23 Atlet Renang China Positif Gunakan Doping pada Olimpiade Tokyo 2021

Otoritas anti-doping Tiongkok menetapkan bahwa atletnya tanpa sadar menelan zat dari makanan yang tercemar.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 21 Apr 2024, 19:10 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2024, 19:10 WIB
Mengintip Aksi Atlet Renang Artistik Dunia dari Dalam Air
Tim renang artistik China beraksi dalam Kejuaraan Renang Dunia 2019 di Yeomju Gymnasium, Gwangju, Korea Selatan, Rabu (17/7/2019). (François-Xavier MARIT/AFP)

Liputan6.com, Beijing - Sekitar 23 orang perenang asal China dinyatakan positif menggunakan obat terlarang sebelum Olimpiade Tokyo pada tahun 2021.

The New York Times dan media penyiaran Jerman ARD melaporkan pada Sabtu (20/4/2024) bahwa para atlet tersebut termasuk hampir separuh dari tim renang yang dikirim Tiongkok ke Jepang, dengan beberapa di antaranya memenangkan medali, termasuk emas.

Banyak dari mereka diperkirakan akan bersaing lagi di Olimpiade Paris musim panas ini, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (21/4).

The Times melaporkan bahwa mereka dinyatakan positif mengonsumsi obat jantung yang diresepkan, trimetazidine (TMZ) -- yang dapat meningkatkan kinerja pada tubuh -- pada pertemuan domestik akhir tahun 2020 dan hari-hari pertama tahun 2021.

Namun otoritas anti-doping Tiongkok menetapkan bahwa mereka tanpa sadar menelan zat tersebut dari makanan yang tercemar dan tidak diberi tindakan.

Surat kabar tersebut mengutip tinjauan dokumen dan email rahasia, termasuk laporan yang dikumpulkan oleh badan anti-doping Tiongkok dan diserahkan kepada mitra globalnya WADA.

Dikatakan bahwa WADA dan badan renang World Aquatics, yang pada saat itu dikenal sebagai FINA, memutuskan untuk tidak bertindak karena “kurangnya bukti yang dapat dipercaya” untuk menentang versi Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemungkinan Terkontaminasi Zat TMZ

Pasangan atlet renang China
Cheng Yuxi (15) dan Zhang Jiaqi (17). (Sumber: situs resmi Olimpiade Tokyo)

WADA, dalam sebuah pernyataannya mengecam beberapa liputan media yang menyesatkan dan berpotensi memfitnah.

Mereka mengatakan tidak dalam posisi untuk menyangkal kemungkinan bahwa kontaminasi itu berasal dari zat TMZ dan hal itu sesuai dengan data analitis dalam file.

"WADA juga menyimpulkan bahwa, mengingat keadaan spesifik dari kontaminasi yang dinyatakan, para atlet dianggap tidak melakukan kesalahan atau kelalaian."

Direktur senior ilmu pengetahuan dan kedokteran WADA Olivier Rabin menambahkan: “Pada akhirnya, kami menyimpulkan bahwa tidak ada dasar konkret untuk menantang kontaminasi itu.”

World Aquatics mengonfirmasi kepada Times bahwa kasus-kasus tersebut telah ditinjau oleh dewan pengawas doping dan menjadi sasaran pengawasan ahli independen.

Namun Badan Anti-Doping Amerika Serikat (AS) mengatakan para perenang seharusnya diskors dan diidentifikasi secara publik.

Sementara ketua eksekutif organisasi tersebut, Travis T Tygart, mengklaim bahwa dia telah memberikan tuduhan doping pada renang Tiongkok beberapa kali sejak tahun 2020.

Infografis Rekor dalam Olimpiade (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Rekor dalam Olimpiade (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya