Perempuan Rusia Pembela Ukraina Dapat Penghormatan Khusus dari Kiev

Teman-teman dan sesama pejuang mengucapkan selamat tinggal kepada seorang perempuan Rusia yang tewas saat bertempur di sisi Ukraina untuk melawan negara asalnya sendiri.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Sep 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2022, 09:00 WIB
Bendera dukungan terhadap Ukraina di tengah perang dengan Rusia.
Bendera dukungan terhadap Ukraina di tengah perang dengan Rusia. (AFP/Fabrice Coffrini)

Liputan6.com, Kiev - Teman-teman dan sesama pejuang mengucapkan selamat tinggal kepada seorang perempuan Rusia yang tewas saat bertempur di sisi Ukraina untuk melawan negara asalnya sendiri.

Dalam acara pemakaman di Kiev pada Jumat 16 September, Olga Simonova (34) dikenang atas keberanian dan kebaikannya.

"Ia dihormati bukan hanya sebagai komandan, tapi sebagai seorang pribadi," kata Dmytro Karabinovskyi, teman dan mantan komandan, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (18/9/2022).

Olga bergabung dalam pertempuran di Donbas di sisi Ukraina, pertama sebagai pejuang relawan, kemudian sebagai paramedik dan akhirnya sebagai anggota Angkatan Bersenjata.

Pada 2017, ia mendapat kewarganegaraan Ukraina. Teman-temannya mengatakan ia meninggal pada 13 September, saat kendaraannya mengenai ranjau darat.

Peti Simonova dibungkus dengan bendera Ukraina berwarna biru dan kuning, dengan boneka singa di atasnya. Julukannya adalah "Simba," seperti karakter utama dalam kartun Disney "The Lion King."

Simonova mengatakan ia tidak pernah menyembunyikan asal usulnya dan meraih kepercayaan mereka dengan menunjukkan komitmennya kepada Ukraina di medan tempur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rusia Diingatkan untuk Tak Pakai Senjata Nuklir

Pasukan Ukraina Pukul Mundur Tentara Rusia dari Wilayah Kharkiv
Seorang tentara Ukraina berdiri di atas bendera Rusia di Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, 13 September 2022. Pasukan Rusia tampak meninggalkan Kota Izium dan Svatove di Luhansk usai pasukan Ukraina memulai serangan baru ke arah timur melalui Kharkiv. (AP Photo/Kostiantyn Liberov)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah memperingatkan Rusia untuk tidak menggunakan senjata kimia atau nuklir taktis dalam perang di Ukraina.

Berbicara selama wawancara dengan CBS News, Biden mengatakan tindakan seperti itu akan "mengubah wajah perang sejak Perang Dunia Kedua".

Presiden Rusia Vladimir Putin menempatkan pasukan nuklir negara itu dalam siaga "khusus" menyusul invasinya ke Ukraina pada Februari, demikian dikutip dari laman BBC, Sabtu (17/9/2022).

Dia mengatakan kepada kepala pertahanan itu karena "pernyataan agresif" oleh Barat.

Senjata nuklir telah ada selama hampir 80 tahun dan banyak negara melihatnya sebagai pencegah yang terus menjamin keamanan nasional mereka.

Rusia diperkirakan memiliki sekitar 5.977 hulu ledak nuklir, menurut Federasi Ilmuwan Amerika.

Namun, tetap tidak mungkin bahwa ia bermaksud untuk menggunakan senjata semacam itu.

Senjata nuklir taktis adalah senjata yang dapat digunakan pada jarak yang relatif pendek, berbeda dengan senjata nuklir "strategis" yang dapat diluncurkan dalam jarak yang lebih jauh dan meningkatkan momok perang nuklir habis-habisan.

 


Temuan 440 Kuburan Massal di Ukraina

Kuburan massal di Bucha yang berlokasi di daerah luar Kyiv, Ukraina.
Kuburan massal di Bucha yang berlokasi di daerah luar Kyiv, Ukraina. Dok: AP Photo/Rodrigo Abd

Pihak berwenang Ukraina menemukan kuburan massal lebih dari 440 mayat di kota timur laut Izium yang direbut kembali dari pasukan Rusia beberapa hari lalu, kata seorang pejabat polisi regional, menambahkan beberapa orang telah tewas akibat penembakan dan serangan udara.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (16/9/2022), ribuan tentara Rusia meninggalkan Izium akhir pekan lalu setelah menduduki kota itu dan menggunakannya sebagai pusat logistik di wilayah Kharkiv. Mereka meninggalkan sejumlah besar amunisi dan peralatan.

"Saya dapat mengatakan itu adalah salah satu situs pemakaman terbesar di kota besar di (daerah) yang dibebaskan ... 440 mayat dimakamkan di satu tempat," Serhiy Bolvinov, kepala penyelidik polisi untuk wilayah Kharkiv, mengatakan kepada Sky News. "Beberapa meninggal karena tembakan artileri ... beberapa meninggal karena serangan udara."

Reuters tidak dapat segera memverifikasi klaim Ukraina dan tidak ada komentar publik langsung dari Rusia atas tuduhan tersebut.

Presiden Volodymyr Zelenskyy, yang melakukan kunjungan mendadak ke Izium pada hari Rabu untuk menyambut pasukan Ukraina, menyalahkan Rusia dan menyamakan penemuan itu dengan apa yang terjadi di Bucha, di pinggiran ibukota Kyiv pada tahap awal invasi akhir Februari. oleh pasukan Rusia.

Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di sana. Puluhan ribu warga sipil kemungkinan tewas dalam serangan terpisah Rusia di pelabuhan selatan Mariupol, kata pejabat Ukraina pada April.

"Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab," kata Zelenskyy dalam pidato video Kamis malam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya