Cerita Fans Bola Asal Meksiko Masuk Islam pada Hari ke-2 Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar

Seorang suporter bola asal Meksiko, masuk Islam pada hari kedua perhelatan Piala Dunia 2022, di Qatar. Ini kisah selengkapnya.

oleh Linda Sapira diperbarui 16 Apr 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 21:00 WIB
Fans bola asal Meksiko masuk Islam pada hari ke-2 piala dunia FIFA di Qatar (Tangkapan layar dari website siasat.com)
Fans bola asal Meksiko masuk Islam pada hari ke-2 piala dunia FIFA di Qatar (Tangkapan layar dari website siasat.com)

Liputan6.com, Doha - Seorang suporter bola asal Meksiko, masuk Islam di sebuah masjid di desa budaya Katara, di Doha, pada hari kedua perhelatan Piala Dunia 2022, di Qatar.

Mengutip dari siasat.com, Minggu (16/4/2023), penggemar sepak bola asal Meksiko itu terlihat mengucapkan syahadat (kesaksian iman untuk Agama Islam), yang dipandu oleh pengkhotbah bernama Hayyan Al-Yafei, dalam sebuah video yang telah dibagikan secara luas di platform media sosial.

Al-Yafei memposting video tersebut di akun Facebook-nya, dan berbicara mengenai kisah seorang penggemar sepak bola yang masuk Islam.

Dalam sebuah postingan di akun Facebooknya, pengkhotbah Al-Yafei mengatakan, "orang ini masuk masjid untuk belajar tentang budaya umat Islam, kemudian saya menjelaskan kepadanya tentang rukun iman, dan bahwa Islam adalah agama yang sama dengan nabi. Maka lelaki ini ingin berada di agama para nabi dan memilih untuk memeluk Islam, dan saya ulangi kepadanya, apakah ada yang memaksa Anda untuk melakukan itu? dia menegaskan bahwa tidak ada yang memaksanya".

Al-Yafei melanjutkan, "Dia mengatakan kepada kami bahwa dia ingin menjadi seorang muslim karena keinginannya sendiri, dan puji bagi Allah yang telah membuka diri dan mencerahkan hatinya. Dan kami meminta Tuhan untuk kami, dan dia agar tabah". 


Perpindahannya ke Agama Islam Disambut Baik Pengguna Media Sosial

Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Pertobatan dari penggemar bola asal Meksiko ini disambut secara luas oleh sesama pengguna media sosial lainnya, yang mengungkapkan kebahagiaan mereka dan memberi selamat kepadanya atas langkah yang telah dirinya ambil.

 

Kementerian Awqaf dan Urusan Islam di Qatar memang diketahui meluncurkan paviliun untuk memperkenalkan Islam dan ajarannya selama perhelatan Piala Dunia 2022.

Program yang diikuti oleh para mubaligh dari beberapa negara ini antara lain membagikan buku-buku cetak dalam beberapa bahasa untuk memperkenalkan Islam, dan memperkenalkan budaya Arab, khususnya memperkenalkan Qatar. 

 

Piala Dunia FIFA di Qatar dimulai pada 20 November 2022, dengan pertandingan pembukaan antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al Bayt, dalam edisi pertama turnamen internasional yang diadakan di Timur Tengah dan dunia Arab.

Selama 29 hari, turnamen menyajikan 64 pertandingan, berakhir pada 18 Desember bertepatan dengan Hari Nasional Qatar, di Stadion Lusail yang dapat menampung 80.000 penggemar.


Piala Dunia 2022 di Qatar, Syekh Muhammad Jaber: 1.000 Orang Masuk Islam

6 Potret Syekh Muhammad Jaber, Adik Syekh Ali Jaber yang Akan Lanjutkan Dakwah
Syekh Muhammad Jaber (Sumber: Instagram/@syekh_muhammad_jaber)

Bukan hanya fans asal Meksiko yang masuk Islam, dikabarkan juga bahwa selama perhelatan piala dunia FIFA di Qatar, kurang lebih ada 1.000 orang yang masuk Islam, menurut Syekh Muhammad Jaber. 

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi sejarah baru bagi dunia sepak bola. Pasalnya, Qatar menjadi negara Islam pertama yang menjadi tuan rumah hajatan akbar sepak bola empat tahunan ini. 

Ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah menjadi suatu kebanggaan bagi umat Islam dunia, tak terkecuali pendakwah Syekh Muhammad Jaber. Melalui akun Instagram terverifikasinya, adik almarhum Syekh Ali Jaber itu mengungkapkan kegembiraannya atas Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Tak hanya itu, lebih lanjut Syekh Muhammad Jaber mengatakan, selama Piala Dunia hotel-hotel di Qatar membagikan kartu yang tertera link. Dalam link tersebut terdapat informasi seputar Islam.

Baca selengkapnya di sini... 

 


Belajar Dunia Islam, 4 Wisata Halal di Qatar selama Piala Dunia 2022

Foto: Menikmati Suasana Malam Corniche, Spot Favorit di Tepi Laut Doha yang Jadi Surga Pejalan Kaki Sepanjang Piala Dunia 2022
Corniche merupakan kawasan destinai wisata yang membentang sejauh 7 kilometer di sepanjang Teluk Doha, di ibu kota Qatar, Doha. (Bola.com/Ade Yusuf Satria)

Selain itu, selama piala dunia 2023, Qatar menjadi salah satu tujuan wisata ramah Muslim. Hal ini dipengaruhi mayoritas penduduknya yang memeluk agama Islam. Dan juga Qatar menjadi saksi bisu sejarah dunia Islam yang kuat.

Islam lekat dengan kehidupan dan budaya orang Qatar. Anda dapat merasakan nuansa Piala Dunia berbaur dengan budaya kental setempat. 

Lantas, ada tempat-tempat halal mana saja yang wajib dikunjungi ketika ingin berkunjung ke Qatar, berikut sederet wisata halal di Qatar yang wajib didatangin. 

1. Souq Waqif

Dalam bahasa Arab, souq berarti pasar. Jadi, Souq Waqif adalah pasar yang berdiri di dekat sungai Wadi Musheireb. Sungai ini digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat bertemu serta melakukan perdagangan barang dan hewan. Bangunan pasar memadukan gaya pasar tradisional Arab dengan arsitektur modern. Nuansa Islam begitu kental terasa. 

Kini, pasar ini tak hanya dijadikan tempat bertransaksi saja. Souq Waqif menjadi salah satu objek wisata paling populer di Qatar. Pengunjung dapat berbelanja kerajinan lokal, cinderamata, dan rempah-rempah eksotis. Selain itu, pengunjung pun dapat bermain dan berselfie ria bersama hewan-hewan di pasar seperti unta dan burung elang.

Baca selengkapnya di sini... 

Infografis FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia Menanti Sanksi? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia Menanti Sanksi? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya