12 Fakta Penembakan di Sekolah Nashville AS, Pelaku dalam Perawatan Gangguan Emosional hingga Timbun Senjata

Berikut ini sejumlah 12 fakta soal penembakan di Sekolah Nashville, AS yang dilakukan transgender.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 29 Mar 2023, 14:25 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2023, 14:25 WIB
Sebuah pesan bagi para korban penembakan di Covenant School, Selasa, 28 Maret 2023, di Nashville, Tennesse, AS. (Foto AP/John Amis)
Sebuah pesan bagi para korban penembakan di Covenant School, Selasa, 28 Maret 2023, di Nashville, Tennesse, AS. (Foto AP/John Amis)

Liputan6.com, Nashville - Penembakan di sebuah sekolah Kristen swasta di Nashville, Tennessee, AS tengah jadi sorotan. Enam orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Pelakunya, transgender berusia 28 tahun yang membunuh tiga anak dan tiga orang dewasa.

Berikut ini 12 fakta soal penembakan tersebut, dikutip dari CNN, Rabu (29/3/2023):

  1. Pelaku, Audrey Hale, yang sudah ditembak mati, sempat dirawat karena gangguan emosional dan secara legal membeli tujuh senjata api yang disembunyikan di rumah, kata Kepala Polisi Metro Nashville John Drake Selasa.
  2. Orang tua penembak, Audrey Hale, berbicara kepada polisi dan mengatakan bahwa mereka tahu Hale telah membeli dan menjual satu senjata dan yakin hanya itu saja. "Orang tua merasa (Hale) tidak seharusnya memiliki senjata," kata John Drake.
  3. Pada Senin 27 Maret pagi, Hale meninggalkan rumah dengan tas merah, dan orang tuanya bertanya apa isinya tetapi tak digubris, kata Drake.
  4. Tiga senjata digunakan dalam serangan maut hari Senin. Ketujuh senjata itu dibeli antara 20 Oktober 2020 dan 6 Juni 2022, kata juru bicara kepolisian Don Aaron. Kepala polisi John Drake mengatakan tiga senjata – AR-15, Kel-Tec SUB 2000, dan pistol – ditemukan di sekolah tersebut.
  5. Polisi juga mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka tidak mengetahui motifnya. Penembak menargetkan sekolah dan gereja dalam serangan itu tetapi tidak secara khusus menargetkan salah satu dari enam orang yang tewas, kata Aaron. Salah satu tulisan Hale menyebut sebuah mal di dekat sekolah sebagai kemungkinan target lain, tambahnya.
  6. Seorang mantan siswa di The Covenant School, menyerbu ke sekolah dasar dan membunuh enam orang sebelum ditembak mati oleh petugas polisi yang menanggapi.
  7. Serangan itu adalah penembakan ke-19 di sebuah sekolah atau universitas Amerika pada tahun 2023 di mana setidaknya satu orang terluka, menurut penghitungan CNN, dan yang paling mematikan sejak serangan Mei di Uvalde, Texas, menewaskan 21 orang. Ada 42 penembakan sekolah K-12 sejak Uvalde. K-12 adalah istilah bahasa Inggris Amerika yang menandakan rentang tahun pendidikan untuk sekolah dasar dan menengah (setingkat SMP dan SMA) yang didukung secara publik di Amerika Serikat. Sistem K-12 mencakup taman kanak-kanak hingga SMA kelas 12.
  8. Para korban termasuk tiga siswa berusia 9 tahun: Evelyn Dieckhaus, William Kinney dan Hallie Scruggs, putri dari pendeta gereja utama Chad Scruggs. Juga tewas adalah Cynthia Peak, 61, diyakini sebagai guru pengganti; Katherine Koonce, kepala sekolah berusia 60 tahun; dan Mike Hill, seorang penjaga berusia 61 tahun, kata polisi.
  9. Gubernur Tennessee Bill Lee dalam pernyataan video hari Selasa mengatakan istrinya Maria Lee berteman baik dengan salah satu korban, Peak, yang seharusnya datang ke rumah keluarga Lee untuk makan malam pada Senin malam. "Semua warga Tennessee terluka kemarin," katanya.
  10. Polisi sudah merilis rekaman bodycam dari penembakan fatal penyerang.
  11. Pelaku Audrey Hale, lulus dari Nossi College of Art & Design di Nashville tahun lalu, presiden sekolah tersebut mengkonfirmasi kepada CNN. Hale bekerja sebagai desainer grafis lepas dan pembelanja bahan makanan paruh waktu, kata profil LinkedIn.
  12. Penembak memiliki peta sekolah. Polisi mengatakan penembakan itu ditargetkan, direncanakan dengan cermat dan diuraikan dalam dokumen dari penembak.

    Hale meninggalkan tulisan yang berkaitan dengan penembakan itu dan telah mengintai kemungkinan lokasi serangan kedua di Nashville, "tetapi karena penilaian ancaman oleh tersangka - terlalu banyak keamanan - memutuskan untuk tidak melakukannya," kata Drake pada hari Senin.

    Penembak meninggalkan peta sekolah yang yang merinci "bagaimana semua ini akan terjadi," tambahnya.

    Tulisan itu mengungkapkan serangan di sekolah Kristen itu "telah diperhitungkan dan direncanakan," kata polisi. Penembaknya adalah "seseorang yang memiliki banyak amunisi, bersiap untuk konfrontasi dengan penegak hukum, siap melakukan lebih banyak kerusakan daripada yang sebenarnya dilakukan," kata Drake.

 


Rekaman Bodycam Penembakan di Sekolah Nashville AS

Ketakutan Siswa dan Orangtua Usai Penembakan di Sekolah Denver
Tersangka Austin Lyle masih buron menyusul penembakan yang terjadi pada Rabu pagi. Ia kini dicari untuk dituntut dengan pasal percobaan pembunuhan. (Hyoung Chang/The Denver Post via AP)

Konferensi pers digelar sehari setelah Audrey Hale melakukan serangan maut yakni pada Selasa 28 Maret 2023.

Dalam konferensi pers tersebut, rincian serangan keji itu terlihat saat polisi merilis rekaman bodycam dari penembakan fatal penyerang. Sementara itu, teman masa kecil Hale mengungkapkan pesan-pesan yang mengganggu dari penembak dan mereka yang tahu para korban merefleksikan orang yang mereka cintai yang hilang.

Rekaman yang dirilis berasal dari kamera yang dikenakan di tubuh petugas Rex Engelbert dan Michael Collazo, yang menurut polisi menembak penyerang secara fatal pada hari Senin pukul 10.27 pagi. Video dimulai dengan Engelbert tiba di sekolah untuk menemukan seorang wanita di luar yang mengatakan bahwa sekolah tersebut tengah di-lockdown tetapi ada dua anak yang belum ditemukan.

Pejabat sekolah lainnya terlihat memberikan kunci kepada petugas untuk membuka pintu ke dalam gedung, dan sekelompok lima petugas memasuki sekolah di tengah jeritan alarm kebakaran dan segera pergi ke beberapa ruang kelas kosong untuk mencari tersangka.

Mereka mendengar suara tembakan di lantai dua dan bergegas menaiki tangga saat suara tembakan semakin keras, menurut tayangan video. Petugas mendekati suara tembakan dan Engelbert, dipersenjatai dengan senapan serbu, mengitari sudut dan menembak beberapa kali ke arah seseorang di dekat jendela besar, yang jatuh ke tanah.

Collazo kemudian bergerak dan menembak orang di lantai empat kali dengan pistol sambil berteriak "Berhenti bergerak!" Para petugas akhirnya mendekati orang tersebut, memindahkan senjatanya dan kemudian mengirim radio "Tersangka dilumpuhkan! Tersangka dilumpuhkan!"

Video tersebut menambah wawasan lebih lanjut tentang garis waktu penembakan dan tanggapan polisi. Panggilan 911 pertama tentang penembakan itu masuk pada pukul 10.13 pagi, dan penembaknya tewas 14 menit kemudian, menurut polisi.

Rekaman bodycam Engelbert memasuki sekolah dan menembak penyerang berlangsung sekitar tiga hingga empat menit.

 


Gerak Cepat Polisi Cegah Korban Penembakan di Nashville AS

Ketakutan Siswa dan Orangtua Usai Penembakan di Sekolah Denver
Dua wanita berpelukan setelah penembakan sekolah di East High School, Denver, Colorado, Amerika Serikat, Rabu (22/3/2023). Dua administrator sekolah ditembak di SMA tersebut setelah pistol ditemukan pada seorang siswa yang diperiksa. (AP Photo/David Zalubowski)

The Covenant School adalah sekolah Kristen swasta yang mendidik sekitar 200 siswa dari Pra-K hingga kelas 6. Sekolah itu adalah pelayanan Gereja Presbiterian Kovenan, situs webnya menyatakan.

Wali Kota Nashville John Cooper mengatakan kepada CNN bahwa tanggapan polisi yang cepat mencegah bencana lebih lanjut.

"Itu bisa menjadi lebih buruk tanpa tanggapan yang hebat ini," jawab wali kota polisi. “Ini sangat direncanakan dan banyak situs diselidiki.”

Kepala polisi setempat juga memuji respons yang cepat.

"Saya berharap hari ini tidak akan pernah datang ke sini di kota. Tapi kami tidak akan pernah menunggu untuk masuk dan masuk dan menghentikan ancaman terutama ketika itu berhubungan dengan anak-anak kami," kata Drake dalam konferensi pers hari Senin.


Kronologi Serangan Maut Penembakan Massal

Ketakutan Siswa dan Orangtua Usai Penembakan di Sekolah Denver
Penembakan tersebut menyebabkan para siswa dan orangtua murid ketakutan. (AP Photo/David Zalubowski)

Polisi awalnya menyebut Audrey Hale sebagai "penembak wanita", dan pada konferensi pers Selasa malam menambahkan Hale adalah transgender. Hale menggunakan kata ganti laki-laki di profil media sosial, kata seorang juru bicara kepada CNN ketika diminta untuk mengklarifikasi.

Informasi dari polisi dan teman masa kecil penembak membantu memperjelas garis waktu serangan mematikan itu.

Tepat sebelum pukul 10 pagi hari Senin, penembak mengirim pesan yang tidak menyenangkan kepada seorang teman masa kecilnya, kata teman tersebut kepada CNN pada hari Selasa. Dalam pesan Instagram kepada Averiana Patton, pembawa acara radio Nashville, tepat sebelum pukul 10 pagi hari Senin, penembak mengatakan "Saya berencana untuk mati hari ini" dan itu akan menjadi berita.

"Suatu hari ini akan lebih masuk akal," tulis Hale. "Aku telah meninggalkan lebih dari cukup bukti. Tapi sesuatu yang buruk akan terjadi."

Patton memberi tahu Don Lemon dari CNN bahwa dia adalah rekan setim bola basket masa kecil penembak dan "mengenalnya dengan baik ketika kami masih kecil" tetapi tidak berbicara selama bertahun-tahun dan tidak yakin mengapa dia menerima pesan itu. Terganggu oleh isinya, dia menelepon saluran pencegahan bunuh diri dan Kantor Sheriff Kabupaten Nashville Davidson pada pukul 10.13.

Pada saat itu juga, polisi di Nashville juga mendapat panggilan 911 dari seorang penembak aktif di dalam sekolah dan bergegas ke sana.

infografis Penembakan Massal di AS Sepanjang 2017
infografis Penembakan Massal di AS Sepanjang 2017
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya