Tak Langsung Beri Tilang, Polisi Ini Menegur Pemotor yang Melakukan Pelanggaran

Untuk menjaga ketertiban berlalu lintas, polisi yang bertugas biasanya akan menegur hingga memberikan surat tilang jika melihat pengendara kendaraan bermotor melanggar aturan. Namun, terkadang ada petugas yang langsung menilang tanpa menegur terlebih dahulu.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 29 Sep 2023, 10:03 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2023, 10:03 WIB
Tak Langsung Beri Tilang, Polisi Ini Menegur Pemotor yang Melakukan Pelanggaran
Tak Langsung Beri Tilang, Polisi Ini Menegur Pemotor yang Melakukan Pelanggaran (Instagram/@ndorobei.official)

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga ketertiban berlalu lintas, polisi yang bertugas biasanya akan menegur hingga memberikan surat tilang jika melihat pengendara kendaraan bermotor melanggar aturan. Namun, terkadang ada petugas yang langsung menilang tanpa menegur terlebih dahulu.

Belakangan ini viral di media sosial seorang polisi menegur dengan sopan pemotor yang melanggar lalu lintas. Video ini diunggah oleh akun Instagram @ndorobei.official pada Senin (25/9/2023).

 "Suka buanget saya sama pak pol seperti ini SANGAT LUWES pokoknya aku suka , bagi yang kenal salam buat pak pol yaa darì saya 👏👏👏," tulisnya.

Dalam video terlihat dua polisi, termasuk yang merekam video sedang menertibkan pengendara motor yang dikendarai pria dan wanita. Keduanya disetop di pinggir jalan karena telah melanggar aturan lalu lintas.

Rupanya keduanya melintas di jalur yang tak diperbolehkan motor melintas. Keduanya mengaku tidak tahu karena memang baru pertama berada di Jakarta.

"Maaf pak baru pertama ke Jakarta," kata si wanita.

Menariknya, polisi yang merekam video melakukan peneguran dengan lemah lembut. Bahkan ia juga maklum jika kedua pemotor tadi tak mengerti jalur yang semestinya dilalui, apalagi cuma mengandalkan Google Maps.

"Baru pertama ke Jakarta, ini pelatnya D Bandung. Di manapun rambu-rambunya sama perhatikan rambunya perhatikan kalau dilarang gak boleh masuk," kata polisi.

"Gak apa-apa, apalagi luar daerah, yang penting kita sudah memberikan peneguran. Saya juga toleransi, seharusnya ibu lewat di jalur yang pinggir sana," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diingatkan Tilang Elektronik

Dokumen-dokumen terkait pun lengkap, karena itulah tak ada alasan lain bagi polisi untuk tak melepaskan mereka. Apalagi kelengkapan berkendara, seperti helm turut digunakan.

Kemudian polisi yang melakukan pengecekan dokumen kendaraan memberikan petunjuk jalan ke pemotor itu. Lantas pria dan wanita itu dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

"Oke hati-hati ya, nanti diarahkan anggota saya. Perhatikan rambu ya, karena di depan berlaku tilang elektronik, kasihan," kata polisi.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 3 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut dengan kebaikan hati polisi tersebut.

  • "Yukk polisi kembali mengayomi masyarakat 🥰," tulis antonwibisono
  • "Saya thn 2012 baru di jkt lokasi yg sama SIM medan kena 20rb pak....😢," ungkap chandracevin

Sumber: Otosia.com

Penulis: Ahmad Muzaki

Saksikan videonya di https://www.instagram.com/reel/CxnSmnQJ5iy

Infografis Pasar Tanah Abang dan Produk UMKM Tergerus Lapak Online. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pasar Tanah Abang dan Produk UMKM Tergerus Lapak Online. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya