AS dan Prancis Desak Gencatan Senjata Segera 21 Hari di Lebanon, Imbas Konflik Hizbullah Vs Israel Kian Panas

Situasi di Lebanon telah menjadi "tidak dapat ditoleransi" dan "tidak menguntungkan siapa pun, baik rakyat Israel maupun rakyat Lebanon," kata pernyataan bersama yang dirilis oleh Gedung Putih.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 26 Sep 2024, 10:45 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2024, 10:45 WIB
Sidang DK PBB Rabu (25/9/2024) di Markas PBB, New York AS. (AP/Frank Franlin II)
Sidang DK PBB Rabu (25/9/2024) di Markas PBB, New York AS. (AP/Frank Franlin II)

Liputan6.com, New York - Para pemimpin AS dan Prancis bersama-sama mendesak gencatan senjata segera selama 21 hari di Lebanon, dalam seruan yang diikuti oleh sekutu saat jumlah korban tewas akibat serangan Israel terhadap Hizbullah kian meningkat.

Presiden Joe Biden dan Emmanuel Macron bertemu di sela-sela UN General Assembly (UNGA) atau Sidang Umum PBB di New York saat mereka menyuarakan kekhawatiran bahwa konflik, setelah pertumpahan darah selama setahun di Gaza, akan meningkat menjadi perang regional besar-besaran.

Situasi di Lebanon telah menjadi "tidak dapat ditoleransi" dan "tidak menguntungkan siapa pun, baik rakyat Israel maupun rakyat Lebanon," kata pernyataan bersama yang dirilis oleh Gedung Putih.

"Kami menyerukan gencatan senjata segera selama 21 hari di perbatasan Lebanon-Israel untuk memberi ruang bagi diplomasi menuju penyelesaian diplomatik," demikian pernyataan yang dikeluarkan bersama dengan kekuatan Barat, Jepang, dan kekuatan utama Teluk Arab -- Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab seperti dikutip dari AFP, Kamis ((26/9/2024).

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Noel Barrot sebelumnya mengungkap usulan tersebut pada sesi darurat Dewan KeamananPBB.

"Telah terjadi kemajuan penting dalam beberapa jam terakhir," kata Barrot. "Kami telah berupaya sejak awal minggu ini di New York untuk mencapai solusi diplomatik dengan khususnya teman-teman Amerika kami."

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak gencatan senjata segera di Lebanon dan memperingatkan, "Neraka sedang terjadi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Begini Respons Pihak Israel Soal Gencatan Senjata di Lebanon

Utusan Israel untuk PBB, Danny Danon, di sidang DK PBB Rabu (25/9/2024) di Markas PBB, New York AS. (AP/Frank Franlin II)
Utusan Israel untuk PBB, Danny Danon, di sidang DK PBB Rabu (25/9/2024) di Markas PBB, New York AS. (AP/Frank Franlin II)

Israel mengatakan bahwa mereka menyambut baik diplomasi di Lebanon tetapi tidak berkomitmen untuk melakukan gencatan senjata, dan bersumpah untuk mengejar tujuannya untuk melemahkan Hizbullah.

"Kami berterima kasih kepada semua orang yang melakukan upaya tulus melalui diplomasi untuk menghindari eskalasi, untuk menghindari perang besar," utusan Israel untuk PBB, Danny Danon, mengatakan kepada wartawan sebelum memasuki sesi tersebut.

Namun, ia menambahkan: "Kami akan menggunakan semua cara yang kami miliki, sesuai dengan hukum internasional, untuk mencapai tujuan kami."

Kekerasan di Lebanon itu terjadi setelah kegagalan mencapai gencatan senjata di Gaza, tempat Israel selama hampir setahun berusaha menghabisi sekutu Iran lainnya, Hamas, yang melancarkan serangan paling mematikan yang pernah ada terhadap Israel.

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi memperingatkan bahwa Teheran, yang dalam beberapa minggu terakhir menahan serangan balasan terhadap Israel setelah serangan yang menargetkan kepentingan Iran, mungkin tidak akan bisa lagi menahan diri.

"Wilayah ini berada di ambang bencana skala penuh. Jika tidak dicegah, dunia akan menghadapi konsekuensi bencana," kata Menlu Iran Abbas Araghchi kepada wartawan.

Hizbullah memiliki pengaruh yang kuat di Lebanon yang telah lama bergejolak. Menteri luar negeri negara itu, Abdallah Bou Habib, yang ditanya oleh wartawan apakah gencatan senjata mungkin dilakukan, berkata: "Semoga saja ya."


Risiko Eskalasi yang Sulit

Asap mengepul akibat serangan udara Israel di desa selatan Kfar Rouman, Lebanon selatan [Hussein Malla/AP Photo]
Asap mengepul akibat serangan udara Israel di desa selatan Kfar Rouman, Lebanon selatan [Hussein Malla/AP Photo]

Israel terus melancarkan serangan di Lebanon meskipun Amerika Serikat berulang kali meminta agar perang tidak meluas.

"Risiko eskalasi di kawasan itu sulit," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken, yang telah melakukan 10 perjalanan ke Timur Tengah sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Israel dan Hizbullah telah berselisih sejak pecahnya perang di Gaza, tetapi pada tingkat yang lebih rendah.

Pekan lalu, pager dan perangkat komunikasi genggam walkie talkie milik Hizbullah meledak dalam sebuah operasi yang secara luas dikaitkan dengan Israel.

Sementara itu, ratusan orang tewas dan ribuan orang mengungsi sejak Israel melancarkan serangannya, dengan kementerian kesehatan Lebanon mengatakan bahwa 72 orang lainnya tewas pada hari Rabu.

Para diplomat mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak lagi secara langsung menghubungkan dorongannya yang sulit untuk gencatan senjata Gaza dengan upaya Lebanon karena urgensi krisis.

"Perang habis-habisan mungkin terjadi," kata Biden di acara bincang-bincang ABC "The View".

"Menurut saya, peluang masih ada untuk mencapai penyelesaian yang secara fundamental dapat mengubah seluruh kawasan," kata Biden.

Robert Wood, wakil duta besar AS untuk PBB, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa ia prihatin dengan kematian di Lebanon.

Namun, ia juga menyalahkan Hizbullah, menuduhnya melanggar resolusi Dewan Keamanan melalui aliansinya dengan Hamas sejak 7 Oktober.

"Tidak seorang pun ingin melihat terulangnya perang besar-besaran yang terjadi pada tahun 2006," kata Wood.

Namun, ia mengatakan bahwa setiap akhir konflik perlu mencakup "pemahaman komprehensif" yang menjaga ketenangan di sepanjang Garis Biru antara Israel dan Lebanon.

Infografis PBB Sebut Ledakan Pager dan Walkie Talkie di Lebanon Kejahatan Perang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis PBB Sebut Ledakan Pager dan Walkie Talkie di Lebanon Kejahatan Perang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya