Dokter: Kondisi Donald Trump yang Positif COVID-19 Membaik, Kemungkinan Pulang dari RS 5 Oktober

Dokter Presiden AS saat ini, Dr Sean Conley buka suara kemungkinan Donald Trump yang dinyatakan positif COVID-19 keluar dari rumah sakit.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 05 Okt 2020, 06:25 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2020, 05:30 WIB
Dr Sean Conley, dokter Presiden Donald Trump, memberi pengarahan ke wartawan di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed. (Jacquelyn Martin/AP)
Dr Sean Conley, dokter Presiden Donald Trump, memberi pengarahan ke wartawan di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed. (Jacquelyn Martin/AP)

Liputan6.com, Washington DC - Donald Trump diperkirakan bakal segera keluar dari rumah sakit tempat perawatan penyakit COVID-19 yang menginfeksinya.

"Presiden AS Donald Trump terus membaik setelah diagnosis positif COVID-19 dan kemungkinan dapat keluar dari rumah sakit paling cepat Senin (5 Oktober 2020 waktu AS)," kata dokter kepresidenan seperti dikutip dari CNN, Senin (5/10/2020).

Dokter Presiden AS saat ini, Dr Sean Conley mengatakan tingkat oksigen Donald Trump sempat turun dua kali sejak didiagnosis, dan dia memulai pengobatan dengan steroid yang disebut Deksametason.

"Presiden diberi oksigen ekstra setidaknya sekali," kata Dr Conley.

Para dokter juga berusaha mengklarifikasi isu yang membuat bingung sebelumnya yang disebabkan oleh pernyataan bertentangan tentang kondisi Trump.

Diagnosis COVID-19 presiden AS, yang dia publikasikan dalam twit pada Jumat 2 Oktober pagi, telah meningkatkan kampanye pemilihannya. Donald Trump bakal menghadapi penantang dari Demokrat Joe Biden pada gelaran Pilpres 3 November mendatang.

Dalam video berdurasi empat menit yang diposting di Twitter pada Sabtu 3 November malam, Donald Trump- yang mengenakan jas dan kemeja tanpa dasi - mengatakan dia merasa "jauh lebih baik sekarang" dan bahwa beberapa hari ke depan akan menjadi "ujian yang sesungguhnya".

Sejumlah orang di sekitar presiden dinyatakan positif COVID-19, termasuk Ibu Negara Melania Trump. Banyak dari mereka menghadiri pengumuman di Gedung Putih akhir pekan lalu kemungkinan masuk dalam kategori super-spreader event atau peristiwa penyebar super virus tersebut.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Ini:


Naik - Turun Kondisi Donald Trump yang Positif COVID-19

White House atau Gedung Putih
White House atau Gedung Putih. (AP)

Berbicara pada konferensi pers di Walter Reed National Military Medical Center (Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed) dekat Washington DC, Dr Conley mengatakan tingkat oksigen Trump telah turun dua kali sejak dinyatakan positif COVID-19, Jumat 2 Oktober.

Episode pertama terjadi pada Jumat pagi di Gedung Putih, katanya, ketika presiden mengalami demam tinggi dan tingkat oksigennya di bawah 94% - tingkat orang sehat adalah 95% atau lebih tinggi.

"Presiden AS diberi oksigen tambahan "selama sekitar satu jam"," kata dokter, dan diterbangkan ke Walter Reed pada malam hari.

Berita itu telah diberitakan secara luas di media AS, dan konfirmasi Dr Conley muncul setelah dia menolak menjawab beberapa pertanyaan tentang masalah tersebut selama briefing hari Sabtu 3 November.

Episode kedua itu terjadi pada hari Sabtu, ketika levelnya turun di bawah 93%.

Ketika ditanyai, Dr Conley tidak mengatakan apakah presiden telah menerima oksigen tetapi menambahkan bahwa jika itu terjadi, "itu sangat terbatas".

Tim dokter, kata Dr Conley, memutuskan untuk memberikan Deksametason kepada Trump, yang ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasien di rumah sakit dengan COVID-19 parah.

Steroid menenangkan peradangan dan sistem kekebalan, sudah digunakan dalam kondisi seperti artritis dan asma serta pada beberapa infeksi parah. Obat-obatan tersebut dianggap tidak membantu pada tahap awal infeksi Virus Corona COVID-19.

"Mengingat garis waktu di mana Donald Trump berada dalam perjalanan penyakit akibat COVID-19, kami mencoba untuk memaksimalkan segala sesuatu yang dapat kami lakukan untuknya ... Kami memutuskan bahwa dalam kasus ini potensi manfaat di awal mungkin lebih besar daripada risiko apa pun dalam hal ini," jelas Dr Conley.

Dr Conley juga membahas pernyataan bertentangan tentang kesehatan presiden yang mengemuka tak lama setelah pengarahannya pada hari Sabtu oleh kepala staf Gedung Putih. Mark Meadows mengatakan tanda-tanda vital Trump selama 24 jam sebelumnya "sangat memprihatinkan" dan 48 jam berikutnya akan menjadi kritis.

"Saya pikir pernyataannya disalahartikan," kata dokter itu.

Namun, dia mengakui memberikan deskripsi yang terlalu optimistis tentang kondisi Trump sehari sebelumnya: "Saya tidak ingin memberikan informasi apa pun yang dapat mengarahkan perjalanan penyakit COVID-19 itu ke arah lain. Dan dengan melakukannya, Anda tahu, itu terjadi. Kami mencoba menyembunyikan sesuatu, yang belum tentu benar".

 


Perawatan COVID-19 Donald Trump

Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO.
Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO. Dok: Gedung Putih

Presiden AS yang kini berusia 74 tahun, dikategorikan obesitas, berada dalam kategori risiko lebih tinggi saat terinfeksi COVID-19. Pada Jumat 2 Oktober dia sudah diberi suntikan koktail obat eksperimental dan memulai pengobatan Remdesivir selama lima hari.

Dr Brian Garibaldi, yang juga merupakan bagian dari tim yang merawat presiden, berkata: "Dia merasa baik, dia selalu bangun dan rencana kami hari ini adalah untuk membuatnya bisa makan dan minum, bangun dari tempat tidur sebanyak mungkin, agar banyak bergerak. "

Para dokter mengatakan Presiden AS itu sudah sembuh dari demam sejak Jumat 2 Oktober setelah diobati pagi harinya, dan fungsi hati serta ginjalnya tetap normal. Tapi Dr Conley menolak menjawab pertanyaan apakah scan paru-paru menunjukkan kerusakan.

Di luar rumah sakit, pendukung Trump berkumpul, beberapa di antaranya memajang bendera kampanye pemilihan ulang presiden dan plakat termasuk "We love you Trump" dan "Get well", lapor wartawan BBC Lebo Diseko.

Salah satunya, James Wass, mengatakan mereka tidak percaya tindakan presiden, yang dikritik karena penanganan pandemi, berperan dalam membuatnya jatuh sakit. "Dia sakit karena virusnya menular. Kami harus menjalani hidup kami dan tidak tinggal di dalam kotak," katanya kepada koresponden kami.


Deretan Kandidat Obat COVID-19

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19
INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya