Korea Utara Mundur dari Olimpiade Tokyo Akibat Pandemi COVID-19

Olimpiade Tokyo saat ini dijadwalkan berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus. Paralimpiade akan menyusul, dari 24 Agustus hingga 5 September.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 06 Apr 2021, 13:02 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2021, 13:02 WIB
Terima Kasih Rio 2016, Sampai Jumpa di Tokyo 2020
Penari membentangkan bendera berlogo Olimpiade Tokyo 2020 saat acara penutupan Olimpiade Rio 2016 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, (22/8/2016). (AFP/Greg Baker)

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara memutuskan untuk keluar dari Olimpiade Tokyo karena kekhawatirannya akan virus Corona COVID-19.

Negara itu mengatakan akan melewatkan Olimpiade musim panas ini untuk "melindungi warganya dari krisis kesehatan masyarakat dunia yang disebabkan oleh Covid-19," menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh media Korut.

Keputusan itu dibuat oleh Komite Olimpiade DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea), yang mengadakan pertemuan konferensi video dengan anggota komite dan pejabat olahraga pada 25 Maret di ibu kota Korea Utara Pyongyang, demikian dikutip dari laman CNN, Selasa (6/4/2021).

Olimpiade Tokyo saat ini dijadwalkan berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus. Paralimpiade akan menyusul, dari 24 Agustus hingga 5 September.

Ini adalah pertama kalinya Korea Utara melewatkan Olimpiade sejak memboikot Olimpiade 1984 di Los Angeles dan Olimpiade 1988 di Seoul.

Pada 2018, para pemimpin dua Korea setuju untuk menjadi tuan rumah bersama Olimpiade pada 2032, tetapi diskusi antar-Korea tentang masalah tersebut berhenti pada 2019.

Korea Utara memutuskan hampir semua hubungannya dengan dunia luar pada tahun 2020 untuk mencegah masuknya kasus virus corona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Klaim Korea Utara Soal Kasus COVID-19

FOTO: Ribuan Orang Hadiri Kongres ke-8 Partai Buruh Korea
Wanita yang mengenakan masker wajah untuk membantu mengekang penyebaran virus corona COVID-19 berparade dengan bendera saat rapat umum menyambut Kongres ke-8 Partai Buruh Korea di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Korea Utara, Senin (12/10/2020). (AP Photo/Jon Chol Jin)

Korea Utara belum melaporkan wabah besar Covid-19, dan tidak ada indikasi telah terjadi, meskipun para ahli meragukan klaim Pyongyang bahwa negara tersebut bebas dari Corona COVID-19.

Diplomat asing dan pekerja bantuan juga telah meninggalkan negara itu secara massal dalam beberapa bulan terakhir, dengan alasan kekurangan barang pokok dan pembatasan ekstrim pada kehidupan sehari-hari, menurut Kedutaan Besar Rusia di Pyongyang.

Olimpiade awalnya dijadwalkan pada tahun 2020, tetapi penyelenggara terpaksa menunda Olimpiade untuk pertama kalinya dalam sejarah acara karena pandemi.

Api Olimpiade sekarang sedang dalam perjalanan ke seluruh negeri, dibawa oleh 10.000 pelari melalui 47 prefektur dalam perjalanan 121 hari dari Fukushima ke Tokyo.

Tetapi dimulainya kembali Olimpiade adalah pilihan yang kontroversial, dengan tantangan logistik yang meningkat dan kekhawatiran tentang pandemi.

Di Jepang, dukungan publik untuk acara tersebut jatuh ke titik terendah sepanjang masa.

Penyelenggara telah mendorong maju, tetapi Olimpiade terlihat sangat berbeda tahun ini dari iterasi sebelumnya.

Bulan lalu, Panitia Penyelenggara Tokyo 2020 mengatakan penonton internasional tidak diizinkan masuk ke Jepang karena prevalensi virus corona di dalam dan luar negeri. Paralimpiade juga menerapkan sistem yang sama, kata panitia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya