Pertamina Beli Tanah Depo Plumpang 153 Hektare, Tapi yang Dikuasai Cuma 72 Hektare dan Sisanya Dipakai Warga

Pertamina membeli tanah untuk depo Plumpang pada tahun 1971. Lalu pada 2017 Pertamina melakukan inventarisasi aset lahan di daerah Depo Plumpang.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 16 Mar 2023, 14:20 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 14:20 WIB
Foto udara Suasana pemukiman warga terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang
Tanah yang saat ini menjadi Depo Plumpang Pertamina dibeli dari PT Mastraco pada tahun 1971. Pembelian tanah tersebut mencapai Rp 514 miliar dengan luasan mencapai 153 hektare. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengenai sejarah kepemilikan lahan di terminal Bahan Bakar Minyak (TBB) atau Depo Plumpang.

Nicke menjelaskan, tanah yang saat ini menjadi Depo Plumpang Pertamina dibeli dari PT Mastraco pada tahun 1971. Pembelian tanah tersebut mencapai Rp 514 miliar dengan luasan mencapai 153 hektare.

"Pada tahun 1976 dikeluarkanlah ada surat penetapan pemberian hak dari Menteri Dalam Negeri dimana lahan tersebut diperuntukkan untuk pembangunan industri dan instalasi minyak," jelas Nicke dalam Rapat Dengar Pertamina Pendapat dengan DPR yang ditulis pada Kamis (16/3/2023).

Namun ternyata, dari luasan lahan yang dibeli Pertamina tersebut saat ini tidak tidak digunakan seluruhnya untuk instalasi minyak. Ada sebagian daerah yang ditempati atau dihuni warga.

Pada 2017, Pertamina melakukan inventarisasi aset lahan di daerah Depo Plumpang tersebut. Tidak sendiri, inventarisasi tersebut dilakukan oleh pihak ketiga yaitu Survei Indonesia. Hasilnya, terdapat 34.707 orang yang tinggal di tanah milik Pertamina Tersebut.

"Dengan jumlah KK (Keluarga) 9.234 KK waktu itu. Untuk hari ini pasti sudah bertambah jumlahnya yang tinggal di situ," teras Nicke.

Saat ini, tanah yang digunakan oleh Pertamina untuk Depo Pertamina dan juga ada beberapa tangki Elnusa di dalamnya kurang lebih hanya 72 hektare. Sedangkan di luar itu tidak dikuasai oleh Pertamina tetapi ada rumah penduduk.

"Untuk di wilayah Tanah Merah itu sendiri mencapai 52 hektare," kata Nicke.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengamat: Buffer Zone di Kilang Cegah Bahaya Sampai ke Masyarakat

Foto udara Suasana pemukiman warga terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang
Foto udara suasana permukiman warga yang terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Api yang besar dan kondisi cuaca yang buruk membuat angin mengembuskan api ke wilayah pemukiman warga di Jalan Tanah Merah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Keberadaan buffer zone dinilai sangat diperlukan bagi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau kilang karena bisa melindungi masyarakat jika terjadi kebakaran dan ledakan pada objek vital nasional (Obvitnas) itu.

Seperti pada keberadaan Depo Plumpang di Jakarta yang terbakar di bagian pipanya. Ini diungkapkan Pengamat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Juwari.

"Intinya buffer zone sangat diperlukan. Karena potensi bahaya (di TBBM dan kilang) pasti ada, mulai dari bahaya ringan hingga bahaya yang tinggi risikonya. Dan jika terjadi ledakan, diharapkan efek ledakan hanya sampai buffer zone, tidak sampai ke penduduk,” ujar dia melansir Antara di Jakarta.

Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FT-IRS) ITS ini menerangkan, bahaya ringan bisa bersumber dari kebocoran BBM dalam jumlah kecil yang kemudian menyebar (terdispersi).

Namun, bahaya kecil tersebut bisa menjadi risiko sedang dan besar jika kebocoran cukup banyak sehingga menyebar ke wilayah yang cukup luas.

Juwari menjelaskan penyebaran minyak akan menjadi penyebab kebakaran jika sudah mencapai komposisi yang mudah terbakar dan ada pemantik antara lain motor yang lalu lalang.

 


Efek Ledakan

masih ditemukan jenasah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Petugas Basarnas menyisir lokasi rumah warga yang hancur akibat kebakaran hebat Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023) pagi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan, sebanyak 1.085 orang mengungsi akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bahkan, jika sudah masuk wilayah perumahan, sumber pemantik akan semakin banyak, seperti kompor di dapur atau warung-warung, tambahny, di sinilah antara lain pentingnya buffer zone.

"Jika terdapat buffer zone tentu diharapkan akan memiliki waktu yang cukup sebelum mencapai perumahan. Karena biasanya terdapat warning berupa sinyal dari sensor flammable cloud yang berbunyi,” katanya.

Juwari menambahkan, kebakaran bisa menjadi penyebab ledakan jika mencapai tangki timbun. Ledakan tersebut bisa merusak pagar jika kekuatan pagar lebih rendah dari kekuatan ledakan.

Dengan adanya buffer zone inilah, menurut dia, diharapkan efek ledakan hanya sampai area penyangga dan tidak berdampak ke penduduk.

Terkait luasan buffer zone yang optimal, Juwari menyatakan saat ini sudah terdapat software yang bisa memprediksi luasan area penyangga. Piranti lunak tersebut akan mensimulasikan seberapa luas area terdampak jika berada pada kondisi terburuk (ledakan tangki).  

Infografis Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Indramayu
Infografis Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Indramayu
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya