Empon-Empon ala Manado, Meningkatkan Imun Tubuh Melawan Covid-19

Empon-empon dipercaya sebagai salah satu ramuan yang bisa menangkal serangan virus.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 28 Apr 2020, 08:00 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2020, 08:00 WIB
Empon-empon, salah satu menu yang banyak dicari pembeli di The Mango Resto and Coffee Shop.
Empon-empon, salah satu menu yang banyak dicari pembeli di The Mango Resto and Coffee Shop.

Liputan6.com, Manado - Meski bahan dasar untuk membuat minuman ini juga tersedia di Sulawesi Utara, tetapi empon-empon sebenarnya bukanlah minuman khas Manado.

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang berupaya meningkatkan daya tahan tubuh atau imun. Empon-empon dipercaya sebagai salah satu ramuan yang bisa menangkal serangan virus.

"Kami juga meracik empon-empon, untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat Virus Corona melanda," ungkap Eksecutif Chef The Mango Resto Manado Bryan Maradung, Sabtu (25/04/2020).

Dia mengatakan, maraknya pemberitaan terkait berbagai ramuan tradisional yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membuat orang gencar mencari ramuan-ramuan herbal.

"Di samping ramuan yang lain, kami juga menyediakan empon-empon di The Mango Resto and Coffee Shop Manado ini," ujarnya.

Bryan berbagi tips sederhana membuat empon-empon dengan memanfaatkan bahan dasar seperti jahe, kunyit, temulawak, sereh, kayu manis, dan gula merah.

"Bahan ini dengan mudah bisa kita dapat di pasar tradisional maupun supermarket," dia mengatakan.

Cara pembuatannya, masukkan jahe, kunyit, temulawak, sereh, kayu manis, gula merah ke dalam wadah yang sudah berisi air. Setelah itu rebus ramuan selama lebih kurang 30 menit, hingga mendidih. Air rebusan disaring, kemudian dihidangkan.  

"Banyak konsumen yang memesan empon-empon, jumlahnya meningkat saat pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Bryan mengungkapkan, selain minuman empon-empon, ada sedikitnya 12 macam jenis sayuran dan buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun.

"Ini menjadi bahan dasar makanan dan minuman yang kami sajikan," ujarnya.  

Adapun jenis-jenis buah dan sayuran itu adalah paprika merah, cabai, brokoli, semua jenis jamur, jeruk, lemon, kiwi, pepaya, nenas, kacang almond. Kemudian madu, jahe, kunyit, temulawak, bawang putih serta bawang bombay.

"Jeruk, lemon dan kiwi juga sangat baik karena memiliki kadar Vitamin C sehingga dapat meningkatkan sistem imun kita," ujarnya.

Dia mengakui, dalam beberapa waktu belakangan ini permintaan konsumen terhadap makanan dan minuman tersebut meningkat.

"Ya, semua orang ingin menjaga staminanya dengan mengonsumsi minuman seperti empon-empon," dia memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya