Top 3 News: Bambu Pethuk Sakti, Hadiah untuk Jokowi

Top 3 News, Jokowi mendapat bambu Pethuk Sakti saat melakukan kunjungan kerja ke Cilacap.

oleh Maria FloraIka DefiantiLizsa EgehamLiputan6.com diperbarui 26 Feb 2019, 07:11 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2019, 07:11 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi bagikan bansos PKH dan BPNT di Kabupaten Cilacap. (foto: dok. Kemensos)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapat bambu Pethuk Sakti dari warga Cilacap. Konon, bambu yang terima mantan Gubernur DKI Jakarta itu bukan bambu sembarangan. 

Menurut mitos Jawa, bambu ini konon kerap menjadi incaran banyak orang karena dipercaya bisa membuat seseorang sakti mandraguna. Bambu tersebut konon bisa mengundang rezeki dan penglaris. 

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Kota Bogor, Jokowi menceritakan pengalamannya saat bekerja di Aceh selama 3 tahun. Dia pun menyinggung betapa pentingnya peran Ibu Iriana dalam perkembangan kariernya. 

Karena itulah, Jokowi ingin ada sejumlah program untuk para wanita dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Salah satunya seperti program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Di Surabaya, ratusan amunisi senjata api dari berbagai jenis ditemukan dalam tumpukan baju di dalam koper milik seorang penumpang pesawat China Airlines CI-751.

Kecurigaan petugas berawal saat koper yang dibawa SP melewati mesin deteksi di Bandara Juanda Surabaya. Benda mencurigakan berbalut isolasi warna putih ditempatkan di antara tumpukan baju di dalam koper.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 25 Februari 2019:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Jokowi Dapat Bambu Pethuk Sakti dari Warga Cilacap

Presiden Jokowi dapat bambu pethuk sakti dari warga Cilacap. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Presiden Jokowi dapat bambu pethuk sakti dari warga Cilacap. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapat Bambu Pethuk Sakti saat melakukan kunjungan kerja ke Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu membawa Bambu Pethuk Sakti ke atas podium dan ditunjukkan kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Ternyata, bambu itu bukanlah sembarang bambu.

Bambu yang diberikan kepada Jokowi dikenal warga setempat sebagai pring phetuk. Bambu seperti ini langka, karena yang batang buku atau ruasnya menghadap satu sama lain. Oleh karena itu, benda ini dianggap sakti dan bisa membuat kaya.

 

Selengkapnya...


2. Jokowi Ceritakan Pentingnya Istri dalam Perjalanan Karier

Pidato Jokowi di Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju
Capres nomor urut 01 Joko Widodo memberi sambutan pada acara Konvensi Rakyat di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2). Konvensi Rakyat mengangkat optimis Indonesia maju. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi sempat menceritkan mengenai peran istri dalam perjalanan kariernya. Apalagi ketika pengalaman pertamanya bekerja di Aceh selama 3 tahun.

"Pengalaman saya di Aceh menunjukkan pentingnya peranan istri dalam meniti karier saya," kata Jokowi di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Minggu (24/2/2019).

Karena hal itu, dia mendorong adanya sejumlah program untuk para wanita dalam meningkatkan perekonomian keluarga, seperti halnya program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Jokowi menyebut dalam program itu perempuan prasejahtera mendapatkan modal usaha. 

 

Selengkapnya...


3. Penumpang Pesawat di Jatim Kedapatan Bawa Ratusan Amunisi Senjata Api

Ilustrasi peluru (AFP)
Ilustrasi peluru (AFP)

Seorang penumpang pesawat terbang diamankan saat turun di Bandar Udara Internasioal Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, sejak Sabtu, 23 Februari 2019 hingga Minggu malam, 24 Februari 2019. Dia diketahui membawa ratusan amunisi senjata api berbagai jenis.

Petugas menemukan lima bungkus benda mencurigakan berbalut isolasi warna putih yang ditempatkan di antara tumpukan baju di dalam koper.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, lima bungkus berbalut isolasi warna putih itu setelah dibongkar berisi total 400 butir proyektil senjata api berbagai jenis.

 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya