Kloter SOC-46 Mendarat Perdana di Bandara Jeddah Besok, Saudia Airlines Diminta Disiplin

Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 46 Embarkasi Solo-Yogyakarta (SOC-46) menjadi yang pertama tiba di Bandara Jeddah. Mereka dijadwalkan tiba pada Kamis dini hari pukul 04.05 Waktu Arab Saudi (WAS).

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 07 Jun 2023, 19:05 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2023, 19:02 WIB
Kepala Kantor Urusan Haji Arab Saudi, Nasrullah Jasam
Kepala Kantor Urusan Haji Arab Saudi, Nasrullah Jasam (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

Liputan6.com, Jakarta - Fase kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang dua akan berlangsung secara bertahap mulai besok, Kamis 8 Juni 2023. Mereka akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan selanjutnya akan menuju ke Makkah untuk melaksanakan umrah haji.

Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 46 Embarkasi Solo-Yogyakarta (SOC-46) menjadi yang pertama tiba di Bandara Jeddah. Mereka dijadwalkan akan mendarat di Jeddah pada Kamis dini hari pukul 04.05 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kepala Kantor Urusan Haji Arab Saudi, Nasrullah Jasam meminta maskapai penerbangan yang akan mengantar jemaah haji gelombang dua ini ke Tanah Suci lebih disiplin.

"Kami sudah mengadakan rapat dengan pihak maskapai Saudia Airlines terkait supaya tidak ada keterlambatan dan masalah lagi," ujar Nasrullah di Kantor Urusan Haji Arab Saudi di Jeddah, Rabu (7/6/2023).

Dia tidak ingin kejadian-kejadian keterlambatan penerbangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci seperti yang terjadi pada gelombang satu terulang, sebab akan berdampak domino pada pelayanan lain.

"Walau secara jadwal berbeda antara Bandara Madinah dan Jeddah, tapi untuk urusan katering dan konsumsi juga berpengaruh bila ada keterlambatan jadwal atau yang lainnya," kata dia.


Tak Ada Penyambutan Khusus Jemaah Gelombang Dua Tiba di Jeddah

7.092 Jemaah Haji indonesia Didorong ke Makkah untuk Umrah
Jemaah haji Indonesia yang berangkat dari Madinah mengambil miqat makani di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali sebelum ke Makkah untuk umrah. (Foto: MCH PPIH Arab Saudi)

Lebih lanjut, Nasrullah menyatakan bahwa Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara telah siap menyambut kedatangan para jemaah gelombang dua ini.

Kendati sebagian petugas juga masih melayani kedatangan jemaah gelombang satu di Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah yang akan berakhir pada Kamis dini hari pukul 02.20 WAS.

Sebagai informasi, fase kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama telah berlangsung secara bertahap sejak 24 Mei hingga 8 Juni 2023. Mereka akan tinggal di Madinah selama sekitar sembilan hari untuk melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi serta ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan beberapa tempat bersejarah.

Selanjutnya, jemaah gelombang satu ini secara bertahap didorong ke Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji. Fase keberangkatan jemaah gelombang satu ini ke Makkah sudah berlangsung sejak 1 Juni 2023 lalu.

Sementara itu, fase kedatangan jemaah haji gelombang kedua dari Indonesia ke Tanah Suci juga akan berlangsung secara bertahap mulai Kamis besok, 8 Juni 2023. Mereka akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Makkah Al-Mukarramah.

Jemaah haji gelombang kedua ini diimbau sudah memakai pakaian ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air. Sebab mereka akan langsung melaksanakan ibadah umrah haji begitu tiba di Tanah Suci.

Fase kedatangan jemaah haji gelombang kedua di Makkah ini akan berlangsung dari 8 – 22 Juni 2023. Sementara puncak pelaksanaan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina diperkirakan jatuh pada 27 Juni 2023 mendatang.

Setelah puncak haji, jemaah gelombang pertama secara bertahap akan dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Jeddah. Sementara jemaah gelombang kedua secara bertahap akan didorong ke Madinah untuk tinggal selama sembilan hari dan selanjutnya dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara AMAA Madinah.

Infografis Perbandingan Biaya Ibadah Haji 2019 hingga 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Perbandingan Biaya Ibadah Haji 2019 hingga 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya