6 Manfaat Buah Kesemek, Turunkan Kolesterol dan Tingkatkan Kesehatan Anda

Dengan secara alami, buah kesemek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 13 Sep 2024, 20:07 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 20:07 WIB
Manfaat Buah Kesemek
Diperoleh ilustrasi mengenai 6 Manfaat Buah Kesemek dalam Menurunkan Kolesterol (sumber: unsplash).

Liputan6.com, Jakarta Buah kesemek, meskipun belum begitu populer di Indonesia, ternyata menyimpan segudang manfaat kesehatan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Dengan rasa manis yang khas dan tekstur yang lembut, buah ini tidak hanya cocok dijadikan camilan yang lezat, tetapi juga memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

Menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah aspek vital dalam upaya pencegahan penyakit jantung dan berbagai masalah kardiovaskular lainnya. Buah kesemek mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, sembari meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain manfaatnya dalam menurunkan kolesterol, buah kesemek juga kaya akan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan berbagai mineral yang mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan. Vitamin A, misalnya, berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit, sementara vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at(13/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Buah Kesemek

Buah Kesemek (Sumber: freepik.com/KamranAydinov)
Buah Kesemek (Sumber: freepik.com/KamranAydinov)

1. Manfaat Kandungan Serat yang Tinggi

Kesemek mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penyakit jantung dengan mencegah penumpukan plak di arteri.

2. Antioksidan yang Melimpah

Kesemek kaya akan antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan likopen, yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung yang berkaitan dengan kolesterol tinggi.

3. Efek Menguntungkan Tanin

Kesemek mengandung tanin, yang memiliki sifat astringen dan dapat mengurangi penyerapan kolesterol di usus, menjaga kadar kolesterol tetap stabil dalam darah.


Kesemek Memiliki Manfaat untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat Buah Kesemek (sumber: unsplash)
Unsplash adalah sumber dari ilustrasi yang menunjukkan 6 manfaat buah kesemek untuk menurunkan kolesterol.

4. Manfaat Vitamin C dalam Buah Kesemek

Selain sebagai antioksidan, vitamin C dalam buah kesemek juga berperan dalam meningkatkan metabolisme kolesterol. Vitamin ini membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Dengan demikian, konsumsi kesemek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

5. Buah Kesemek sebagai Camilan Rendah Kalori

Menjadi pilihan camilan rendah kalori namun kaya nutrisi, buah kesemek dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama tanpa harus menambah asupan kalori yang berlebihan. Ini sangat membantu dalam menjaga berat badan ideal, yang juga berperan dalam mengontrol kadar kolesterol.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan dengan Buah Kesemek

Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, serat dalam kesemek juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit. Pencernaan yang sehat berkontribusi pada penyerapan nutrisi yang lebih baik dan pengelolaan kolesterol yang lebih efektif.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya