Keliling Jateng-Yogya, Komunitas UMKM Binaan Airlangga Borong Dagangan Warga

Koordinator UMKM usha Kota Semarang Ongki Vernanda (23) menyatakan, program ini akan berjalan di beberapa titik di Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Jan 2022, 17:20 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2022, 20:42 WIB
Komunitas usaha binaan Airlangga keliling mengajak warga belanja di UMKM. (Istimewa).
Komunitas usaha binaan Airlangga keliling mengajak warga belanja di UMKM. (Istimewa).

Liputan6.com, Semarang - Komunitas UMKM usaha yang dibina Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto berkeliling Jawa Tengah dan Yogyakarta melakukan serangkaian kegiatan untuk mengkampanyekan belanja di UMKM. Kota Semarang menjadi kota pertama yang disambangi.

Koordinator UMKM usaha Kota Semarang Ongki Vernanda (23) menyatakan, program ini akan berjalan di beberapa titik di Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta.

"Program ini sudah dilakukan di Kota Semarang dan akan dilakukan di Kabupaten Semarang, Salatiga, Solo, kemudian di Yogyakarta," jelas Ongki, Selasa (11/1/2021).

Ongki menuturkan, bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah Borong Usaha, dimana timnya akan berhenti di satu titik tempat berkumpulnya pedagang kaki lima dan memborong dagangannya untuk dibagikan pada masyarakat secara gratis.

"Intinya kita bantu PKL, sekaligus kampanye untuk ayo belanja di warung-warung UMKM. Hari ini kegiatan borong usaha kita lakukan di dua titik. Pertama di Taman Tirto Agung, Pedalangan. Kedua di depan Gedung GRIS Semarang," imbuhnya.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari warga sekitar. Salah satunya adalah, Bagus Utama (22). Mahasiswa asal Kendal ini mengatakan dirinya sudah sering mendengar soal komunitas UMKM usaha.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


830 UMKM

UMKM usaha adalah komunitas UMKM binaaan Airlangga Hartarto, yang kegiatannya berfokus pada pemberdayaan UMKM. Tidak hanya usaha Borong Usaha, komunitas tersebut juga memiliki program lain, seperti pelatihan Wirausaha Maju, lalu Usaha Bantu Usaha yang bertujuan untuk membantu masalah permodalan, dan usAHA Kita yang membantu mempromosikan dagangan UMKM secara digital.

Menurut Ongki Vernanda, komunitas UMKM usAHA telah terbentuk di Kota Semarang sejak setahun lalu dan hingga saat ini ada 830 UMKM yang sudah tergabung.

"Kegiatan ini sejalan dengan program pembina kami Pak Airlangga Hartarto, untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi. Apalagi kan UMKM ini ya pilar ekonomi bangsa," tutup Ongki.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya