5 Rekomendasi Kedai Jamu Kekinian yang Ada di Yogyakarta

Jamu sebagai minuman tradisional yang cukup populer dari pulau Jawa, khususnya Yogyakarta menawarkan beragam kedai kopi kekinian tak bisa mengalahkan eksistensi jamu sebagai minuman tradisional turun-temurun.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 11 Jun 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi jamu beras kencur
Ilustrasi jamu beras kencur

Liputan6.com, Jakarta - Jamu sebagai minuman tradisional yang cukup populer dari Tanah Jawa, khususnya Yogyakarta menawarkan beragam kedai kopi kekinian tak bisa mengalahkan eksistensi jamu sebagai minuman tradisional turun-temurun.

Minuman tradisional ini memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tak heran, jika jamu menjadi salah satu minuman yang diburu wisatawan. Para penjual jamu juga semakin berkembang di Yogyakarta.

Warung jamu kekinian yang menjual aneka olahan jamu pun mudah ditemukan. Pengunjung bisa nongkrong bersama keluarga dan teman sambil menyeruput jamu yang menyehatkan. Berikut warung jamu kekinian di Yogyakarta yang dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (11/6/2023).

1. Omah Jamu Jeng Ratu

Omah Jamu Jeng Ratu adalah kedai jamu kekinian sekaligus agrowisata. Tempat ini telah berdiri sejak 2006.

Tak hanya bisa mencicipi jamu, Anda pun dapat belajar langsung meracik jamu dari ahlinya di Omah Jamu Jeng Ratu. Mengutip dari Instagram resminya @omahjamu_jengratu memiliki kebun tanaman herbal yang ditumbuhi lebih dari 150 jenis tanaman jamu-jamuan.

Omah Jamu Jeng Ratu mengung konsep kedai jamu kekinian juga sering mengadakan kelas jamu dan sudah ada beberapa selebritas yang berkunjung salah satunya Enzy Storia. Aneka menu jamu di tempat ini dibanderol mulai dari Rp12.500 saja.

Tak hanya menjual jamu, tempat ini juga menjual makanan khas Nusantara. Anda bisa menemukan Sego Megono yang dikemas dengan daun pisang sehingga terasa sangat tradisional.

Jika ingin berkeliling kebun jamu, belajar dan menikmati racikan Omah Jamu Jeng Ratu Anda dapat membayar Rp50.000. Omah Jamu Jeng Ratu berlokasi di Jalan Kaliurang KM 12.5, Turen, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Kedai jamu kekinian buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Jamu Godhog Merapi Farma Herbal

Jamu godhog Merapi Farma Herbal
Jamu godhog Merapi Farma Herbal. (Dok: @jamugodhogmerapi)

Jamu godhog Merapi Farma Herbal menawarkan beragam jenis jamu godok atau rebus. Tak hanya bisa dibawa pulang, Anda dapat langsung mencicipinya di sini.

Mengutip dari laman Jamu Digital, Minggu (11/6/2023), pelanggan di sini bisa menikmati jamu godok sambil melihat pemandangan Gunung Merapi.

Aneka ramuan yang dibuat pun tak asal-asalan, karena berasal dari aneka tumbuhan yang ditanam di kebun sendiri. Berbagai bahan jamu seperti rempah adas, binahong, kumis kucing, meniran dan lainnya adalah beberapa yang mereka tanam.

Satu cangkir jamu di kedai jamu ini dihargai mulai dari Rp 5.000. Kedai Jamu Godhog Merapi Farma Herbal pun menjual jamu godhog dengan kemasan praktis yang siap minum. Jamu siap minum di kedai jamu ini dipatok dengan harga berkisar Rp25.000.

Kedai Jamu Godhog Merapi Farma Herbal berlokasi di Kaliurang Km 21 RW 5 Banteng, Hargobinangun, Pakem,  Sleman. Kedai jamu ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 21.30 WIB.


3. Wedank Warisan

Ilustrasi Jamu
Ilustrasi jamu. (Liputan6.com/Zulfikar)

Wedank Warisan terletak di JNM Bloc Yogyakarta, tepatnya di Gedung Hamemayu. Tenant Wedank Warisan tak kalah ramai dibandingkan kedai kopi yang ada di Yogyakarta.

Wedank Warisan membuat bahan minuman tradisinonal menjadi minuman herbal kekinian agar bisa disukai generasi muda. Minuman ala Wedank Warisan punya berbagai macam topping yang rasanya segar sekaligus bermanfaat untuk tubuh.

Pengunjung bisa menikmati kesegaran olahan minuman Wedank Warisan sambil menikmati camilan andalan Wedank Warisan seperti kue cubit, risoles, dan masih banyak lagi.

Kunjungi Wedank Warisan yang berlokasi di Kawasan JNM Bloc, Jalan Prof Dr Ki Amri Yahya nomor 1 Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta. Kedai jamu ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

4. Kyoot Jamu

Kyoot Jamu menjadi salah satu kedai jamu kekinian yang beroperasi di kawasan JNM Bloc. Kyoot Jamu membuka gerainya  dengan deretan kursi estetik yang terbuat dari rotan.

Pengunjung bisa menikmati aneka rasa jamu yang enak, dengan tampilan yang kekinian. Pengunjung bisa memesan camilan yang dijual oleh Kyoot Jamu.

Kyoot Jamu berlokasi di kawasan JNM Bloc, Jalan Prof Dr Ki Amri Yahya nomor 1 Pakuncen Wirobrajan Yogyakarta. Kyoot Jamu buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB

 


5. Djampi Jawi

Ilustrasi bermimpi, minum jamu
Ilustrasi bermimpi, minum jamu. (Photo by 五玄土 ORIENTO on Unsplash)

Djampi Jawi termasuk kafe jamu kekinian yang cukup populer di Yogyakarta. Tempat ini menyajikan aneka minuman jamu yang diolah dan diproses menggunakan teknologi mutakhir seperti grinder, foodpresso, dan rockpresso.

Menu jamu yang laris dipesan para pengunjung yaitu kunyit asem dan beras kencur. Tak hanya aneka olahan jamu, Djampi Jawi juga menawarkan aneka racikan khas yang memiliki beragam manfaat.

Beberapa varian minuman jamunya antara lain pancasona, gagah prakosa, darah tinggi, batari, seger lagi, dan ora watuk. Tak hanya minuman ada pula makanan tradisional seperti rawon sambel, nasi ayam bacem, Bakso cokro dan lainnya.

Kedai Djampi Jawi berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 123 Klitren Yogyakarta. Kedai Djampi Jawi buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

Infografis Jamu Populer di Indonesia
Infografis jamu populer di Indonesia. (Dok: Liputan6.com Tim Grafis)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya