Waspada, Fitur Baru WhatsApp Ini Bisa Bikin Orang Lain Lihat Semua Isi Layar Perangkat Kamu

Fitur screen share pada WhatsApp dinilai berbahaya jika pengguna tak sengaja membagikan konten atau data sensitif.

oleh M. Labib Fairuz Ibad diperbarui 15 Agu 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2023, 18:00 WIB
Whatsapp - Vania
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Mika Baumeister

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp belum lama ini meluncurkan pembaruan yang memungkinkan pengguna membagikan apa yang sedang mereka lihat melalui fitur screen sharing/berbagi layar. Para pengguna dapat melihat apa pun yang ditampilkan di layar ponsel atau laptop pengguna lainnya.

Pembaruan utama berbagi layar ini memungkinkan pengguna menunjukkan cuplikan dari situs web yang sedang mereka lihat, dokumen yang sedang mereka kerjakan, atau cara mengakses fitur di perangkat kepada teman mereka. Hal ini dinilai berbahaya jika pengguna tak sengaja membagikan konten atau data sensitif.  

Sebelumnya, fitur screen sharing ini telah dikembangkan oleh aplikasi konferensi video seperti Zoom dan Google Meet. Pada aplikasi tersebut, pengguna dapat menampilkan presentasi hingga video yang tersimpan pada perangkat mereka.

Hal ini kemudian diadaptasi oleh WhatsApp melalui fitur panggilan video.

"Baik berbagi dokumen untuk pekerjaan, melihat-lihat foto dengan keluarga, merencanakan liburan atau berbelanja online dengan teman, atau sekadar membantu kakek-nenek dengan bantuan teknis melalui fitur ini" tulis WhatsApp dalam sebuah posting blog.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna akan melihat tombol "Share" atau "Bagikan" di bagian kanan bawah ketika melakukan panggilan video.

Tombol ini akan tersedia di aplikasi setelah pembaruan dirilis dalam beberapa minggu ke depan. Pengguna juga dapat memilih untuk membagikan layar aplikasi tertentu atau seluruh layar mereka dengan menekan tombol tersebut.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkapkan pembaruan fitur baru WhatsApp ini akan tersedia untuk semua pengguna, baik yang menggunakan perangkat Windows, Android, maupun iOS--akan diluncurkan secara global.

Pembaruan ini masih dalam tahap pengembangan. Namun, pengguna telah mencoba fitur ini pada perangkat masing-masing.


5 Cara Share Screen WhatsApp di HP Android dan iPhone, Fitur Baru dari Meta

WhatsApp
Ilustrasi penggunaan aplikasi WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Fitur share screen WhatsApp ini pertama kali diperkenalkan di versi beta beberapa bulan lalu oleh WABetaInfo, situs yang sering membocorkan informasi terbaru tentang WhatsApp.

Namun, saat itu fitur ini masih terbatas untuk beberapa pengguna saja. Kini, setelah melalui tahap pengujian dan penyempurnaan, fitur ini sudah siap untuk digunakan oleh semua pengguna WhatsApp.  

Namun, bagaimana cara menggunakan fitur screen sharing di WhatsApp? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Pakai Fitur Screen Sharing di WhatsApp

1. Cek update WhatsApp di Google Play Store atau Apple App Store.

2. Buka aplikasi dan mulai lakukan video call dengan satu atau beberapa orang.

3. Klik ikon "Share" baru di bagian bawah WhatsApp--kedua dari kiri.

4. Pilih apakah Anda ingin hanya menampilkan aplikasi tertentu atau seluruh layar.

5. Seluruh tampilan di layar akan dibagikan ke seluruh orang di video call. Anda bisa ubah posisi ponsel ke lanskap agar bisa menampilkan konten di layar lebih baik.

Selain fitur berbagi layar, WhatsApp juga luncurkan fitur pesan video singkat antar pengguna.


WhatsApp Luncurkan Fitur Pesan Video, Pengguna Kini Bisa Berkirim Video Singkat

WhatsApp
WhatsApp. Foto: unsplash/Dima Solomin.

WhatsApp mengumumkan kehadiran fitur baru berupa pesan video instan. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengirimkan pesan video singkat dan membagikannya langsung ke orang lain.

Secara garis besar, fitur ini mirip dengan pesan suara atau voice note yang sudah lebih dulu hadir di WhatsApp. Bedanya, pesan yang dikirimkan kini bisa berupa video pendek.

Adapun durasi pesan video yang bisa direkam pengguna mencapai 60 detik. Cara mengirimkannya pun tidak berbeda dari voice note yang sudah biasa digunakan oleh para pengguna aplikasi WhatsApp.

Nantinya, video akan secara otomatis diputar tanpa suara ketika dibuka dalam chat. Karenanya, pengguna perlu mengetuk video terlebih dulu untuk memutar suara dalam pesan video.

WhatsApp pun memastikan fitur ini dilindungi dengan enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanannya. Fitur ini sudah mulai diluncurkan dan akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan untuk seluruh pengguna aplikasi chatting tersebut.

Fitur ini bisa diakses lewat ikon mikrofon yang ada di sebelah kolom untuk berkirim pesan. Pengguna tinggal mengkliknya untuk mengubah ikon mikrofon menjadi kamera, dan pengguna tinggal menahan tombol tersebut untuk merekam video.


WhatsApp Uji Coba Satu Perangkat Dua Akun untuk Para Pengguna Versi Beta

Fitur Pemeriksaan Privasi WhatsApp
Fitur Pemeriksaan Privasi WhatsApp. document/WhatsApp.

WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur baru untuk para penggunanya. Berdasarkan laporan terbaru WABetaInfo, aplikasi chatting ini tengah menguji coba fitur yang memungkinkan satu perangkat menggunakan beberapa akun sekaligus.

Mengutip informasi dari Android Police, Sabtu (12/8/2023), fitur ini hadir dengan nama Multi-account. Sesuai namanya, pengguna WhatsApp dimungkinkan menambahkan akun lain dalam satu aplikasi. 

Seperti diketahui, untuk saat ini, WhatsApp hanya memungkinkan satu akun masuk di satu perangkat. Sementara dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan akun tambahan selain akun utama yang ada di perangkat.

Untuk diketahui, WhatsApp memang tidak memungkinkan satu perangkat memiliki dua akun atau lebih. Karenanya, kehadiran fitur ini tentu membantu para pengguna yang memiliki beberapa akun untuk masing-masing kebutuhan.

Sebagai contoh, pengguna bisa memisahkan antara kebutuhan akun pribadi, akun kerja, dan akun lain dalam satu aplikasi WhatsApp. Fitur ini mirip dengan yang ada di Instagram.

Kendati demikian, WhatsApp memastikan, masing-masing percakapan tiap akun terpisah, termasuk notifikasi yang diterima. Saat ini, fitur ini baru tersedia untuk versi beta 2.23.13.5 di perangkat Android. 

Belum diketahui, kapan fitur ini akan meluncur untuk pengguna lainnya. Namun, ada kemungkinan aplikasi chatting ini akan menggulirkan fitur Multi-account dalam waktu dekat.


Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya