Zulkifli Hasan Sebut Koalisi Prabowo Setuju Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menambahkan, untuk bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil hingga kini belum diputuskan.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 19 Jun 2024, 16:33 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2024, 16:32 WIB
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) usai menghadiri konsolidasi calon anggota legislatif (Caleg) PAN di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Senin (15/1/2024)
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) usai menghadiri konsolidasi calon anggota legislatif (Caleg) PAN di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Senin (15/1/2024). (Liputan6.com/Elza Hayarana Sahira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menyebut bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah sepakat mendukung Ridwan Kamil maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang.

"DKI (Jakarta) saya mengusulkan Ridwan Kamil (RK), saya kira semua (partai koalisi) sudah mau menyutujui RK maju di Jakarta," ungkap Zulkifli Hasan di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) dikutip dari YouTube Liputan6, Rabu (19/6/2024).

Pria yang akbran disapa Zulhas ini menambahkan, untuk bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil hingga kini belum diputuskan. Ia menyebut, partai politik yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 lalu itu masih membangun komunikasi untuk menentukan pendamping Ridwan Kamil dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Wakilnya belum diputuskan. Tapi RK nya sudah," ucap Zulhas.

Selain itu, PAN bersama KIM juga sepakat untuk mengusung beberapa tokoh lainnya untuk maju sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024 mendatang.

"Pertama di Jawa Timur sudah sepakat Khofifah pasangannya dengan Emil Dardak. Kedua, Jawa Tengah, Pak Kapolda, Pak Luthfi," kata Zulhas.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat mengusung calon yang sama di beberapa daerah yang ikut Pilkada Serentak 2024. 

"Kita sudah sampaikan dari awal Koalisi Indonesia Maju khusus untuk Pilkada DKI kita akan sepakat untuk mengusung pasangan calon seragam dan ini kita juga sudah sepakati di Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sudah sama-sama itu akan kita lakukan," kata Eddy kepada wartawan, Jumat (14/6/2024).

Di Pilkada Jakarta, kata Eddy, nama Ridwan Kamil alias Kang Emil sampai saat ini masih kuat meski masih didiskusikan kembali.

"Nah khusus DKJ ini ada wacana kuat untuk mendorong Pak Ridwan Kamil, tetapi tentu itu adalah pembicaraan yang harus disepakati dimunculkan kembali. Karena Pak Ridwan Kamil, kan nanti juga akan mencari siapa yang akan jadi wakilnya," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Golkar Kaji Wacana Duet Ridwan Kamil-Kaesang di Pilkada Jakarta 2024

Dipakaikan Jas Kuning, Ridwan Kamil Resmi Gabung ke Golkar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memakai jas kuning dan kartu anggota PartaiGolkar yang diberikan langsung oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Jakarta,Rabu (18/1/2023). Ridwan Kamil resmi bergabung dengan Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi soal munculnya wacana duet mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024. Dia mengatakan Golkar akan mengkaji wacana tersebut.

"Itu masih kita pelajari seluruhnya," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Partai Golkar sendiri telah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat 2024. Namun, Airlangga menyebut partainya masih menunggu hasil survei terakhir untuk memutuskan penugasan Ridwan Kamil.

"Jabar dan DKI masih menunggu terkait dengan survei terakhir. Kita lihat kombinasinya nanti," ujarnya.

Airlangga memastikan Golkar akan tetap mengusung Ridwan Kamil untuk Pilkada 2024. Dia menuturkan Ridwan Kamil disiapkan untuk melawan siapapun di Pilkada, termasuk Anies Baswedan jika maju sebagai calon gubernur Jakarta 2024.

"Ya RK dipersiapkan untuk melawan siapa pun lawannya," tutur Airlangga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya