3 Golongan Manusia di Padang Mahsyar, Ada yang Berjalan dengan Kepala

Padang mahsyar merupakan tempat berkumpulnya seluruh umat manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur. Pada saat itu mereka akan terbagi menjadi 3 golongan. Apa saja itu?

oleh Putry Damayanty diperbarui 29 Jan 2024, 03:30 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2024, 03:30 WIB
[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: theengsi.blogspot.com

Liputan6.com, Jakarta - Hari kiamat disebut juga dengan al-yaumul akhir. Kiamat memilki istilah nama yang beragam sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an.

Misalnya yaumul qiyamah (hari kebangkitan), al-akhirah (akhir; penghabisan), yaumud din (hari pembalasan), yaumul fashl (hari keputusan), dan sebagainya.

Kelak setelah terjadinya kiamat, seluruh umat manusia dari zaman Nabi Adam akan dikumpulkan di satu tempat yang sangat luas yaitu Padang Mahsyar.

Kemudian, manusia akan diadili satu per satu di hadapan Allah untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan yang telah dilakukan selama hidup dunia.

Mengutip dari laman NU Online, dalam sebuah hadis Rasulullah SAW menyebutkan bahwa manusia pada saat itu termasuk mereka yang dibangkitkan dari alam kubur, akan digiring dan dikumpulkan menuju Padang Mahsyar dengan 3 kategori golongan.

 

Saksikan Video Pilihan ini:


3 Golongan Manusia di Padang Mahsyar

1. Golongan yang menaiki kendaraan

Golongan ini menurut penjelasan para ulama berjalan menuju Padang Mahsyar dengan fasilitas-fasilitas seperti makanan, pakaian, dan menaiki unta yang pelananya terbuat dari emas. Mereka adalah para orang-orang yang bertakwa, para nabi, para rasul, para wali, dan seterusnya.

2. Golongan yang berjalan kaki

Golongan ini berjalan dengan tanpa alas kaki namun tidak memakai pakaian sehelaipun alias telanjang. Terkait dengan hal ini Aisyah pernah bertanya kepada Rasulullah terkait apakah mereka tidak saling melihat aurat.

“Mereka tidak sempat untuk melihat aurat orang lain. Kenapa? karena sibuk dengan urusan masing-masing,” jelasnya mengutip hadis Rasulullah SAW

Golongan ini tidak terpengaruh dengan kecantikan, kemolekan, dan ketampanan orang lain atau melihat aurat orang lain karena sibuk dengan urusan diri sendiri. Golongan ini adalah golongan orang-orang yang muslim, tetapi menjadi pelaku dosa-dosa besar.


3. Golongan yang Berjalan dengan Kaki di Atas dan Kepala di Bawah

Golongan ketiga ini berjalan dengan kepala mereka diseret oleh malaikat. Inilah golongan orang-orang kafir.

Di Padang mahsyar nanti, matahari hanya akan berjarak 1 mil dari kepala manusia. Semua yang ada di situ akan merasakan panasnya sengatan matahari sampai tubuhnya hancur, kulitnya tercabik-cabik dan tulangnya berserakan.

Namun Allah akan mengganti dengan kulit baru, lalu dibangkitkan kembali agar merasakan adzab, dan begitu seterunya. Hal ini sebagaimana termaktub dalam Qur'an Surah An-Nisa' ayat 56,

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِنَا سَوْفَ نُصْلِيْهِمْ نَارًاۗ كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُوْدُهُمْ بَدَّلْنٰهُمْ جُلُوْدًا غَيْرَهَا لِيَذُوْقُوا الْعَذَابَۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

"Sungguh, orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab. Sungguh, Allah Maha-perkasa, Mahabijaksana".

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya