Rayakan Idul Adha 2024, Sinar Mas Berbagi Ratusan Hewan Kurban di Berbagai Kota

APP Group, tercatat menyalurkan sebanyak 63 dan 361 ekor sapi serta kambing yang tersebar di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten berikut Jawa Timur.

oleh Arthur Gideon diperbarui 25 Jun 2024, 09:52 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2024, 16:20 WIB
Satu dari 361 ekor sapi yang didonasikan APP Group ke masyarakat, melalui sejumlah pabriknya. Tampak penyerahan yang dilakukan perwakilan PT Indah Kiat Pulp & Paper Perawang Mill, Riau. (Dok Sinar Mas)
Satu dari 361 ekor sapi yang didonasikan APP Group ke masyarakat, melalui sejumlah pabriknya. Tampak penyerahan yang dilakukan perwakilan PT Indah Kiat Pulp & Paper Perawang Mill, Riau. (Dok Sinar Mas)

Liputan6.com, Jakarta - Niatan berbagi dengan masyarakat sekitar melatari penyerahan daging kurban oleh Sinar Mas Group kepada masyarakat dalam Hari Raya Iduladha tahun ini.

Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin menjelaskan, Sinar Mas melalui berbagai lini usaha melakukan donasi hewan kurban dalam perayaan Iduladha 2024. Gerakan ini merupakan inisiatif dari berbagai pilar usaha Sinar Mas yang tersebar di berbagai kota.

“Bantuan hewan kurban adalah sebagian dari upaya kami dalam menjalankan syariah sembari sembari berbagi dan memelihara ukhuwah dengan saudara-saudara di sekitar kami,” kata Saleh Husin dalam keterangan tertulis, Senin (24/6/2024).

Saleh yang juga menjabat selaku Managing Director Sinar Mas, mengapresiasi inisiatif yang datang dari berbagai perusahaan maupun lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Sinar Mas.

“Karena selain peduli dan berbagi, hal ini juga bermanfaat guna menjalin hubungan yang lebih harmonis dengan berbagai kalangan. Sebagaimana misi YMSM dalam mendorong silaturahim sekaligus sinergi bersama sosok maupun lembaga keagamaan, melalui beragam inisiatif sosial keagamaan,” ujarnya.

PT Nanobank Syariah melakukannya dengan menggandeng lembaga pengelola zakat di bawah naungan PB Nahdlatul Ulama dan PP Muhammadiyah.

"Semoga kegiatan kita dapat membawa manfaat bersama dan menjadi awal silaturahmi yang baik antara kami dengan LAZISNU selaku mitra," kata Direktur Bisnis Nanobank Syariah, Uzan Tedjamulia saat menyerahkan sapi kurban di kantor Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Jakarta, pada Jumat 14 Juni 2024.

Sehari sebelumnya berlangsung pula donasi kepada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) di Aula Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah, Jakarta.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sinar Mas Land dan Smartfren Telecom

Di BSD City, Tangerang Selatan, daging kurban dikemas dalam besek bambu sesuai program „Kurban Berkah Tanpa Sampah Plastik‟. (Dok Sinar Mas)
Di BSD City, Tangerang Selatan, daging kurban dikemas dalam besek bambu sesuai program „Kurban Berkah Tanpa Sampah Plastik‟. (Dok Sinar Mas)

Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land, tahun ini mendedikasikan hampir 500 hewan kurban, bagi masyarakat sekitar area kelolaan mereka, mulai dari kawasan Jabodetabek seperti Tangerang Selatan, Bekasi, Cibubur, Cikarang, hingga Karawang, Surabaya dan Balikpapan. Di BSD City kegiatan berpadupadan dengan upaya pengurangan sampah plastik

lewat program „Kurban Berkah Tanpa Sampah Plastik‟, di mana daging kurban dikemas dalam besek bambu yang lebih ramah lingkungan, karena mudah terurai.

Langkah serupa ditempuh PT Smartfren Telecom Tbk. dengan menjangkau warga yang bermukim di sekitar kantor mereka. Hal yang menurut President Director Smartfren, Merza Fachys, Sabtu (15/6) diniatkan untuk berbagi sekaligus menjalin silaturahmi yang lebih erat antara manajemen dan warga sekitar.

Sementara Bank Sinarmas dan PT Asuransi Sinar Mas Syariah melakukannya bersama beberapa perusahaan lain, dengan bergabung dalam penyaluran hewan kurban lewat program MNC Peduli.

 


63 Sapi dan 361 Kambing

Kepala Sekolah SD Eka Tjipta Kenanga, Anang Prasetyo, bersama para guru dan siswanya, turut berkurban, dengan membagikannya kepada warga sekitar sekolah mereka di Ketapang, Kalimantan Barat. (Dok Sinar Mas)
Kepala Sekolah SD Eka Tjipta Kenanga, Anang Prasetyo, bersama para guru dan siswanya, turut berkurban, dengan membagikannya kepada warga sekitar sekolah mereka di Ketapang, Kalimantan Barat. (Dok Sinar Mas)

Sementara APP Group, tercatat menyalurkan sebanyak 63 dan 361 ekor sapi serta kambing yang tersebar di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten berikut Jawa Timur.

Dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, penyerahan hewan kurban yang dilakukan PT Berau Coal melibatkan juga para mitranya, hingga sedari Kamis (13/6) hingga akhir pekan telah menyalurkan 160 ekor sapi dan 72 ekor kambing bagi warga yang tinggal di sekitar lingkar tambang.

Tak hanya berlangsung dalam lingkup pilar bisnis, sekolah kelolaan Eka Tjipta Foundation (ETF) yang berada di sentra perkebunan kelapa sawit naungan Sinar Mas Agribusiness & Food juga tak ketinggalan berbagi dengan sesama saat perayaan Iduladha, seperti sebagian tampak dari aktivitas penyembelihan hewan dan pembagian daging yang melibatkan para guru serta siswa di SD Eka Tjipta Rungau, SD Eka Tjipta Bukit Tiga, dan SD Eka Tjipta Terawan, Seruyan, Kalimantan Tengah, serta rekan mereka di SD Eka Tjipta Kenanga, Ketapang, Kalimantan Barat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya