KPK: 14 Tahun Dinas Harta Reihana Cuma Rp2 Miliar, yang Bener Saja

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai tidak wajar harta milik Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana hanya Rp 2 miliar. Terlebih, sudah 14 tahun bekerja.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 10 Mei 2023, 11:23 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 11:22 WIB
Koleksi Tas Mewah Kadinkes Lampung yang Suka Flexing di Medsos
Selain Hermes, Simak 5 Koleksi Tas Mewah Kadinkes Lampung Reihana yang Suka Flexing di Medsos.  foto: Twitter @wisanggeni___  

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai tidak wajar harta milik Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana hanya Rp 2 miliar. Terlebih, sudah 14 tahun bekerja.

"14 tahun jadi dinas masa hartanya cuman 2 miliar. Yang bener-bener aja," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, Rabu (10/5/2023).

Menurutnya, selama bekerja atau menjadi Dewan Pengawas tidak mungkin hanya memiliki harta kekayaan Rp 2 miliar saja.

"Kan kalau dikumpulin dia jadi Dewan Pengawas di dua tempat. Pokoknya pendapatannya harusnya enggak segitu," ungkapnya.

"Dewan Pengawas RSUD sama apa satu lagi lupa," pungkasnya.

 

KPK juga akan kembali memanggil Reihana untuk  klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang rupanya dibuat oleh stafnya.

"Minggu depan Reihana kita panggil lagi, karena yang kemarin dia ternyata LHKPN-nya dibikin sama stafnya. Makanya 5 tahun jumlahnya enggak berubah, dia enggak tahu," kata Pahala.

"Makanya kita panggil lagi, karena dia juga enggak meyakini angkanya," tambahnya.

Selain itu, beberapa rekening bank milik Reihana juga disebutnya tidak dilaporkan. "Kedua, beberapa rekening bank tidak dilaporkan. Nah, baru kemarin kita dapat rekening banknya kita lihat isinya dan kita putuskan minggu depan kita panggil," ujarnya.

Pahala mengatakan, sebelumnya KPK juga sudah memeriksa soal harta kekayaannya. Namun, KPK tak menemukan jawaban lantaran yang mengisi LHKPN adalah stafnya.

"Ya hartanya ditanya. Ternyata dia jawab lain. Karena yang mengisi kan stafnya," tegasnya.

"Belum tahu. Nyocokin sama dia dong," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diperiksa KPK

Kadinkes Provinsi Lampung Reihana
Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengakui obat gagal ginjal akut progresif atipikal ini memang sudah ada.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya yang dianggap tak wajar.

Dengan gaya hijab ala selebritas Syahrini, Reihana tiba di markas antirasuah sekitar pukul 08.20 WIB. Dia terlihat mengenakan kemeja putih dengan bawahan berkelir hitam.

Reihana yang membawa tas di lengannya ini sempat mengatakan dirinya dalam keadaan baik-baik saja dan siap menjalani pemeriksaan.

"Sehat," ucap dia seraya masuk ke dalam lobi markas antirasuah, Senin (8/5).

Reihana langsung menuju meja registrasi dan menunggu di kursi yang telah disediakan di lobi gedung KPK. Dia terlihat menutupi wajahnya dengan majalah saat menunggu panggilan pemeriksaan.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya