Pulihkan Ekonomi Pasca-COVID-19, UEA Tawarkan Kewarganegaraan bagi WNA

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) tengah menawarkan kewarganegaraan bagi warga asing guna memulihkan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 31 Jan 2021, 11:04 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2021, 11:04 WIB
Ilustrasi Uni Emirat Arab (UEA).
Ilustrasi Uni Emirat Arab (UEA). (Foto: AP / Kamran Jebreili)

Liputan6.com, Dubai - Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (30/1) mengumumkan rencana pemberian kewarganegaraan kepada beberapa orang asing sebagai bagian dari upaya untuk memulihkan ekonominya di tengah pandemi virus corona. Ini adalah langkah langka untuk negara Teluk, di mana status dan tunjangan kesejahteraannya dijaga ketat.

Melansir Channel News Asia, Minggu (31/1/2021), UEA sebelumnya memberikan kewarganegaraan kepada orang-orang Palestina dan orang lain yang membantu membentuk pemerintahan negara itu setelah pembentukannya pada tahun 1971. Sementara itu, yang lain telah menerimanya dari waktu ke waktu.

Pengumuman tersebut dibuat oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, pemimpin Dubai yang juga menjabat sebagai perdana menteri dan wakil presiden negara otokratis, mengatakan "investor, bakat khusus dan profesional termasuk ilmuwan, dokter, insinyur, seniman, penulis dan keluarga mereka" akan memenuhi syarat untuk naturalisasi di bawah amandemen baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Pemberian Kewarganegaraan

Uni Emirat Arab (UEA) telah merilis izin operasi untuk reaktor nuklir pertamanya, yang diberi nama Barakah. (Foto: Emirates Nuclear Energy Corporation)
Uni Emirat Arab (UEA) telah merilis izin operasi untuk reaktor nuklir pertamanya, yang diberi nama Barakah. (Foto: Emirates Nuclear Energy Corporation)

Sheikh Mohammed menulis di Twitter bahwa aturan turun-temurun di negara dan di tingkat federal akan mencalonkan mereka untuk memberikan kewarganegaraan. Mereka yang diberikan kewarganegaraan juga akan dapat mempertahankan kewarganegaraan awal mereka.

Masih belum jelas apakah kewarganegaraan yang diberikan juga akan memberikan hak atas program sosial UEA untuk rakyatnya.

Pemerintah UEA mengatakan amandemen undang-undang kewarganegaraan "bertujuan untuk menghargai bakat dan kompetensi yang ada di UEA dan menarik lebih banyak pikiran cerdas ke komunitas Emirat".

Warga negara merupakan minoritas kecil dari populasi UEA, yang memiliki angkatan kerja migran yang besar, sebagian besar dari Asia Selatan, beberapa di antaranya adalah penduduk generasi kedua atau ketiga.

UEA juga memiliki komunitas ekspatriat kaya yang berkembang yang tertarik oleh rezim pajak rendah dan megaproyek mewah serta tempat-tempat wisata di emirat yang lebih besar.

Negara-negara minyak kaya di Teluk telah lama menjamin warganya dengan standar hidup yang tinggi melalui pekerjaan yang dipesan dan sistem kesejahteraan.

Untuk melindunginya, mereka jarang mengizinkan naturalisasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya