Angka Pernikahan di China Capai Titik Terendah dalam 12 Tahun Terakhir

Jumlah pernikahan di China erat kaitannya dengan angka kelahiran, dan penurunan ini mungkin mengecewakan para pembuat kebijakan yang berusaha meningkatkan populasi.

oleh Tim Global diperbarui 06 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 16:00 WIB
Foto: Antusiasme Atlet Hingga Warga saat Acara Pembukaan Olimpiade Paris 2024
Atlet China mengibarkan bendera saat parade acara pembukaan Olimpiade 2024 di Paris, Sabtu (27/7/2024). (Steph Chambers/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Beijing - Jumlah pasangan yang menikah di China pada paruh pertama tahun ini mencapai level terendah sejak 2013, menurut data resmi.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (6/8/2024) tren tersebut terjadi karena semakin banyak anak muda yang memilih untuk menunda pernikahan di tengah kondisi ekonomi yang melambat dan meningkatnya biaya hidup.

Jumlah pernikahan di China erat kaitannya dengan angka kelahiran, dan penurunan ini mungkin mengecewakan para pembuat kebijakan yang berusaha meningkatkan populasi, yang telah menurun selama dua tahun terakhir.

Tercatat adanya 3,43 juta pasangan yang menikah dalam enam bulan pertama tahun ini, turun sebanyak 498.000 dari periode yang sama tahun lalu, menurut data pendaftaran pernikahan.

Pernikahan dianggap sebagai syarat untuk memiliki anak karena berbagai insentif dan kebijakan yang ada, seperti kewajiban bagi orang tua menunjukkan akta nikah saat mendaftarkan anak dan mengakses tunjangan negara.

Banyak anak muda China yang memilih untuk tetap melajang atau menunda menikah karena masa depan pekerjaan yang tidak jelas, dan kekhawatiran tentang masa depan menyusul melambatnya pertumbuhan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Jumlah pernikahan di China terus menurun sejak 2014. Meskipun sedikit mengalami kenaikan pada 2023 setelah pelonggaran pembatasan pandemi, angka pernikahan pada tahun ini diperkirakan akan kembali turun ke level terendah sejak 1980, menurut pakar demografi He Yafu dalam wawancaranya dengan surat kabar yang didukung pemerintah, Global Times.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Faktor Penyebab

China Longgarkan Pembatasan Covid-19, Aktivitas Bisnis Kembali Dibuka
Warga yang memakai masker melintasi persimpangan di Beijing, China, Jumat (2/12/2022). Lebih banyak kota melonggarkan pembatasan, memungkinkan pusat perbelanjaan, supermarket, dan bisnis lainnya dibuka kembali menyusul protes akhir pekan lalu di Shanghai dan daerah lain di mana beberapa orang menyerukan Presiden Xi Jinping untuk mengundurkan diri. (AP Photo/Ng Han Guan)

He Yafu menjelaskan bahwa penurunan pendaftaran pernikahan disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk berkurangnya jumlah anak muda, ketidakseimbangan jumlah laki-laki dan perempuan yang dapat dinikahi, tingginya biaya pernikahan, dan perubahan sikap masyarakat.

"Tren penurunan angka kelahiran di China dalam jangka panjang akan sulit diubah secara mendasar kecuali kebijakan dukungan persalinan yang substansial diterapkan pada masa depan untuk mengatasi tantangan ini," kata He.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Universitas Urusan Sipil China meluncurkan program sarjana baru di bidang perkawinan untuk mengembangkan industri dan budaya terkait.

Namun, langkah ini mendapatkan cemoohan dari pengguna media sosial yang mempertanyakan relevansi kursus semacam itu mengingat penurunan angka perkawinan.

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya