Makin Tajir! Kekayaan Kolektif Miliarder Australia Naik jadi Rp 3,4 Kuadriliun di 2024

Miliarder pertambangan, Gina Rinehart mempertahankan posisi lamanya sebagai orang terkaya di Australia.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 18 Feb 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2024, 21:00 WIB
banner infografis
Ilustrasi Miliarder. kekayaan kolektif orang terkaya di Australia meningkat sebesar USD 9 miliar menjadi USD 222 miliar atau setara Rp. 3,4 kuadriliun, dari USD 213 miliar yang tercatat pada tahun 2023. (Liputan6.com/Deisy)

Liputan6.com, Jakarta Meskipun dolar Australia melemah, daftar 50 Orang Terkaya di Australia tahun 2024 lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Mengutip Forbes, Sabtu (17/2/2024) kekayaan kolektif orang terkaya di Australia meningkat sebesar USD 9 miliar menjadi USD 222 miliar atau setara Rp. 3,4 kuadriliun, dari USD 213 miliar yang tercatat pada tahun 2023.

Kekayaan itu diperoleh dari berbagai industri, di antaranya termasuk bijih besi, yang merupakan andalan ekspor, tetap tak tergoyahkan di posisi teratas.

Miliarder pertambangan asal Australia, Gina Rinehart mempertahankan posisi lamanya sebagai orang terkaya di negara itu dengan kekayaan bersih sebesar USD 30,2 miliar, namun sedikit turun dari USD 30,6 miliar tahun lalu.

Dilaporkan, Rinehart sibuk membuat kesepakatan untuk memperluas minat Hancock Prospecting pada litium, logam yang digunakan dalam baterai kendaraan listrik.

Kemudian di urutan kedua orang terkaya di Australia adalah Andrew Forrest dan keluarga, yang juga menambang kekayaan.

Sesuai dengan agenda ramah lingkungannya, Forrest dilaporkan telah berkomitmen untuk memproduksi 14 gigawatt energi ramah lingkungan pada tahun 2030. Kekayaan bersihnya mencapai USD 21,5 miliar, dibandingkan dengan USD 21,7 miliar tahun lalu.

Selanjutnya, pemulihan sektor teknologi mendorong miliarder perangkat lunak,Mike Cannon-Brookes dan Scott Farquhar kembali ke peringkat lima besar dengan masing-masing kekayaan sebesar USD 13,7 miliar dan USD 13,5 miliar.

Orang Terkaya di Australia

Dua pendatang baru masuk daftar orang terkaya di Australia tahun ini, menurut Forbes.

Dua bersaudara Alexandra Burt dan Leonie Baldock, yang merupakan keponakan dari pewaris pertambangan Angela Bennett (No. 43) dan mewarisi saham penambang Perth Wright Prospecting, melakukan debut mereka di No. 46 dengan USD 1,2 miliar.

Pendatang baru lainnya adalah keluarga Walker di urutan ke-21, dengan kekayaan USD 2,45 miliar, yang terdiri dari ahli waris miliarder pengembang properti Lang Walker, yang meninggal pada bulan Januari di usia 78 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


10 Orang Terkaya di Australia

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Berikut adalah daftar 10 orang terkaya di Australia versi Forbes:

1.Gina Rinehart

Kekayaan: USD 30,2 miliar

2. Andrew Forrest & Keluarga

Kekayaan: USD 21,5 miliar

3. Harry Triguboff

Kekayaan: USD 16,2 miliar

4. Mike Cannon-Brookes

Kekayaan: USD 13,7 miliar

5. Scott Farquhar

Kekayaan: USD 13,5 miliar

6.Anthony Pratt

Kekayaan: USD 10,3 miliar

7. Cliff Obrecht dan Melanie Perkins

Kekayaan: USD 8,8 miliar

8. Bianca Rinehart & Saudaranya

Kekayaan: USD 8,5 miliar

9. John, Alan & Bruce Wilson

Kekayaan: USD 6,6 miliar

10. Frank Lowy

Kekayaan: USD 6,5 miliar


Kategori Berdasarkan Kepemilikan Saham dan Kekayaan Publik

Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Forbes menjelaskan, daftar orang terkaya di Australia versinyal disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham, laporan tahunan, dan analis.

Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk kekayaan yang dibagikan di antara kerabat.

Perusahaan swasta dinilai berdasarkan perusahaan sejenis yang diperdagangkan secara publik.

Sementara kekayaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar per 2 Februari 2024, dan penyesuaian mungkin telah dilakukan untuk beberapa saham yang diperdagangkan tipis atau memiliki public float yang rendah.

Daftar tersebut juga dapat mencakup warga negara asing yang memiliki hubungan bisnis, tempat tinggal, atau hubungan lain dengan negara tersebut, atau warga negara yang tidak tinggal di Australia namun memiliki hubungan bisnis atau hubungan lain yang signifikan dengan negara tersebut.

infografis miliarder dunia
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya