Pangeran Harry Tak Pernah Menggandeng Tangan Meghan Markle Usai Menikah, Mengapa?

Sebelum menikah, Pangeran Harry dan Meghan Markle kerap terlihat saling bergandengan tangan. Namun setelah sah sebagai suami istri, hal itu jarang sekali dilakukan. Ternyata ini alasannya...

oleh Afra Augesti diperbarui 05 Jul 2018, 20:00 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2018, 20:00 WIB
Royal Wedding-Pangeran Harry-Meghan Markle
Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle bersiap meninggalkan Kastil Windsor dengan menggunakan mobil listrik Jaguar Classic E-Type Concept Zero menuju acara resepsi dekat Frogmore House (19/5). (AFP Photo/Pool/Steve Parsons)

Liputan6.com, London - Berita mengenai pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle menjadi topik hangat beberapa bulan lalu. Bahkan sebelum menikah, pengantin baru ini menjadi incaran utama awak media.

Dalam sejumlah foto bidikan kamera para wartawan, keduanya selalu tampil mesra, bergandengan tangan dan bahkan saling peluk. Namun sejak pernikahan pasangan yang beda kewarganegaraan ini dilangsungkan pada 19 Mei lalu, dan Meghan telah menyandang gelar Duchess of Sussex, perubahan besar terjadi, terutama sikap mereka di muka umum.

Saat keduanya menghadiri acara resmi Young Leaders Reception di Istana Buckingham pada minggu lalu, Pangeran Harry terlihat menghindari tangan Meghan yang terulur ketika mereka berjalan di belakang Ratu Elizabeth.

Penulis biografi Kerajaan Inggris, Gyles Brandreth, mengatakan kepada publik bahwa "kode" tersebut mungkin merupakan isyarat rasa hormatnya kepada sang nenek. Demikian seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (5/7/2018).

"Ratu yang kini berusia 92 tahun tidak pernah bergandengan tangan dengan suaminya, Pangeran Philip, ketika berada di publik. Hal ini sejalan dengan tradisi turun temurun keluarga keraaan," Brandreth menjelaskan.

Namun pakar tata bahasa William Hanson mengatakan kepada MailOnline bahwa ada alasan lain mengapa bungsu Putri Diana itu tak pernah lagi menggandeng istrinya saat bepergian bersama Ratu.

"Pangeran Harry mungkin merasa kurang perlu menggandeng tangan Meghan karena ia tahu istrinya sudah jauh lebih percaya diri menjalani peran barunya sebagai Duchess," papar Hanson.

Ia juga menggarisbawahi bahwa protokol kerajaan tidak pernah menegaskan anggotanya untuk saling bergandengan tangan di hadapan publik. Hal ini juga berlaku untuk Pangeran Harry-Meghan Markle dan Pangeran William-Kate Middleton.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sikap Meghan Markle Ini Dituduh 'Menghina' Ratu Elizabeth, Benarkah?

Meghan Markle dianggap oleh warganet telah melanggar protokol dan aturan kerajaan (Instagram/@kensingtonroyal)
Meghan Markle dianggap oleh warganet telah melanggar protokol dan aturan kerajaan (Instagram/@kensingtonroyal)

Sebelumnya, pengguna media sosial tengah dibuat heboh dengan foto Meghan Markle saat hadir dalam acara kerajaan yang diselenggarakan Ratu Elizabeth.

Dikutip dari laman News.com.au, Rabu 27 Juni 2018, Meghan Markle dianggap oleh sebagian warganet telah melanggar protokol dan aturan kerajaan, bahkan dianggap "menghina" Sri Ratu.

Saat sedang berpose untuk foto, istri dari Pangeran Harry itu tidak menyilangkan pergelangan kakinya kala duduk di kursi. Ia hanya memiringkan kedua kakinya saja tanpa mengikuti aturan yang sudah ditentukan.

Melihat foto yang diunggah oleh pihak Kerajaan Inggris lewat akun Instagram @kensingtonroyal, warganet langsung mengungkapkan kemarahannya dan menyebut Meghan Markle tidak sopan.

"Duchess of Sussex melakukan kesalahan pada posisi duduknya. Seharusnya, pergelangan kakinya disilangkan, dimiringkan sedikit," tulis sebuah akun.

"Ia masih dalam tahap berlatih. Namun, sepatutnya ia menyilangkan pergelangan kakinya. Saya belum pernah melihat Duchess of Cambridge melakukan hal ini," jelas netizen lainnya.

Meski ada komentar negatif, banyak pula penggemar setia Meghan Markle yang memberikan dukungan.

"Disilangkan atau tidak, Duchess of Sussex tetap cantik dan sempurna hari ini," ujar seorang netizen.

"Saya rasa Meghan Markle telah menyilangkan pergelangan kakinya. Namun, ini adalah pekerjaan jahat paparazzi yang ingin memicu komentar publik," kata netizen lain.

Dunia mengenal sosok Meghan lewat layar kaca. Kariernya sebagai artis mulai menanjak ketika berperan sebagai Rachel Zane dalam tayangan berjudul Suits.

Ia bermain dalam serial itu selama tujuh musim sejak 2011. Tak hanya serial, ia juga terjun dalam dunia film berjudul Remember Me dan Horrible Bosses.

Namun, karier keartisannya harus dikubur dalam-dalam. Sebab, sebagai anggota kerajaan, Meghan harus menanggalkan status selebritasnya.

Menjadi anggota kerajaan bukan pekerjaan sepele. Ada banyak tanggung jawab yang harus diemban.

Dengan resminya pernikahan, menunjukkan bahwa Meghan sudah siap dengan konsekuensinya.

"Saya melihat pilihan ini sebagai sebuah perubahan," ujar Meghan Markle dalam sebuah wawancara.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya