Polri Imbau Masyarakat Tertib Jelang Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Polri mengimbau kepada para jemaat Misa Akbar yang sudah mendapatkan tanda peserta, agar mematuhi aturan yang diberlakukan panitia.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 05 Sep 2024, 14:17 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 14:14 WIB
Hampir 90 ribu umat Katolik memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk mengikuti Misa Akbar bersama Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024). (Liputan6.com/Benedikta Miranti)
Hampir 90 ribu umat Katolik memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk mengikuti Misa Akbar bersama Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024). (Liputan6.com/Benedikta Miranti)

Liputan6.com, Jakarta - Polri menggelar Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan penyelenggaraan International Sustainability Forum (ISF) 2024 dan Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Kasatgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2024 Brigjen Tjahyono Saputro menyampaikan, TNI-Polri TNI dan stakeholders terkait lainnya telah menyiapkan pengamanan agar dua event besar tersebut berjalan aman, nyaman, dan lancar.

Selain itu, Pemprov Jakarta juga sudah mengeluarkan surat imbauan kepada para pekerja di dua lokasi tersebut untuk melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah guna mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Hari ini bertepatan dengan ISF 2024 sekaligus Misa yang sangat begitu besar di Jakarta. Ada imbauan khusus untuk masyarakat dari Pj Gubernur dimana diberlakukan WFH Jakarta," tutur Tjahyono kepada wartawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Patuhi Aturan

Dia mengimbau kepada para jemaat Misa Akbar yang sudah mendapatkan tanda peserta, agar mematuhi aturan yang diberlakukan panitia. Dengan begitu, pada pelaksanaan Misa nanti dapat berjalan dengan tertib.

"Kemudian juga bagi masyarakat umat katolik yang memang tidak termasuk dalam undangan bisa melakukan Misa di Gereja masing-masing. Ini imbauan dari kita," jelas dia.

Lebih lanjut, pihak panitia nantinya akan menyiapkan videotron untuk para jemaat yang ingin beribadah, namun tidak mendapatkan tanda peserta.

"Nanti ada panitia mengalihkan ataupun ada tempat khusus disediakan panitia untuk massa yang cair ini," ungkapnya.


Pengamanan

Tjahyono menyebut, pelaksanaan Operasi Tribrata Jaya sejauh ini berjalan aman dan lancar.

"Pada prinsipnya Polri, TNI dan stakeholder lain sudah siap untuk melaksanakan pengamanan dalam dua kegiatan ini," tandasnya.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya