450 Konsentrator Oksigen Tambahan dari Jepang untuk Indonesia Perangi COVID-19 Tiba

Dari 2.800 Oxygen Concentrator (konsentrator oksigen) bantuan Jepang untuk Indonesia menghadapi pandemi COVID-19, kini total sudah tiba 950 unit.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 01 Sep 2021, 21:49 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2021, 08:31 WIB
Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)
Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali mendapat tambahan bantuan asing untuk memerangi infeksi Virus Corona COVID-19. Kali ini pemerintah Jepang mengirimkan Oxygen Concentrator (konsentrator oksigen).

"Pada tanggal 1 September, sebanyak 450 Oxygen Concentrator (konsentrator oksigen) yang diberikan oleh Jepang melalui kerja sama dengan United Nations Office for Project Services (UNOPS) telah tiba di Bandara Soekarno Hatta," jelas pihak kedutaan Negeri Sakura di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/9/2021).

Bantuan ini merupakan bagian dari 2.800 Oxygen Concentrator (konsentrator oksigen) yang diadakan dengan menggunakan skema bantuan hibah darurat senilai 5,6 juta dolar (81,4 miliar rupiah) yang telah diumumkan pada 20 Juli yang lalu.

Bersama dengan 500 konsentrator oksigen yang telah diberikan oleh Jepang pada tanggal 29 Agustus lalu, secara total 950 konsentrator oksigen telah tiba di Indonesia.

Bantuan ini untuk mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia yang merupakan mitra strategis bagi Jepang.

Jepang akan terus mendukung upaya Indonesia dalam menekan penularan dan mengatasi pandemi COVID-19.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


India Serah Terima Bantuan 300 Konsentrator Oksigen

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti menyerahkan 100 MT Oksigen Medis Cair (Liquid Medical Oxygen) dan 300 Konsentrator Oksigen (Oxygen Concentrators) kepada Indonesia. (Kedubes India)
Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti menyerahkan 100 MT Oksigen Medis Cair (Liquid Medical Oxygen) dan 300 Konsentrator Oksigen (Oxygen Concentrators) kepada Indonesia. (Kedubes India)

Bantuan dari negara asing untuk Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 --telah tiba lagi. Kali ini dari India.

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti menyerahkan 100 MT Oksigen Medis Cair (Liquid Medical Oxygen) dan 300 Konsentrator Oksigen (Oxygen Concentrators) kepada Indonesia.

"Pengiriman ini telah tiba dari India, sebagai bagian dari bantuan kemanusiaan untuk membantu Indonesia dalam memerangi gelombang kedua pandemi COVID-19," jelas pihak Kedutaan Besar India di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/7/2021).

INS Airavat, Landing Ship Tank (LST) buatan dalam negeri Angkatan Laut India membawa bantuan dari Markas Komando Angkatan Laut Timur India-Visakhapatnam ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan tiba di Indonesia pada 24 Juli 2021. Menteri Luar Negeri India, Dr. S Jaishankar mencatat bahwa India berdiri bersama mitranya dalam memerangi COVID-19.

Dalam sebuah upacara sederhana, Duta Besar menyerahkan bantuan medis tersebut kepada Dr. Eka Jusup Singka, Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI di hadapan para pejabat Kementerian Luar Negeri RI, TNI AL, dan PT Pertamina.

Duta Besar Manoj menyatakan kepuasannya bahwa India dapat membantu sahabat baiknya Indonesia. Ia menegaskan kembali pentingnya persahabatan erat India dengan mitra lama dengan mengulangi kata-kata Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo terhadap India-

"Teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman yang sebenarnya,” kata Dubes Manoj.

Ia pun berharap, bantuan dari India ini dapat berperan dalam penanganan krisis COVID-19 di Indonesia.

Selengkapnya di sini...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya