Tips Aman Pakai Laundry Umum di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Berikut adalah tips saat akan mendatangi hingga menggunakan tempat jasa layanan pembersih dan pengering pakaian saat pandemi Corona COVID-19.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 16 Apr 2020, 20:10 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2020, 20:10 WIB
Ilustrasi mesin cuci (iStockphoto)
Ilustrasi mesin cuci (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta- Tetap berada di dalam tempat tinggal atau lingkungan terdekat selama pandemi Virus Corona COVID-19 saat ini adalah hal yang terbaik dilakukan untuk menghindari risiko penularan. 

Situasi pandemi juga membuat banyak orang berusaha mencari solusi inovatif untuk sejumlah pekerjaan rumah mereka, seperti dikutip dari Mentalfloss.com, Kamis (16/4/2020).

Namun bila sesorang sedang tinggal di luar kota dan tidak memiliki perabotan yang cukup, seperti alat pencuci dan pengering mesin pakaian misalnya, membuat mereka harus mengenakan layanan umum agar dapat menggunakan pakaian bersih setiap hari. 

Situs laman Mental Floss membagikan sejumlah tips mereka saat menggunakan mesin cuci umum atau tempat jasa layanan pembersih dan pengering pakaian di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. 

Berikut ini adalah tips saat akan mendatangi hingga menggunakan tempat jasa layanan pembersih dan pengering pakaian di tempat umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


1. Hindari Jam Sibuk dan Bersihkan Mesin Terlebih Dahulu

ilustrasi mesin cuci
ilustrasi mesin cuci (sumber: iStockphoto)

Cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari kontak dengan orang lain adalah dengan menjaga jarak saat berada di tempat-tempat umum. Namun cara itu mungkin sulit untuk dilakukan saat mendatangi tempat layanan laundry, di mana mesin cuci dan pengering ditempatkan berdekatan, atau di ruang cuci apartemen yang mungkin tidak terlalu luas.

Anda dapat menghindari keramaian dengan tidak mendatangi tempat layanan laundry itu pada jam sibuk, atau ketika lebih sedikit orang akan hadir.

Jika Anda tidak yakin kapan waktu di luar jam kerja, cobalah untuk menghubungi pihak layanan laundry.

Saran selanjutnya yaitu dengan menggunakan cairan pembersih atau sanitizer pada mesin cuci dan pengering. 

Pada umumnya, tempat-tempat umum harus dibersihkan oleh para petugas secara teratur, tetapi jika Anda tidak yakin apakah tempat laundry itu memenuhi standar kebersihan saat ini, Anda dapat mengatasinya dengan membersihkan permukaan dan gagang dari mesin dengan lap dan pembersih sebelum menggunakannya. 


2. Gunakan Air Panas dan Rapikan Pakaian di Rumah

Ilustrasi mesin cuci (iStockphoto)
Ilustrasi mesin cuci (iStockphoto)

Air panas adalah salah satu sumber yang baik untuk menghindari virus. Cobalah mencuci pakaian Anda dengan pengaturan air panas bila memungkinkan. 

Selain dapat membunuh kuman, dengan menggunakan air panas saat mencuci pakaian juga akan meminimalkan kuman yang mungkin tersisa dari muatan sebelumnya di dalam mesin cuci. 

Suhu pengering juga dapat membantu membunuh virus atau kuman apa pun yang tersisa, bila suatu saat Anda tidak dapat menggunakan air panas.

Tetapi Anda perlu mencuci tangan juga dengan pembersih, atau membuang sarung tangan setelah memindahkan beban basah dari satu mesin ke mesin lain. Dan cobalah untuk menyimpan pakaian di pengering selama minimal 45 menit.

Saran lainnya adalah pastikan Anda tidak melipat pakaian hasil cucian di tempat layanan laundry itu.

Dengan permukaan meja yang mereka miliki, memungkinkan banyak pengguna lain meletakkan pakaian kering mereka secara rata dan melipatnya, yang bukan merupakan hal yang disarankan untuk situasi saat ini.

Kita tidak dapat memastikan kontaminasi kuman pada permukaan meja tersebut. Maka dari itu, melipat baju hasil cucian Anda di rumah merupakan ide yang terbaik untuk dilakukan saat ini. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya