Lanud Halim Jadi Bandara Haji Belum Final

Rencana tersebut masih dalam proses koordinasi dan pematangan antara pihak TNI AU, Pemprov DKI, dan Kementerian Agama (Kemenag).

oleh Luqman Rimadi diperbarui 10 Sep 2013, 15:34 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2013, 15:34 WIB
halim30409b.jpg
Komandan Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma Marsma TNI Sri Pulung D menyatakan, pemberlakuan Lanud Halim PK sebagai bandara pemberangkatan jamaah haji Jakarta dan Bekasi belum final. Rencana tersebut masih dalam proses koordinasi dan pematangan antara pihak TNI AU, Pemprov DKI, dan Kementerian Agama (Kemenag).

"Ini masih harus dipersiapkan, kita harus koordinasi dengan komando koperasi, Kepala Staf AU. Jadi belum final, baru ide pemda dan pusat, kami dari Halim masih dalam pembicaraan awal," ujar Sri di Terminal Selatan Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (10/9/2013).

Namun ia beranggapan, bila Lanud Halim dijadikan lokasi pemberangkatan calon Jamaah Haji maka dapat mengurangi beban lalulintas udara di Bandara Soekarno-Hatta, yang mempunyai akitvitas jauh lebih sibuk dibanding Halim Perdana Kusuma.

"Kalau memang rencana ini jadi dilakukan, bisa mengurangi beban Soekarno-Hatta, karena membagi kegiatan penerbangan di sana ke sini."

Menurut Sri, pihaknya mengaku mendukung rencana tersebut bila pemberlakuan Lanud Halim sebagai bagian dari kepentingan nasional.

"Bila sudah disepakati, nanti akan dituangkan dalam bentuk MoU. Selama itu untuk kepentingan nasional nggak apa-apa, kami mendukung," tukas Sri. (Mut/Ism)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya