Wah, Bakal Ada Acara Besar di Puncak Bogor Saat Malam Tahun Baru

Menyemarakkan malam pergantian tahun 2022/2023, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia akan menggelar Puncak Fest di kawasan Puncak, Bogor.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 09 Okt 2022, 03:23 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2022, 03:23 WIB
Destinasi Wisata Puncak Bogor
Little Venice / Sumber: upload.wikimedia.org

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor akan menggelar Puncak Fest di kawasan Puncak, Bogor untuk menyemarakkan malam pergantian tahun 2022/2023.

Ada beragam acara yang akan digelar pada 31 Desember 2022 - 1 Januari 2023. Mulai dari panggung hiburan di lima titik lokasi, pawai mobil hias, bazar UMKM hingga pentas seni dan budaya.

Ketua Penyelenggara Puncak Fest, Boboy Ruswanto mengatakan bertepatan dengan momentum malam tahun baru, PHRI bekerjasama dengan sejumlah komunitas di Kabupaten Bogor akan menggelar Puncak Fest uyang untuk kali pertama berlangsung di kawasan Puncak Bogor.

"Kami menyelenggarakan event ini dengan memanfaatkan penutupan jalur Puncak dari pukul 18.00 Desember 2022 hingga 06.00 WIB, 1 Januari 2023," kata Boboy, Sabtu (8/10/2022).

Ia menerangkan, akan ada karnaval sepanjang 23 km mulai dari Gadog sampai dengan kawasan Gunung Mas. Kemudian cultural showcase, sebuah pertunjukan yang menampilkan beragam kebudayaan dan kesenian dari masyarakat Bogor khususnya Puncak.

Kemudian di sepanjang jalur Puncak akan ada lima panggung utama, 20 panggung pendukung serta 100 booth UMKM serta kuliner. Rencananya, di setiap panggung utama akan diadakan pesta kembang api saat detik-detik pergantian tahun.

"Namun khusus panggung utama dan pendukung, lokasinya berjarak 1,5-2 km dari jalan utama," jelas Bobby. 

Selanjutnya, acara akan ditutup dengan kegiatan bagi-bagi bunga untuk para pengunjung atau wisatawan saat mereka meninggalkan Puncak. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk terima kasih atas kunjungan mereka ke kawasan berhawa sejuk ini.

 


Kunjungan Wisatawan Bisa Meningkat

Libur Panjang Akhir Pekan, Warga Berwisata di Kawasan Kebun Teh Puncak
Pasangan muda mudi berfoto di kawasan wisata Kebun teh Puncak Kabupaten Bogor Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). Libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dimanfaatkan warga untuk mengunjungi lokasi-lokasi wiisata. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Guna mendukung acara tersebut, Bobby mengatakan pihaknya melibatkan banyak komunitas. Seperti komunitas seni budaya, komunitas olahraga, adventure/outdoor activity, dan pelaku UMKM.

"Dan event ini tentunya sudah mendapat dukungan dari Pemkab Bogor dan kepolisian serta TNI," ujar Sekjen PHRI Kabupaten Bogor ini.

Ketua BPC-PHRI Kabupaten Bogor, Juju Djunaedi menambahkan Puncak Fest diharapkan bisa meningkatan kunjungan wisatawan ke Puncak. Dengan begitu, dampak ekonomi akan dirasakan oleh pelaku UMKM, jasa perhotelan, dan restoran.

Sebab, semenjak pandemi Covid-19 sampai sekarang, perekonomian di sektor pariwisata di Kabupaten Bogor belum benar-benar normal.

"Tentunya kami berharap event Puncak Fest bisa mendongkrak kunjungan wisatawan dari Jabodetabek dan meningkatkan ekonomi di Kabupaten Bogor," kata dia. 


30 Wisata di Puncak Bogor Paling Populer

FOTO: Memacu Adrenalin Naik Paralayang di Puncak Bogor
Seorang paraglider bersiap untuk lepas landas dari lereng bukit di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/12/2021). Destinasi wisata alam Bukit Paralayang Puncak Bogor sangat cocok untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan bersama keluarga, sahabat maupun pasangan tercinta. (Goh Chai Hin/AFP)

Diketahui, begitu banyak pilihan wisata di Puncak Bogor yang bisa dikunjungi dan akan membuat Anda tidak bosan untuk menghabiskan waktu liburan ke sana.

Selain itu, berlibur ke Puncak Bogor menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, rekomendasi tempat wisata di Puncak Bogor paling popular, lengkap dengan harga tiket masuknya, Kamis, 29 September 2022:

1. Kebun Raya Cibodas

Wisata di Puncak Bogor yang pertama adalah Kebun Raya Cibodas, atraksi paling menarik di sini adalah taman bunga Sakura. Karena iklimnya yang dingin, anda akan dapat melihat bunga sakura berwarna merah muda dan putih di ladang hijau Taman Sakura.

Biaya masuk: Rp 9.000.

 

2. Little Venice Puncak

Little Venice adalah sebuah danau buatan yang didesain semirip mungkin dengan arsitektur dan struktur alam di Venesia, Italia. Di sini, anda dapat mencoba berbagai wahana yang tersedia, mulai dari sepeda kecil untuk anak-anak hingga gondola yang dapat anda dayung sendiri. Jika tidak, nikmati saja pemandangan saat staf gondola mendayung gondola.

Biaya masuk: Rp. 25.000

 

3. Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor memiliki beberapa taman yang terinspirasi dari berbagai tempat di dunia, seperti Prancis, Mediterania, Jepang dan keindahan lokal, Taman Bali. Namun, daya tarik utama dari tempat ini adalah Labirin Rahasia. Terinspirasi oleh konsep Taman Labirin dan Tembok Troy yang ada berabad-abad yang lalu, Labirin Rahasia menyajikan jalan berliku tanpa akhir yang mengarah ke istana atau tempat magis yang istimewa.

Biaya masuk: Rp. 20.000

 

4. Peternakan Rusa

Didirikan pada tahun 1993, peternakan rusa seluas 5 hektar ini akan memberi anda pengalaman tidak terlupakan. Terletak di desa Buana Jaya, terdapat berbagai jenis rusa di sini, dari Rusa Cheetal, Rusa Bawean dan Rusa Jawa. Disini pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan dan bermain dengan rusa, dan juga mengambil beberapa gambar.

Biaya masuk: Rp. 15.000

 

5. Gunung Batu Jonggol

Di ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut, Gunung Batu Jonggol menawarkan pengalaman mendaki yang cukup ringan untuk pemula. Meskipun perjalanannya tidak terlalu menantang, pemandangan di atas sangatlah memukau, mengingat anda dapat meilihat keindahan kawasan Jonggol dan Gunung Gede Pangrango dari kejauhan.

Biaya masuk: Rp. 15.000

 

6. Gunung Munara Rumpin

Gunung Munara Rumpin memiliki ketinggian 1.119 meter di atas permukaan laut, anda membutuhkan waktu hampir sehari untuk mencapai puncak Munara Rumpin. Jika anda tidak membawa cukup barang untuk membuat anda tetap berenergi, jangan khawatir. Dalam perjalanan, anda akan menemukan kios yang menjual minuman, makanan, dan barang-barang lainnya.

Biaya masuk: Rp. 5.000

 

7. Lake Quarry

Wisata di Puncak Bogor yang selanjutnya adalah Lake Quarry. Lake Quarry merupakan tempat baru yang wajib dikunjungi di Bogor bagi setiap pecinta alam. Perpaduan langit biru, lanskap hijau yang tinggi, dan air yang jernih akan memberi anda pemandangan yang tidak terlupakan.

Biaya masuk: Rp. 2.000

 

8. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Terletak di Gunung Ciseeng yang jarang dijelajahi, Pemandian Air Panas Gunung Peyek menawarkan ketenangan dengan obat jiwa dan raga. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, air hangat pasti akan menghilangkan stres anda sementara formasi kolam yang unik akan membuat anda kagum pada hadiah alam.

Biaya masuk: Gratis.

 

9. Cimory Riverside

Cimory Riverside merupakan restoran yang tidak hanya menyajikan makanan lezat, tetapi juga pemandangan indah yang bisa anda nikmati saat anda menyantap makanan yang disediakan. Dengan cuaca yang sejuk, pemandangan sungai dan makanan yang enak, ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan hang out

Biaya masuk: Gratis.

 

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19
Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya