Jungkook dan Jimin Catat Sejarah Baru untuk BTS

Dengan catatan enam lagu BTS ditambah dengan capaian idol Kpop Jimin dan Jungkook, BTS pun bergabung dengan The Beatles, The Black Eyed Peas, Destiny's Child, dan Genesis sebagai satu-satunya grup yang menjadi No.1 Billboard Hot 100.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 25 Jul 2023, 15:31 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 15:17 WIB
Jungkook BTS
"Cuaca di negara bagian (AS) itu cukup dingin, tapi airnya cukup hangat, jadi saya baik-baik saja," ujar personel BTS itu. (Foto: Facebook/ bangtan.official)

Liputan6.com, Yogyakarta - Lagu 'Seven' milik Jungkook telah rilis pada 14 Juli lalu. Berkolaborasi dengan rapper asal Amerika Serikat Latto, lagu ini berhasil memuncaki beberapa tangga lagu bergengsi, salah satunya Billboard Hot 100.

Seven berhasil berada di No.1 tangga lagu Billboard Hot 100 minggu ini. Capaian ini sekaligus membuat Latto mendapatkan puncak Billboard Hot 100 No.1 pertamanya.

Jungkook pun menjadi penyanyi solo Korea Selatan kedua yang menduduki puncak Billboard Hot 100. Sebelumnya, rekan satu grupnya di BTS, Jimin, telah berhasil menduduki puncak Billboard Hot 100 dengan lagu 'Like Crazy'.

Mengutip dari Billboard, tangga lagu Billboard Hot 100 memadukan streaming di Amerika Serikat untuk semua genre, baik audio resmi maupun video resmi. Selain itu, chart ini juga menghitung pemutaran radio (radio airplay) dan data penjualan serta metrik terbaru yang mencerminkan pembelian single fisik (physical singles) serta trek digital (digital track) dari full-service digital music retailers. Sementara penjualan single digital dari situs direct-to-consumer (D2C) akan dikecualikan dari perhitungan grafik.

Adapun 'Seven' melonjak di No. 1 Billboard Hot 100 dengan 21,9 juta streaming, 6,4 juta airplay audience, dan 153 ribu gabungan digital dan CD single terjual sejak perilisannya 14 Juli hingga 20 Juli.

Lagu ini juga berhasil debut di No.2 chart Digital Song Sales serta No.4 di Streaming Songs. Sementara di bawah penghitungan Radio Songs semua format, lagu ini debut di No.30 di Adult Pop Airplay dan No.33 di Pop Airplay.

Pada 2022, Jungkook pernah menduduki No.22 Billboard Hot 100 dengan lagu kolaborasi bersama Charlie Puth, 'Left and Right'. Selain itu lagu 'Stay Alive' miliknya yang diproduseri Suga juga menduduki tangga lagu tersebut di No.95.

Sementara itu, bersama BTS, sebanyak enam lagu telah berhasil menduduki No.1 Billboard Hot 100, yaitu Dynamite, Life Goes On, Savage Love (Laxed-Siren Beat) with Jawsh 685 and Jason Derulo (BTS Remix), Butter, My Universe (feat. Coldplay), dan Permission to Dance (ditulis bersama Ed Sheeran).

Dengan catatan enam lagu BTS ditambah dengan capaian idol Kpop Jimin dan Jungkook, BTS pun bergabung dengan The Beatles, The Black Eyed Peas, Destiny's Child, dan Genesis sebagai satu-satunya grup dengan pemimpin dan banyak anggota dengan No.1 Billboard Hot 100.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya