Kombinasi Unik Pelat Nomor Cantik ala Pemilik Mobil Mewah Rusia

Polisi lalu lintas di luar Rusia tak akan mengalami kesulitan untuk menafsirkan nomor kendaraan saat menilang pengemudi Rusia.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 27 Jan 2018, 13:05 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2018, 13:05 WIB
Plat cantik di Rusia (RBTH Indonesia/Pavel Kuzmichev)
Plat cantik di Rusia (RBTH Indonesia/Pavel Kuzmichev)

Liputan6.com, Moskow - Seperti negara-negara lain di dunia, Rusia juga memiliki sistem registrasi kendaraan. Biasanya, pemilik kendaraan suka menyembunyikan pesan-pesan tertentu yang disamarkan dalam kombinasi huruf dan angka pada pelat kendaraannya.

Yang jelas, pelat-pelat "cantik" semacam itu tidak murah. Si pemilik kendaraan harus siap merogoh kocek demi tampil menawan di jalan.

Sebagian besar nomor pelat kendaraan Rusia terdiri dari tiga huruf, tiga digit, dan kode wilayah (dua atau tiga digit). Pemilik kendaraan hanya bisa menggunakan 12 huruf dalam abjad Rusia yang terlihat persis seperti huruf Latin. Demikian dikutip dari laman RBTH Indonesia, Sabtu (27/1/2018).

Dengan demikian, polisi lalu lintas di luar Rusia tak akan mengalami kesulitan untuk menafsirkan nomor kendaraan saat menilang pengemudi Rusia.

Meski demikian, ada cukup banyak kombinasi yang memungkinkan pemilik kendaraan membuat pelat cantik. Orang Rusia sangat menyukai hal ini.

Banyak orang menganggap, angka cantik menunjukkan pesona pengemudi. Seperti di Indonesia, mendapatkan pelat semacam ini sebetulnya cukup menguras dompet. Namun, memiliki pelat tak biasa juga menjadi salah satu cara untuk memamerkan kekayaan dan kekuasaan seseorang.

Siap Bayar Mahal

Pada 2013, polantas wilayah Moskow merilis seri 777 (sebelumnya, Moskow memiliki kode 77, 97, 177, dan 197, dan baru-baru ini keluar kode 199 dan 799) karena banyaknya jumlah pelat kendaraan yang dikeluarkan.

Siaran pers kepolisian Moskow menyatakan bahwa nomor cantik baru (seperti A100AA, A005AA, dan lain-lain) telah diserahkan ke pasar-pasar penjualan mobil milik warga Moskow biasa.

Akan tetapi, wartawan-wartawan Moskow menemukan Porsche Cayennes, BMW, dan mobil-mobil mewah lainnya yang menggunakan pelat cantik baru. Penemuan ini mengindikasikan bahwa pelat cantik masih bisa dibeli. Beberapa hari setelah seri baru diperkenalkan, sebuah iklan yang menjual pelat nomor cantik muncul di situs internet. Misalnya, nomor A001AA777 dijual seharga 900 ribu rubel (sekitar 212 juta rupiah) dan terjual dalam 24 jam.

Beberapa pemilik kendaraan masih percaya bahwa mereka bisa membeli pelat tertentu yang membuat mereka lolos dari setopan polisi atau karcis tilang dari rekaman kamera CCTV jalan raya. Kenyataannya, itu memang tak sepenuhnya salah.

Beberapa petugas polantas di luar Moskow kemungkinan akan berpikir dua kali sebelum menyetop mobil dengan tiga kode huruf tertentu di pelatnya -- mobil itu bisa saja milik pejabat tinggi Rusia. Namun, di Moskow dan Saint Petersburg, pelat semacam itu justru menarik perhatian petugas.

Selain itu, tak ada angka yang bisa membuat seseorang kebal dari sistem kamera lalu lintas. Karcis tilang tetap akan dikeluarkan terlepas dari apakah nomor pelat Anda spesial atau tidak.

Artikel asli dapat dibaca di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Singkatan Unik

Plat cantik di Rusia (RBTH Indonesia/Alexey Kudenko/Sputnik)
Plat cantik di Rusia (RBTH Indonesia/Alexey Kudenko/Sputnik)

Konon, ada dua kombinasi nomor yang memang khusus diberikan untuk kendaraan pemerintah. Yang pertama adalah "AMP", yang sebelumnya merupakan singkatan tak resmi untuk Pejabat Militer Rusia.

Kini, kombinasi tersebut menjadi milik mobil Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Badan Keamanan Federal (FSB), dan lembaga tinggi lainnya.

Yang kedua adalah EKX, yang secara tak resmi merupakan singkatan "Aku Menyetir Sesukaku" yang dipesan khusus untuk mobil milik Badan Perlindungan Federal (FSO, bukan FSB), yaitu orang-orang yang mengawal para pejabat tinggi, seperti presiden, perdana menteri, dan kepala-kepala departemen federal. Kedua jenis pelat ini tak bisa dibeli, bahkan di pasar gelap sekalipun.

Meski begitu, ada beberapa nomor pelat yang cukup imajinatif. Ada beberapa contoh yang lucu, seperti M444AO yang mengombinasikan nama pendiri Republik Rakyat Tiongkok Mao Zedong dengan angka kematian bagi orang Tiongkok, atau C666ET yang sekilas mengingatkan kita pada Set (dalam abjad Rusia, huruf C dibaca S), dewa kegelapan dalam mitologi Mesir, beserta angka 666 yang secara luas dianggap sebagai bilangan iblis. Nomor-nomor semacam ini sangat mahal.

Selain itu, ada juga kombinasi huruf yang memiliki makna menyeramkan. BOP (pencuri dalam bahasa Rusia) adalah kombinasi angka yang populer di kalangan orang-orang yang bersimpati terhadap budaya kriminal.

AYE (persatuan kriminal anonim) juga mirip dengan BOP. Nomor pelat semacam ini menimbulkan kekhawatiran hingga Majelis Rendah Parlemen Rusia (Duma) sempat mengajukan RUU tentang pelarangan kombinasi nomor kendaraan semacam itu. Kombinasi semacam itu dianggap mempromosikan budaya kriminal. Namun, RUU itu batal dijadikan undang-undang.

Nomor pelat menyeramkan lain adalah KPA95. Nomor 95 adalah kode wilayah Chechnya, sedangkan KPA adalah singkatan dari Kadyrov Ramzan Akhmatovich (dalam abjad Rusia, huruf P dibaca R) -- nama lengkap Ramzan Kadyrov, pemimpin Republik Chechnya sejak pertengahan 2000-an. Bagi kebanyakan orang Rusia, orang-orang Chechnya dianggap sangat tempramental.

Ada pula AKM yang merupakan singkatan dari senapan otomatis modern Kalashnikov. Secara tak langsung, kode ini menyiratkan bahwa si pengemudi sama mengancamnya dengan senjata api populer tersebut.

Beberapa nomor pelat bahkan meledek pengendara lain. Misalnya, XAM (orang tak beradab dalam bahasa Rusia), OPK (manusia monster), CPY (artinya saya buang air besar). Orang-orang dengan mobil sport biasanya memiliki pelat nomor kendaraan, seperti YXY (woohoo), PBY (pemerasan), atau PPP (tiruan bunyi mesin, rrr).

Tahukah Anda bahwa di Rusia juga terdapat angkot? Angkot di Rusia disebut marshrutka. Transportasi umum ini benar-benar bisa membantu Anda menaklukkan kemacetan lalu lintas dan menolong saat Anda terlambat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya