23 Juli 1988: Band Rock Guns N' Roses Luncurkan Lagu Sweet Child O' Mine

Hari ini, lagu "Sweet Child O'Mine" karya band rock Guns N' Roses telah berusia 36 tahun.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 23 Jul 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 06:00 WIB
Konser Guns N' Roses di Jakarta
Vokalis Guns N' Roses, Axl Rose tampil pada konser Guns N' Roses “Not In This Lifetime” Tour in Jakarta 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (8/11). Mereka membawa lagu seperti Welcome to The Jungle, Paradise City, Petience. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, New York - Pada 23 Juli 1988, band rock Guns N' Roses membuat terobosan luar biasa usai meluncurkan single hit mereka berjudul "Sweet Child O' Mine" yang kemudian masuk dalam Top 40 Billboard.

Dilansir History, Senin (22/7/2024), pada tahun 1980-an, Los Angeles menjadi kiblat bagi band-band dengan genre "glam rock" dan gaya hidup bebas atau yang dikenal "rock and roll".

Ketika itu, pada malam-malam tertentu, sejumlah kelab seperti seperti Troubadour dan Whiskey a Go Go menyetel lagu-lagu dari band seperti Hanoi Rocks dan sejenisnya.

Kemunculan band "grunge" seperti Nirvana kemudian mengakhiri era tersebut di awal tahun 1990-an, hingga akhirnya muncul lah band lokal asal Los Angeles, Guns N' Roses.

Bagi orang-orang di grup pop-metal seperti Poison, Guns N' Roses mungkin awalnya tampak seperti band biasa. Namun, anggotanya, Axl Rose, Slash, Izzy Stradlin, Duff McKagan dan Steven Adler membawakan music yang lebih penuh kemarahan dan jujur jika dibandingkan dengan band pop-metal lainnya.

Band yang mulanya terbentuk dari dua grup berbeda, LA Guns dan Hollywood Rose, Guns N' Roses bermain dengan gaya yang lebih dipengaruhi oleh hard rock murni pada tahun 1970an dibandingkan dengan heavy metal yang mencolok pada tahun 1980an.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lagu

Konser Guns N' Roses Guncang Panggung Stadion GBK
Gitaris Guns N' Roses, Slash dan Bassis, Duff McKagan saat tampil pada konser Guns N' Roses “Not In This Lifetime” Tour in Jakarta 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mereka merilis album pertama bertajuk "Appetite For Destruction" pada tahun 1986. Sementara pada musim panas berikutnya, mereka merilis single debut berjudul "Welcome to The Jungle".

"Appetite For Destruction" akhirnya mendapatkan sertifikasi 15 kali Platinum, dan "Welcome To The Jungle" menjadi hit Top 10 yang sangat popular.

Butuh hampir satu tahun perjalanan tur dan perilisan single kedua, "Sweet Child O’ Mine", untuk membuat Guns N’ Roses mendapat tempat dalam sejarah musik.

Lagu tersebut tak hanya menjadi hit nomor satu pada tahun 1988, namun juga menjadi sebuah lagu rock klasik yang sesungguhnya.

Terpilih dalam daftar "terhebat" oleh Rolling Stone, Blender, RIAA, BBC dan sejenisnya, "Sweet Child O' Mine" membuat Guns N' Roses menjadi bintang sejak itu.


Fakta Menarik di Balik Lagu-lagu Hits Guns N’ Roses

Guns N' Roses - November Rain (YouTube/ Guns N' Roses)
Guns N' Roses - November Rain (YouTube/ Guns N' Roses)

Dikutip kanal Lifestyle Liputan6.com, berikut adalah sejumlah fakta mengenai band Guns N' Roses:

Lagu Persahabatan

Lagu "14 Years" yang terdapat di album "Use Your Illusion 2", menceritakan tentang persahabatan Axl Rose dengan Izzy Stradlin, mantan personil Guns N’ Roses formasi pertama. Lagu ini diciptakan dan dinyanyikan sendiri oleh Izzy. Sayangnya setahun setelah album ini dirilis, Izzy mengundurkan diri dari Guns N’Roses.

Antara Los Angeles dan Seattle

Lagu "Welcome To The Jungle" yang merupakan single perdana dari album pertama Guns N’ Roses, "Appetite for Destruction", menceritakan tentang kehidupan di Los Angeles. Uniknya, Axl Rose membuat lagu tersebut saat ia masih tinggal di Seattle.

Selengkapnya di sini.....

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya