Bank Sentral Dunia Ramai-ramai Kerek Suku Bunga Acuan, Ini Daftarnya

Tarif suku bunga acuan yang lebih tinggi adalah alat yang ampuh untuk melawan kenaikan harga.

oleh Nurmayanti diperbarui 17 Jun 2022, 14:45 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2022, 14:45 WIB
Globe
Ilustrasi Rusia (Photo by Kyle Glenn on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Hampir empat lusin negara di dunia menaikkan suku bunga acuan dalam enam bulan terakhir. Pemicunya, karena Bank Sentral di Amerika Serikat, Inggris, India dan negara-negara lain mendorong biaya pinjaman lebih tinggi dalam upaya untuk menahan inflasi paling cepat dalam beberapa dekade.

Seperti Federal Reserve yang menaikkan suku bunga acuan kembali. Ini merupakan kenaikan ketiga tahun ini dan terbesar sejak 1994.

Dalam beberapa jam setelah langkah Fed, Brasil, Arab Saudi, dan lainnya mengumumkan perubahan suku bunga. Swiss dan Inggris juga ikut mengekor.

Melansir laman nytimes.com, Jumat (17/6/2022), sepanjang 2022, setidaknya 45 negara telah menaikkan tarif, menurut data dari FactSet. Diprediksi hal ini masih akan terus berlanjut.

Tarif suku bunga yang lebih tinggi adalah alat yang ampuh untuk melawan kenaikan harga. Mereka membuat pinjaman uang lebih mahal, yang membebani permintaan konsumen dan ekspansi bisnis, pada gilirannya mendinginkan pertumbuhan ekonomi dan memperlambat perekrutan.

Itu bisa diterjemahkan ke dalam pertumbuhan upah yang lebih lemah untuk rumah tangga dan lebih sedikit kekuatan harga bagi perusahaan, yang pada akhirnya menurunkan inflasi.

Ini adalah tindakan penyeimbangan yang rumit, yang memberi tekanan pada pembuat kebijakan untuk mengendalikan ekonomi tanpa menyebabkan jatuhnya pertumbuhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hal Menakutkan

Suku Bank Bank
Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Para ekonom dan investor melihat itu sebagai tantangan yang semakin menakutkan. Ketika Bank Dunia dan lembaga-lembaga lain mengeluarkan prakiraan suram, kekhawatiran akan resesi yang membayangi telah tumbuh.

"Tekanan inflasi yang terus-menerus dan ekspektasi yang memburuk memaksa bank sentral untuk menjadi lebih agresif," tulis ekonom di Barclays pekan lalu. "Ketika kondisi keuangan memburuk dan sentimen turun, ekonomi riil bisa mengikuti."

The Fed masih memberi sinyal siap untuk terus menaikkan suku bunga tahun ini. Bank Sentral Eropa juga mengisyaratkan bahwa mereka akan menaikkan suku bunga pada bulan Juli untuk pertama kalinya dalam 11 tahun.

Bank of Canada juga dapat mengumumkan kenaikan suku bunga lebih besar bulan depan, setelah menaikkan suku bunga dua minggu lalu. Pergeseran serupa telah diumumkan oleh banyak negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Salah satu outlier adalah Rusia. Bank sentralnya menaikkan suku bunga di atas 20 persen segera setelah negara itu menginvasi Ukraina.

Pada bulan-bulan sejak itu, Rusia telah melakukan empat pemotongan untuk menurunkan level ke level sebelumnya sebelum pertempuran dimulai - bahkan ketika jalannya ekonomi di sana masih belum pasti.

 


Kondisi Sebelum dan Sesudah Pandemi

AS Tembus 1 Juta Kasus Covid-19 Sehari
Orang-orang mengantre untuk menerima tes Covid-19 di New York, Selasa (4/1/2022). Amerika Serikat (AS) mencatat lebih dari 1 juta kasus Covid-19 pada 3 Januari 2022, menurut data dari Universitas Johns Hopkins, ketika varian Omicron terus menyebar dengan kecepatan tinggi. (ANGELA WEISS/AFP)

Sebelum virus corona hadir, para ekonom berpikir bahwa dunia mungkin terjebak dalam perangkap tingkat rendah, inflasi rendah, pertumbuhan lambat - dan banyak ekonomi dunia mulai menekan suku bunga turun.

Tetapi setelah awal pandemi, paket pengeluaran stimulus pemerintah yang dimaksudkan untuk meredam kejatuhan ekonomi akhirnya memicu permintaan.

Rantai pasokan diguncang oleh penutupan pabrik, kesulitan pengiriman, dan kekurangan tenaga kerja. Gabungan, kekuatan-kekuatan itu menghidupkan kembali tekanan harga yang sudah lama tidak aktif.

Sejauh ini, inflasi menunjukkan sedikit tanda pelonggaran. Harga konsumen Amerika naik lagi dalam sebuah laporan minggu lalu karena harga gas melonjak dan berbagai barang dan jasa tumbuh tajam lebih mahal.

Perang di Ukraina dapat terus mendorong harga komoditas, sementara upaya untuk menahan virus corona di China dan pemogokan pekerja di Korea Selatan mengancam akan lebih mengganggu pembuatan suku cadang.

Permintaan di Amerika sebagian besar tetap kuat, meskipun telah menunjukkan tanda-tanda awal pelonggaran, dan konsumen di beberapa bagian lain dunia mulai mundur.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah ekonomi global akan mampu menahan siklus kenaikan suku bunga tidak seperti yang baru-baru ini - dan mungkin pernah - alami. Prospeknya tidak menjanjikan.

“Perang di Ukraina, penguncian di China, gangguan rantai pasokan dan risiko stagflasi memukul pertumbuhan,” David Malpass, presiden Bank Dunia, mengatakan dalam sebuah laporan bulan ini. “Bagi banyak negara, resesi akan sulit dihindari.”


Daftar Negara

1. Amerika Serikat

Bank sentral AS (Federal Reserve) mengumumkan kenaikan suku bunga sebesar 0,75 persen menjadi 1,75 persen  pada Rabu, 15 juni 2022 demi menekan harga barang yang terus melonjak.

Itu adalah kenaikan suku bunga acuan tertinggi yang dilakukan bank sentra AS - yang dikenal dengan The Fed - selama 30 tahun terakhir.

2. Argentina

Bank sentral Argentina menaikkan suku bunga acuannya paling tinggi dalam tiga tahun pada Kamis, 16 Juni 2022. Negara ini tengah memerangi meroketnya inflasi di atas 60 persen.

Bank sentral menaikkan suku bunga acuan Leliq sebesar 300 basis poin menjadi 52 persen, kenaikan paling tajam sejak 2019.

3. Swiss

Bank Sentral Swiss, Swiss National Bank (SNB) menaikkan suku bunga untuk pertama kali dalam 15 tahun. Bahkan dikatakan siap menaikkan lagi suku bunganya.

Bank sentral Swiss menaikkan suku bunga acuannya menjadi -0,25 persen dari level -0,75 persen yang telah diterapkannya sejak 2015.

Bank Sentral Eropa (ECB) mengisyaratkan pekan lalu akan menaikkan suku bunga pada Juli untuk mengendalikan inflasi zona euro yang mencapai 8,1 persen bulan lalu.

4. Brasil

Bank sentral Brazil menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps), pada Rabu, 15 Juni 2022.

Komite penetapan suku bunga bank, yang dikenal sebagai Copom, menaikkan suku bunga acuan Selic menjadi 13,25 persen, level tertinggi sejak awal 2017 dan naik tajam dari rekor terendah 2,0 persen pada Maret 2021.

5. Inggris

Bank of England mencoba untuk membendung laju kenaikan harga dengan menaikkan suku bunga.  Tarif telah meningkat dari 1 persen menjadi 1,25 persen. Ini merupakan kenaikan kelima berturut-turut, mendorong mereka ke level tertinggi dalam 13 tahun.

Itu terjadi ketika keuangan diperas oleh meningkatnya biaya hidup, didorong oleh rekor harga bahan bakar dan energi.

Inflasi - tingkat di mana harga naik - saat ini berada pada level tertinggi 40 tahun sebesar 9 persen, dan Bank memperingatkan itu bisa melampaui 11 persen akhir tahun ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya