Markas Pasukan Rusia Bocor di Media Sosial, Ukraina Kirim Roket

Markas pasukan militer Wagner dari Rusia terkuak secara tak sengaja. Ukraina langsung kirim roket.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 16 Agu 2022, 13:19 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2022, 08:31 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam kunjungan ke garis depan wilayah Odesa dan Mykolaiv.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam kunjungan ke garis depan wilayah Odesa dan Mykolaiv.  Dok: Situs resmi Presiden Ukraina.

Liputan6.com, Luhansk - Roket Ukraina menghancurkan markas dari pasukan paramiliter Rusia bernama Wagner. Lokasi markas Wagner terkuak secara tidak sengaja di media sosial.

Menurut laporan BBC, Selasa (16/8/2022), Wagner adalah sebuah PMC (private military company) yang bertindak sesuai kepentingan Rusia. Wagner pernah juga dikirim ke Suriah, Libya, dan Mali. Pihak Rusia membantah eksistensi grup tersebut.

Di tengah perang Ukraina-Rusia, pasukan Wagner di Popasna, Luhansk. Lokasinya tersebar ketika jurnalis pro-Rusia menyebar foto lima tentara di depan markasnya, namun di sisi foto ada alamat yang terlihat.

Lokasi Popasna berada di selatan Severodonetsk di Luhansk. Daerah itu kini diduduki Rusia. Meski foto yang tersebar sudah dihapus, salinannya terlanjur tersebar luas.

Gubernur Luhansk, Serhiy Hayday, berkata lokasi markas Wagner memang terkuak gara-gara foto tersebut. Hayday berkata jumlah korban tewas masih dicari tahu.

Putin's Chef

Jurnalis pro-Rusia bernama Kotenok menulis di Telegram bahwa serangan memang dilancarkan ke lokasi Wagner di Popasna. Ia menduga bahwa Ukraina menggunakan HIMARS (High Mobility Artillery Rocket System) dari Amerika Serikat.

Grup Wagner itu terkait dengan sosok bernama Yevgeny Prigozhin yang dijuluki sebagai "Putin's Chef" sebab ia mendukung Putin dan militer melalui bisnis katering miliknya. Ada kabar ia tewas dalam serangan Ukraina ini, namun belum ada bukti.

Yevgeny Prigozhin juga kena sanksi AS. Pria kelahiran 1961 itu juga sedang dicari-cari oleh FBI karena kasus terkait Federal Election Commission.

Data FBI menyebut Prigozhin punya koneksi ke Indonesia dan Qatar. Ia juga pendiri dari Internet Resesarch Agency (IRA). FBI menyediakan hadiah hingga US$ 250 ribu bagi yang punya informasi tentang Prigozhin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rusia Pertimbangkan Putus Hubungan dengan Amerika Serikat, Imbas Perang Ukraina

FOTO: Tanda Perdamaian Raksasa dari Belgia untuk Perang di Ukraina. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)
Orang-orang berdiri sekitar tanda perdamaian raksasa dengan pesan 'Hentikan Minyak Putin' jelang KTT Uni Eropa dan NATO di Brussels, Belgia, 22 Maret 2022. Pengunjuk rasa meminta para pemimpin Uni Eropa memberlakukan larangan penuh terhadap bahan bakar Rusia. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Sebelumnya dilaporkan, Kementerian Luar Negeri Rusia mempertimbangkan untuk memutus hubungan bilateral dengan Amerika Serikat jika Negeri Paman Sam terus menetapkan sanksi dan menyita aset-aset Moskow.

Penyitaan aset Rusia oleh Amerika Serikat akan menghancurkan hubungan bilateral Moskow dengan Washington, kantor berita negara Rusia TASS mengutip seorang kepala departemen kementerian luar negeri Rusia mengatakan, dikutip dari MSN News, Minggu (14/8).

Itu terjadi ketika para pejabat tinggi Barat telah menyarankan untuk menyita cadangan Rusia yang dibekukan untuk membantu mendanai rekonstruksi Ukraina di masa depan.

"Kami memperingatkan Amerika tentang konsekuensi merugikan dari tindakan semacam itu yang akan secara permanen merusak hubungan bilateral, yang tidak ada dalam kepentingan mereka - atau untuk kepentingan kami," kata Alexander Darchiev, kepala departemen Kementerian Amerika Utara. Tidak jelas aset mana yang dia maksud.

Sementara itu, Darchiev mengatakan keterlibatan Washington di Ukraina telah meningkat ke tingkat bahwa "orang Amerika semakin menjadi pihak langsung dalam konflik."

Dia juga mengatakan bahwa, jika AS memilih Rusia sebagai "sponsor negara terorisme," hubungan dengan Washington akan melewati titik tidak bisa kembali.

Dua senator AS yang berusaha meloloskan undang-undang yang menunjuk Rusia seperti itu mengunjungi Kyiv bulan lalu untuk membahas RUU itu dengan Presiden Volodymyr Zelensky

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Menhan Inggris Sebut Rusia Semakin Sulit untuk Menduduki Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Mikhail Klimentyev/Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Mikhail Klimentyev/Pool Photo via AP)

Menteri Pertahanan Inggris mengatakan bahwa Rusia sekarang tidak mungkin berhasil menduduki Ukraina.

Menhan Ben Wallace mengatakan bahwa invasi Rusia ke Ukraina telah "goyah" dan "mulai gagal", ketika ia menjanjikan lebih banyak dukungan keuangan dan militer untuk pertahanan negara Eropa timur itu, demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (12/8).

Denmark bergabung dengan Inggris dalam menawarkan lebih banyak bantuan ke Ukraina pada sebuah konferensi di Kopenhagen pada hari Kamis, yang diselenggarakan bersama oleh Wallace.

Menteri Pertahanan mengatakan penting untuk memahami bahwa pertempuran dan hilangnya nyawa masih terjadi, tetapi menambahkan Rusia "mulai gagal di banyak bidang".

Dia menambahkan: "Mereka telah gagal sejauh ini dan tidak mungkin pernah berhasil menduduki Ukraina.

"Invasi mereka telah goyah dan terus-menerus dimodifikasi ulang sejauh mereka benar-benar hanya berfokus di bagian selatan dan di timur, sangat jauh dari apa yang disebut operasi khusus tiga hari mereka.

"Tiga hari sekarang lebih dari 150 hari dan hampir enam bulan, dengan kerugian besar yang signifikan dari kedua peralatan dan memang personel Rusia."

Menteri Pertahanan juga mengatakan: "Presiden Putin akan berjudi pada Agustus, datang beberapa bulan, kita semua akan bosan dengan konflik dan komunitas internasional akan pergi ke arah yang berbeda. Nah, hari ini adalah bukti sebaliknya.

"Kami telah keluar dari pertemuan ini dengan lebih banyak janji keuangan, lebih banyak janji pelatihan dan lebih banyak janji bantuan militer, semuanya dirancang untuk membantu Ukraina menang, untuk membantu Ukraina membela kedaulatannya dan memang untuk memastikan bahwa ambisi Presiden Putin gagal di Ukraina sebagaimana mestinya."


Stok Menipis

FOTO: Rusia - Ukraina Memanas, Emmanuel Macron Temui Vladimir Putin di Moskow (SPUTNIK/AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Moskow, Rusia, 7 Februari 2022. Vladimir Putin dan Emmanuel Macron berupaya menemukan titik temu atas Ukraina dan NATO di tengah kekhawatiran Rusia sedang mempersiapkan invasi ke Ukraina. (SPUTNIK/AFP)

Wallace mengatakan sekutu harus segera mulai membeli senjata dari negara lain atau "memesan di pabrik untuk meningkatkan pasokan amunisi ke Ukraina" karena stok cadangan mereka sendiri habis.

Kementerian Pertahanan sebelumnya mengkonfirmasi akan mengirim lebih banyak senjata ke Ukraina untuk membantunya bertahan dari invasi Rusia.

Ini termasuk sistem roket multi-peluncuran, serta rudal berpemandu presisi yang dapat menyerang target hingga 50 mil jauhnya, yang dirancang untuk bertahan melawan artileri berat Rusia.

Inggris dan komunitas internasional tetap menentang perang ilegal ini dan akan berdiri bahu-membahu, memberikan bantuan militer defensif kepada Ukraina untuk membantu mereka bertahan melawan invasi Putin

Wallace mengatakan: "Dukungan berkelanjutan kami mengirimkan pesan yang sangat jelas: Inggris dan komunitas internasional tetap menentang perang ilegal ini dan akan berdiri bahu-membahu, memberikan bantuan militer defensif ke Ukraina untuk membantu mereka bertahan melawan invasi Putin."

Pasukan Ukraina telah dilatih di Inggris tentang cara menggunakan peluncur, dan Inggris juga telah berkomitmen untuk melatih 10.000 tentara Ukraina dalam keterampilan medan perang infanteri selama beberapa bulan mendatang.

Kanada, Denmark, Swedia, Finlandia, dan Belanda semuanya telah mengumumkan bahwa mereka akan mendukung program ini.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya