Pertamina Ajak Masyarakat Lestarikan Elang Bondol Lewat Pertamina Ecocamp 2018

Pertamina Ecocamp 2018 jadi upaya nyata Pertamina lestarikan Elang Bondol.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 05 Apr 2018, 18:30 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2018, 18:30 WIB
Pelepasliaran Elang Bondol (Pertamina MOR III)
Pelepasliaran Elang Bondol (Pertamina MOR III)

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya penangkapan ilegal, membuat keberadaan Elang Bondol kian memprihatinkan bahkan hampir punah. Pertamina Marketing Operation Region III lantas menggelar aksi Pertamina Ecocamp 2018 di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu pada 4-5 April 2018. Aksi ini bertujuan untuk mengenalkan pelestarian Elang Bondol (Haliastur Indus) kepada masyarakat luas.

Bekerjasama dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), program Corporate Social Responsibility Pertamina MOR III ini telah dilakukan sejak 2016 lalu. Pertamina memberikan dukungan berupa fasilitas untuk pelestarian Elang seperti kandang sanctuary, pusat edukasi, dan fasilitas umum lainnya.

Tak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat, aksi ini juga bertujuan agar masyarakt aktif dan terlibat langsung dalam pelestarian Elang Bondol tersebut. Baik pelestarian keanekaragaman hayati ataupun budaya.

"Pada kesempatan ini kami mengajak masyarakat dari bermacam-macam latar belakang untuk mengenalkan konservasi Elang Bondol ini. Karena sekarang tidak banyak yang tahu bahwa Elang Bondol yang merupakan maskot Jakarta ternyata saat ini sudah hampir punah karena penangkapan illegal,” kata Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membantu Peningkatan Konservasi

Pelepasliaran Elang Bondol (Pertamina MOR III)
Pelepasliaran Elang Bondol (Pertamina MOR III)

Sementara itu, Ketua JAAN Benfica menuturkan, program CSR Pertamina sangat membantu untuk peningkatan konservasi dan edukasi Elang Bondol. Hal ini penting, karena Pulau Kotok merupakan pusat konservasi untuk jenis Elang Air saat ini.

“Setiap pusat konservasi membutuhkan kondisi yang berbeda-beda. Di Kamojang ada juga pusat konservasi untuk Elang Darat, namun di Pulau Kotok ini menjadi pusat konservasi untuk jenis Elang Air. Jadi kalau ada Elang Air yang perlu dirawat, maka akan dikirim ke sini,” tambahnya.

Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah juga menjelaskan dengan adanya kegiatan ini beliau berharap semakin banyak orang yang memahami di Kepulauan Seribu terdapat pulau yang memang dikhususkan untuk konservasi satwa langka Elang Bondol yang juga merupakan maskot Jakarta.


Seri Pertama

Pelepasliaran Elang Bondol (Pertamina MOR III)
Pelepasliaran Elang Bondol (Pertamina MOR III)

Kegiatan Ecocamp 2018 di Pulau Kotok merupakan seri pertama dari total tiga seri yang akan dilaksanakan oleh Pertamina MOR III. Seri kedua akan dilaksanakan di Tasikmalaya berupa kegiatan pelestarian Penyu dan seri ketiga akan dilaksanakan berupa pelestarian budaya Baduy.

Ecocamp seri pertama ini ditandai dengan pelepasliaran Elang Bondol yang dinyatakan sudah sehat dan bisa hidup liar di alam bebas. Berikutnya dilanjutkan dengan transplantasi terumbu karang, hasil kerjasama dengan tim Marinir.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya