Layanan XL Axiata Berangsur Normal di Wilayah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Layanan XL Axiata kembali berangsur normal di sejumlah wilayah terdekat yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 08 Des 2021, 12:45 WIB
Diterbitkan 08 Des 2021, 12:45 WIB
BTS XL Axiata di sekitar wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru
BTS XL Axiata di sekitar wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru (Foto: Corpcomm XL Axiata).

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memastikan secara umum semua layanan telekomunikasi aman, tak terdampak signifikan pasca erupsi Gunung Semeru, Sabtu 4 Desember 2021.

Hingga Selasa (7/12/2021), jaringan XL Axiata di Kabupaten Lumajang, terutama Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari telah berangsur normal kembali.

Disebutkan pula, pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan akses ke telekomunikasi dan data. Hal ini seiring mulai kembalinya aliran listrik di beberapa area pasca erupsi Gunung Semeru. BTS yang sempat terdampak pun kembali beroperasi.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, BTS XL Axiata yang terdekat berjarak 11 Km dari pusat erupsi.

Sekadar informasi, XL Axiata memiliki sekitar 33 BTS di radius 20 Km dari Gunung Semeru. Dari jumlah itu, 3 BTS di antaranya sempat padam sesaat terjadinya erupsi yang disertai hujan abu dan pasir. Secara keseluruhan, XL Axiata memiliki 103 BTS di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Erupsi dan hujan abu dan pasirnya sangat dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS. Sebagian BTS lainnya tetap menyala karena ada genset," katanya, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata, Rabu (8/12/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tim Terus Lakukan Pemantauan

BTS XL Axiata di sekitar wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru
BTS XL Axiata di sekitar wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru (Foto: Corpcomm XL Axiata)

Lebih lanjut Dodik menyebut, pihaknya berupaya keras untuk tetap menjaga layanan di aera bencana, mengingat layanan telekomunikasi begitu dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan aparat.

Sampai saat ini, tim teknis XL Axiata di lapangan terus melakukan pengecekan untuk memastikan jaringan dan layanan tetap berfungsi optimal untuk digunakan masyarakat dan pelanggan.

Selain itu, XL Axiata akan memasang router di titik paling dekat dengan pengungsian guna memudahkan warga dan aparat mengakses layanan data dan internet. XL Axiata juga akan menyediakan kartu perdana dengan kuota data internet gratis hingga telepon umum gratis.

XL juga menyediakan menyelenggarakan program khusus XL Peduli Semeru, Malang, dan Lumajang dengan memberikan layanan gratis telepon ke nomor XL dan operator lain. Untuk ke sesama XL, layanan diberikan secara unlimited.


Layanan Gratis untuk Masyarakat Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru

XL Axiata
Ilustrasi XL Axiata (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Untuk telepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan mendapat 10 menit telepon dan 10 SMS gratis.

Pelanggan juga mendapatkan kuota 500MB selama 4 hari, dengan mengakses *505#. Program ini berlangsung untuk periode aktivasi 5-8 Desember 2021.

Keluarga besar XL Axiata juga mengungkapkan rasa keprihatinan atas bencana erupsi Gunung Semeru ini. Pihaknya juga mengidentifikasi kebutuhan darurat yang dapat dikirimkan kepada para korban.

Bantuan tahap pertama akan dikirimkan dari Surabaya dan segera disalurkan, bekerja sama dengan mitra dealer dan aparat setempat. Nantinya bantuan fokus disalurkan ke wilayah dengan dampak terberat, tempat ribuan warga mengungsi.

 

(Tin/Ysl)


Infografis Tentang Gunung Semeru

Infografis Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya