Mau Mudik Lebaran 2023 Pakai Roof Box, Perhatikan 5 Hal Ini

Mobil pribadi menjadi pilihan menarik untuk alat transportasi mudik Lebaran ke kampung halaman. Hanya saja, tidak semua orang tidak memiliki mobil dengan kapasitas bagasi yang memadai.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 30 Mar 2023, 08:20 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 08:20 WIB
Roof Box
Mau Mudik Lebaran 2023 Pakai Roof Box, Perhatikan 6 Hal Ini (Foto: Mercedes Benz).

Liputan6.com, Jakarta - Mobil pribadi menjadi pilihan menarik untuk alat transportasi mudik Lebaran ke kampung halaman. Hanya saja, tidak semua orang tidak memiliki mobil dengan kapasitas bagasi yang memadai.

 

Salah satu cara termudah untuk menambah kapasitas barang bawaan adalah menyematkan roof box pada atap mobil. Alat bantu ini sering terlihat di jalan raya saat mudik.

Roof box menawarkan solusi praktis untuk membawa barang bawaan ekstra. Namun, Anda harus berhati-hati saat berniat untuk memasang roof box.

Anda harus memasangnya sesuai aturan. Jika dipasangnya asal-asalan, maka alat ini dapat membahayakan keselamatan berkendara.

Dilansir hondaoutsidejava.co.id, berikut beberapa tips memasang roof box agar tetap aman dan nyaman selama mudik Lebaran:

 

1. Pilihlah roof box sesuai kebutuhan

Memasang roof box dengan beban berlebihan dapat memengaruhi keseimbangan mobil. Maka itu, carilah roof box yang terbuat dari bahan ringan, tetapi tidak gampang rusak.

Selain itu, pahami juga posisi memasang roof box ataupun roof rail agar mobil tetap seimbang.

2. Perhatikan cara berkendara

Biar bagaimanapun, roof box beserta isinya tetap akan mengubah titik keseimbangan mobil. Tentunya ketika berkendara perjalanan jauh selama mudik, mobil akan terasa lebih berat dengan begitu mobil jadi lebih sulit dikendalikan.

Untuk itu, diperlukan antisipasi sebelum melakukan perjalanan jauh dengan roof box. Pastikan untuk berkendara dengan hentakan yang halus dan tidak agresif, terutama saat pengereman pastikan tidak mendadak.

3. Hati-hati pada Portal Gerbong Otomatis

Selain menambah beban, dengan adanya roof box juga akan menambah tinggi mobil. Maka dari itu, pastikan agar tetap aman saat melewati Gerbang Tol Otomatis khusus golongan 1 atau portal otomatis lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Memasang Roof Box pada Mobil Kesayangan

Mercedes-AMG Punya Roofbox Minim Hambatan Angin
Mercedes-AMG Punya Roofbox Minim Hambatan Angin (ist)

4. Pastikan ada roof rail di atap mobil

Roof Box tidak dapat dipasang langsung begitu saja pada atap mobil. Jika hanya ditaruh begitu saja malah dapat merusak atap mobil.

Maka dari itu, mobil memerlukan roof rail yang berbentuk seperti rel membujur yang dapat dikaitkan untuk memasang crossbar sehingga dapat digunakan untuk memasang roof box.

5. Perhatikan daya angkut mobil

Supaya kinerja mobil tetap optimal, memperhatikan daya angkut maksimal juga penting. Pada dasarnya roof rack dan roof box bukan komponen utama, melainkan hanya sebuah tambahan.

Tujuanya sendiri untuk menambah tempat penyimpanan sehingga sangat penting untuk memperhatikan bobot barangnya. Jangan sampai mobil mengangkut beban yang berlebihan.

Sumber: Otomotif Liputan6.com

Penulis: Jordy

Infografis FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia Menanti Sanksi? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia Menanti Sanksi? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya