Mason Greenwood, Wonderkid Manchester United yang Sempat Tersandung Kasus Perkosaan Dilirik AS Roma

Masa depan Mason Greenwood bersama Manchester United sepertinya belum ada kejelasan. Dikabarkan Setan Merah baru akan keputusan akhir tentang sang wonderkid sebelum akhir Juli.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 04 Jul 2023, 15:51 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2023, 15:50 WIB
Foto: 6 Pemain Manchester United Yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Mason Greenwood - Penyerang Setan Merah ini menolak bergabung dengan skuad Timnas Inggris pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengungkapkan sang pemain masih membutuhkan waktu untuk kembali membela The Three Lions. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Masa depan Mason Greenwood bersama Manchester United sepertinya belum ada kejelasan. Dikabarkan Setan Merah baru akan keputusan akhir tentang sang wonderkid sebelum akhir Juli.

Mason tidak lagi pernah tampil untuk Manchester United sejak Januari 2023 menyusul tuduhan pemerkosaan, penyerangan dan pemaksaan yang dilakukan terhadap sang pacar. Meski akhirnya tuduhan tersebut dibatalkan pada Februari, tetapi MU tetap melakukan penyelidikan internal.

Mason tetap berlatih dengan intruktur pribadi selama dia belum diundang kembali ke tim.

Meski lama tidak merumput, pesona permainan Mason Greenwod ternyata masih menjadi lirikan klub-klub besar Eropa. Dikutip dari Goal.com, Selasa (4/7/2023), Tim dari Turki dan Italia dikabarkan telah menunjukkan minat pada Mason Greenwood. Jose Mourinho disebut-sebut ingin memboyong sang penyerang ke AS Roma dengan status pinjaman.

The Sun melaporkan bahwa Setan Merah akan segera mengambil keputusan soal masa depan Greenwood, dan kepastian tersebut diharapkan bakal dibuat sebelum akhir bulan ini.

Greenwood sebelumnya sempat digadang-gadang bakal jadi penyerang masa depan Manchester United. Maklum, di usia yang masih muda, pria asal Inggris itu sudah mendapat tempat di tim utama MU. 

Sejak bergabung dengan tim utama Setan Merah, Greenwood telah bermain sebanyak 83 kali dan mencetak 22 gol. Greenwood menjalani debutnya pada 6 Maret 2019 lalu sebagai pemain pengganti melawan Paris Saint Germain di ajang Liga Champions. Saat itu, usianya baru 17 tahun 156 hari hingga menempatkannya sebagai pemain muda kedua yang mendapat kesempatan tampil di kompetisi Eropa. 

Di musim pertamanya bersama MU, Greenwood sudah mendapat sejumlah pengakuan. Mulai dari masuk dalam daftar Premier League 2 Player of the Month hingga Murphy Young Player of the Year.

Di tahun-tahun berikutnya, peran Greenwood semakin vital di MU. Pada tahun 2020, dia kemudian dipercaya menggunakan nomor punggung 11 menggantikan nomor 26 yang dikenakan sebelumnya. 

Tidak sembarang pemain berkesempatan menggunakan nomor ini. Hanya pemain-pemain hebat yang mendapat kehormatan itu. Salah satunya tentu saja Ryan Giggs yang pernah jadi ikon Setan Merah. 

Moncernya penampilan Greenwood di MU membuat namanya juga diperhitungkan di Timnas Inggris. Pelatih Gareth Southgate mulai memberi kesempatan kepadanya pada tahun 2020. Saat itu, di tengah pandemi, Greenwood mendapat kesempatan menjalani debut saat uji coba melawan Islandia. 

Dalam duel ini, Greenwood tampil menggantikan Phil Foden pada menit ke-78. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Ditangkap Polisi

Foto: 5 Pesepak Bola yang Pernah Tersandung Kasus Kekerasan, Mason Greenwood Terbaru
Kasus penganiayaan Mason Greenwood ramai usai Harriet Robson mengunggah foto tubuhnya yang mengalami luka-luka dan lebam di Instagram Storynya pada Minggu (30/1/2022). Akibatnya, ia ditahan Kepolisian Manchester Raya setempat dan dibekukan dari skuad MU. (AFP/Paul Ellis)

Nama Greenwood hancur setelah seorang wanita yang muncul di sosial media, mengaku menjadi korban penyerangan Greenwood. 

Dalam serangkaian foto yang diunggah, korban memperlihatkan sejumlah bukti penganiayaan yang dialaminya dalam penyerangan tersebut. Korban juga menyertakan rekaman suara yang berisi penolakannya dirinya terhadap upaya pemerkosaan yang dilakukan seorang pria bernama Mason. 

Tidak butuh waktu lama. Polisi segera bertindak dan menangkap Mason Greenwood pada 30 Januari 2022. Dia ditahan atas dugaan pemerkosaan dan penyerangan disertai ancaman pembunuhan terhadap seorang wanita. Dan seketika itu juga, karier moncer Greenwood terjun bebas tanpa bekas. 

MU menjatuhkan skors kepadanya. Nike menghentikan kerjasama sponsorship dengannya. Sementara timnas Inggris dibawah kendali Gareth Southgate segera mencoret namanya dari skuad Three Lions. Bahkan itu saja. Perusahaan video game EA Sports juga menghapus Greenwood dari game FIFA-nya.

Berita Infografis - Adu Tajam Marcus Rashford Vs Erling Haaland Jelang Derbi Manchester
Berita Infografis - Marcus Rashford Vs Erling Haaland (Bola.com/Decika Fatmawaty)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya