Desak Presiden Belarusia Alexander Lukashenko Mundur, Ribuan Demonstran Ditahan Polisi

Demo tersebut menyusul pemilu yang disengketakan pada Agustus dan meminta agar presiden Belarusia Alexander Lukashenko mundur.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Nov 2020, 09:30 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2020, 09:30 WIB
FOTO: Puluhan Ribu Demonstran Tuntut Presiden Belarusia Mundur
Pendukung oposisi Belarusia berunjuk rasa di Minsk, Belarusia, Minggu (30/8/2020). Puluhan ribu demonstran berkumpul untuk menuntut agar Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengundurkan diri. (AP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi Belarusia menahan lebih dari 1.000 demonstran yang mendesak pengunduran diri Presiden Alexander Lukashenko dalam sejumlah unjuk rasa di negara itu.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (17/11/2020) demo-demo tersebut menyusul pemilu yang disengketakan sejak Agustus.

Kelompok HAM Vyasna mengatakan, sebagian besar penahanan dilakukan di Minsk, di mana pasukan keamanan bertopeng hitam menggunakan gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan ribuan demonstran.

Dua orang dipukuli para pejabat keamanan bertopeng di dalam sebuah supermarket. Asosiasi Jurnalis Belarusia mengungkap, 18 jurnalis termasuk kontributor empat RFE / RL's Siaran Belarusiaia juga ditahan.

Para demonstran di Minsk membawa bendera terlarang putih-merah-putih yang telah menjadi simbol penggunaan politik di Belarusia dan meneriakkan slogan-slogan seperti, Cintailah Kehidupan Belarusia!"

Internet seluler terputus dan beberapa stasiun kereta bawah tanah di pusat Minsk ditutup.

Penahanan juga dilaporkan terjadi dalam perkembangan yang lebih kecil di Homel, Hrodna, Mahilyou, dan tempat lain.

Pemimpin oposisi Svetlana Tikhanouskaya menggambarkan tindakan keras terhadap pengunjuk rasa pada 15 November dengan "gas, granat dan senjata api" sebagai "menghancurkan" dan menyerukan dukungan internasional untuk para demonstran.

Svetlana sudah mengatakan, pemungutan suara itu dicurangi untuk menguntungkan Lukashenko dan menganggap dirinya sebagai pemenang yang sah.

"Kami meminta sekutu kami untuk meminta rakyat Belarusia dan hak asasi manusia. Kami membutuhkan koridor kemanusiaan bagi yang terluka, dukungan untuk media, penyelidikan kejahatan internasional," tulisnya di Twitter.

Saksikan Video Berikut Ini:


26 Tahun Memimpin Belarusia

FOTO: Puluhan Ribu Demonstran Tuntut Presiden Belarusia Mundur
Para pengunjuk rasa berbaring di depan polisi antihuru-hara yang memblokir demonstrasi pendukung oposisi Belarusia di Minsk, Belarusia, Minggu (30/8/2020). Puluhan ribu demonstran berkumpul untuk menuntut agar Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengundurkan diri. (AP Photo)

Tikhanouskaya meninggalkan Belarusia dan tinggal di Lithuania setelah pemilu di tengah ancaman terhadap diri dan keluarganya.

Lukashenko, yang telah memerintah Belarusia selama 26 tahun, berkembang biak setiap hari yang menyerukan pengunduran dirinya sejak pemilihan presiden pada 9 Agustus yang menurut pihak telah dicurangi dan tidak diterima negara Barat.

Sementara itu, Rusia mendukung Lukashenko dalam kebuntuan yang sedang berlangsung

Lukashenka pada 13 November bertekad untuk tidak menyerahkan kekuasaan dan mengecam lawan dan para demonstran.

Lukashenko berkata negaranya harus berintegrasi dengan Rusia dan organisasi yang dipimpin Moskow untuk menghindari apa yang disebutnya "revolusi warna" istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pergolakan politik pro-Barat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya