki di tangan Allah dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad saw. 

Di antaranya adalah sebagai berikut:

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)Nya adalah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS. Ar-Rum: 21)

Selain itu, dalil yang menjelaskan tentang rezeki salah satunya adalah berikut ini:

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi, melainkan Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya. Dan Dia mengetahui tempat berdiamnya dan tempat penyimpanannya. Semuanya dalam Kitab yang jelas (Lauh Mahfuz)." (QS. Hud: 6)


Doa agar Dilapangkan Jodoh dan Rezeki dari Al-Qur'an

Muslimah tengah memanjatkan doa
Seorang hijaber tengah menengadahkan tangan di pelataran masjid ((Kdonmuang/Shutterstock)

Beberapa doa yang bersumber dari Al-Qur'an untuk melapangkan jodoh dan rezeki antara lain adalah doa dalam surah Al-Baqarah ayat 201: 

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."

Doa ini menekankan perlunya rezeki dan keberkahan dalam kehidupan dunia serta di akhirat.

Selain itu, doa dalam surah Al-Furqan ayat 74 juga dapat digunakan:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Ya Tuhan kami, berilah kami dari isteri-isteri kami dan keturunan kami penyenang mata (bagi kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

Doa ini bertujuan untuk memohon jodoh yang baik dan mendatangkan keberkahan dalam hubungan rumah tangga. Dalam hadis Nabi, Rasulullah juga mengajarkan agar umatnya senantiasa berikhtiar dalam mencari rezeki dan jodoh.

Beliau menyampaikan bahwa "rezeki itu datangnya dari tempat yang tidak disangka-sangka" dan bahwa "jodoh itu akan menggantikan satu harta." Ini mengindikasikan pentingnya upaya dan usaha dalam meraih jodoh dan rezeki, sejalan dengan doa yang dipanjatkan.


Waktu Terbaik untuk Berdoa

ilustrasi jam tidur.
ilustrasi jam tidur. (iStockphoto)

Waktu yang tepat untuk memanjatkan doa di atas adalah pada saat tertentu yang dianjurkan, seperti pada akhir sholat, selepas sholat malam, atau pada saat tertentu yang kita anggap paling baik dan paling khusyuk dalam berdoa.

Dengan mempraktikkan doa ini, kita memohon kepada Allah untuk mendapatkan pasangan hidup yang tepat dan terbaik sesuai dengan petunjuk-Nya dalam Al-Qur'an.

Dengan begitu, doa merupakan sarana untuk memohon kepada Allah SWT, namun tetap perlu diiringi dengan usaha dan ikhtiar dalam meraih jodoh dan rezeki sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan hadis Nabi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya