Gaya Mendidik Anak ala Ibu Kate Middleton

Carole Middleton berbagi rahasia mendidik anak-anaknya, termasuk Kate Middleton, terutama saat menjadi ibu bekerja.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 04 Des 2018, 09:45 WIB
Diterbitkan 04 Des 2018, 09:45 WIB
Gaya Mendidik Anak ala Ibu Kate Middleton
Carole Middleton berbagi rahasia mendidik anak-anaknya, termasuk Kate Middleton, terutama saat menjadi ibu bekerja. (dok. Eddie MULHOLLAND / POOL / AFP/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki seorang putri yang digadang-gadang akan menjadi Ratu Inggris masa depan membuat orang penasaran bagaimana sang ibu mendidik Kate Middleton. Bahkan, dua anak Carole Middleton lainnya, Pippa dan James, juga tak kalah suksesnya.

Baru-baru ini, ia berbagi tipsnya untuk mendidik anak dalam wawancara mendalam pertamanya bersama surat kabar Inggris, The Telegraph. "Ini mungkin mengejutkanmu, tapi aku pikir salah satu ciri orangtua yang baik adalah disiplin," kata Carole seperti dilansir People, Senin, 3 Desember 2018.

Ia menjelaskan, disiplin yang dimaksud bukan berarti membatasi. Disiplin yang ia maksud adalah menekankan anak-anak mengikuti rutinitas yang sudah disepakati.

"Mungkin terstruktur adalah kata yang lebih baik. Anda tak bisa tiba-tiba mengajari mereka tentang sopan santun pada usia 13 tahun. Anda harus mengajarinya sejak dini," tutur nenek empat cucu itu.

Berbicara soal ulang tahun ke-30 usahanya, Party Pieces, pebisnis berusia 63 tahun juga membicarakan kenangannya saat membesarkan tiga anak sebagai perempuan bekerja. Ia mengatakan biasanya terlibat langsung dalam mendidik anak dan ia merasa tak melihatnya sebagai sesuatu yang sulit.

"Ketakutan terbesarku (saat melihat anak-anak tumbuh dewasa) adalah aku akan kehilangan keluargaku, tapi nyatanya kami tetap dekat. Beberapa kali mereka menanyakan, 'apakah aku bisa melakukan ini atau itu?' Dan, aku memang tak bisa diam. Mereka suka melihat aku bekerja," kata Carole.

Ia juga menyinggung masa-masa sibuk saat mempersiapkan pernikahan kerajaan, Kate Middleton dan Pangeran William. Menurutnya, ia banyak terlibat dalam persiapan pernikahan Kate dan Pippa, termasuk membahas soal musik untuk pernikahan mereka.

Meski begitu, ia menyatakan hal terpenting yang harus dilakukan orangtua pada saat itu adalah mendengarkan hal-hal yang diinginkan oleh anak-anak. "Kamu bisa saja memiliki banyak ide, tetapi semua itu harus dikembalikan lagi kepada mereka. Dan, aku pun tak ngotot ikut menyusun daftar tamu undangan," ujarnya lagi.

Ia mengatakan seperti kebanyakan ibu, ia tentu saja ingin penampilan yang terbalik, membuat anak-anaknya bangga, dan menikmati waktu pernikahan itu. "Sejujurnya aku tak berpikir aku lebih tertekan dari ibu mempelai lainnya saat itu," kata ibu Kate Middleton.

Saksikan video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya